ELFARIZI

BERBAGI, BERCERITA.

Bandung Carnival Land

Beberapa hari setelah saya pindah kos, ada beberapa orang teman yang katanya ingin turut serta dalam acara penginapan perdana di kos saya. Saat merasa bosan di kos, kami berniat mencari tempat yang asyik buat sekadar nongkrong atau jalan-jalan. Agak bingung sih, lantaran sekitaran kos yaaa … ke mana lagi kalau bukan mal yang bisa ditemuin di setiap sudut kota Bandung. Tempat wisata juga gak banyak pilihan. Tapi, tiba-tiba saya ingat sebuah tempat yang selama ini sering orang sebut sebagai “Dufan-nya Bandung”. Namanya Bandung Carnival Land alias BCL. Kebetulan letaknya tidak jauh dari tempat saya ngekos, yaitu di Karangsetra. Berhubung belum pernah ke sana, jadilah kami pergi ke BCL untuk pertama kalinya.

BCL

Kami pun tiba di Bandung Carnival Land (BCL) yang berada di satu kompleks dengan Waterboom Karangsetra, di Jalan Sirnagalih No. 15. Parkir yang disediakan cukup luas. Harga tiket masuknya Rp 35.000 ribu untuk weekday dan Rp 45.000 untuk weekend. Dengan harga tiket yang jauh lebih murah dari Trans Studio Bandung (Rp 150-250 ribu), saya jadi penasaran perbandingan kedua wisata wahana tersebut. Setelah membeli tiket, kami diberikan gelang yang harus digunakan selama berada di BCL. Dan, kami pun masuk ke gerbang yang sangat tinggi. Petualangan pun dimulaiiii ….

Setelah masuk gerbang BCL yang tinggi, harapan kami adalah melihat dunia imaginer khas Dufan atau TSB yang dipenuhi banyak wahana futuristik. Tapi lain halnya dengan BCL. Pas pertama kali masuk, kami hanya bisa melongo berhubung tempatnya yang tidak begitu luas, dapat disapu oleh satu kali pandangan mata. Beberapa wahana sesuai petunjuk yang ada yaitu Sepeda Udara, Mangkok Tsunami, Sinema 4 Dimensi, Ulat Terbang, Rumah Hantu, Mobil Gila, Junior Aviator, Kursi Terbang, Kora-kora, dan Rumah Kaca. Semua wahana berdampingan. Benar saja, jangan harap kora-kora sebesar dan seheboh Dufan. Jangan berpikir ulat gila itu ala Racing Coaster-nya TSB. Kesan pertama, saya malah merasa hendak menikmati wahana ala pasar malam yang sekali naik wahana cuma goceng alias 5 ribuan.

Tapi, nasi sudah encer alias jadi bubur. Kami berusaha menikmati jalan-jalan dadakan ini dengan suka cita *agak maksa*:mrgreen: Ada beberapa wahana yang lumayan menghibur. Misalnya, sepeda udara, yaitu mengendarai sepeda di atas ketinggian lebih dari 5 meter mengelilis kompleks BCL. Yah, bagi yang takut ketinggian tetap bisa macu adrenalin. Ada juga kursi terbang yang lumayan mirip dengan Dufan dan sensasinya juga lumayan terasa. Ada juga mobil gila atau bombom car yang juga menarik meski waktunya cuma sebentar. Kekecewaan bertambah setelah tahu wahana Sinema 4 Dimensi ditutup karena sedang perbaikan. Padahal kami pikir, wahana itu yang bisa menggantikan harga tiket yang telah kami beli hehehe *tetep itung-itungan* Sedangkan wahana lain seperti Ulat Gila, Kora-kora, Mangkok Tsunami hanya bisa bikin kami berkata …. “oooh” *kalem*

Tapi … ada satu wahana yang paling memacu adrenalin dan cukup memuaskan. Yaitu, rumah hantu! Bagi yang suka wisata horor, rumah hantu BCL cocok buat uji nyali. Buat yang satu ini, boleh saya bilang kalau rumah hantu ala BCL lebih baik dibanding Dunia Lain, wahana hantu-hantuan ala TSB. Kalau di TSB, kita dibuat berjarak dengan si hantu karena kita menggunakan kereta dan juga, terlihat beberapa hantu digerakkan oleh mesin. Tapi, di BCL, rumah hantunya terasa lebih natural dan benar-benar kita bisa rasakan sensasi menjelajah suasana horor ala Indonesia. Ada pocong, kuntilanak, tengkorak, rumah sakit angker, pemakaman, yang semuanya sangat dekat, bahkan tiba-tiba muncul di samping kita. Wiiii, saya aja nyesek tingkat ababil.

Rumah Hantu ala BCL

Gentayangan di atas becak

Dan, semuanya berakhir hanya sekitar tiga jam. Sayangnya lagi, semua wahana tidak dapat dimasuki berkali-kali seperti Dufan atau TSB. Paling banyak juga dua kali. Selain itu, untuk kebutuhan makanan, di sana tersedia food court yang kecil. Kebersihan sarana seperti toilet juga kurang terawat dengan baik. Sebelum angkat kaki, kami sempat memuas-muaskan diri dulu dengan mengelilingi dan berfoto di beberapa sudut BCL yang memang menarik, seperti taman lampion yang katanya kalau malam menyala indah. Ada juga lorong dengan lampu-lampu cantik serta rumah kaca yang sangat kecil.

Yeah, akhirnya wisata dadakan nan singkat pun berakhir dengan kesimpulan: cukstaw, cukup tau aja!:mrgreen: Tapi, BCL bisa dijadikan tujuan berwisata bagi kamu yang ingin merasakan sensasi hiburan dengan tiket yang cukup murah. Bombomcar, Sepeda Udara, Rumah Hantu, dan Kursi Terbang bisa jadi wahana pilihan yang menghibur. Jangan lupa tanyakan terlebih dahulu, apakah semua wahana beroperasi atau tidak, seperti Sinema 4 Dimensi. Apalagi, rasanya Sinema 4 Dimensi justru yang “menjual” di antara sekian banyak wahana di BCL dengan harga tiket yang murah tersebut.

47 comments on “Bandung Carnival Land

  1. Gita Kemala Gumilar
    26 Maret 2015

    Om, harap jawab…!

    • elfarizi
      15 April 2015

      Sudah dibalas. Maaf responsnya terlambat.

  2. Shinta Elviana
    26 Maret 2015

    Bener banget tuch Kir!gue pingin banget…!😀

  3. Kirana Larasati
    26 Maret 2015

    Mungkin, saya bisa naik angkot juga. Gak usah naik bis.😀 kalo liburan sekolah juga😀 si Shinta komen gak ya?

  4. Gita Kemala Gumilar
    26 Maret 2015

    Om respon ya,

  5. Gita Kemala Gumilar
    26 Maret 2015

    Om, hari 3april saya dan teman-teman akan mungkin pergi ke bcl, karena belum tentu. Kira-kira berapa harganya om?
    Saya butuh responnya…

  6. Gita Kemala Gumilar
    26 Maret 2015

    Sore om,,tanggal 3april saya dan teman-teman mungkin akan pergi kesana, mungkin…karena belum tentu. Kira-kira harganya berapa ya om?apa sama?
    Saya butuh respon om, butuh banget…

    • elfarizi
      15 April 2015

      Hai, Gita. Untuk info terbaru, saya belum tahu apa ada perubahan atau tidak.

  7. Sebandung
    20 November 2014

    Jadi kalau mau ke Dufan gak usah jauh-jauh ke Jakarta ya? Tinggal ke BCL aja. Bagus infonya tapi lebih bagus lagi kalo mampir ke http://sebandung.com/2014/02/wisata-bcl-bandung/. Ada banyak info menarik lainnya loh tentang Bandung Carnival Land dan tempat wisata lainnya di Bandung.

  8. Nina M. Hapis
    10 April 2014

    harga tiket per wahana rata2 berapa mas?

    • elfarizi
      13 April 2014

      Saya pakai tiket terusan jadi semua wahananya tidak bayar lagi, Mbak.

  9. veera
    3 Februari 2014

    Lucu ya, namanya BCL…
    kaya nama artis😀

    • elfarizi
      5 Februari 2014

      Hehe, iya. Tapi tempatnya gak selucu namanya. Menurut saya🙂

  10. Desi elvriyanti
    29 Oktober 2013

    Naaaaah , buat mata kuliah SDKV aku kebagian ngebahas BCL ini deh -_-

  11. putricisompet
    6 Oktober 2013

    permainannya kaya di pasar malam… tapi BCL mh pasar malem pas siangnya.. he

  12. Tina Latief
    28 September 2013

    BCL (Bunga Citra Lestari?) yampun dia serem banget Zi.. (lihat yg di foto) haha

    kapan ya main ke bandung, mudah-mudahan tempat ini masih ada..

    • elfarizi
      1 Oktober 2013

      Hehehe, tempat ini kayaknya bakal ada terus deh😀

  13. Arie Pudjiarso
    28 September 2013

    Perasaan Indonesia yang paling serem itu pocongnya…hahahaaa…

    • elfarizi
      1 Oktober 2013

      Kalah dah dibanding zombienya Amrik😀

      • Arie Pudjiarso
        27 Oktober 2013

        Gimana kalau ikatan pocongnya dilepasin semua biar nggak serem?😀

  14. duniaely
    25 September 2013

    wah … bisa lupa waktu ya El kl sdh berada di sana ?😛

    • elfarizi
      1 Oktober 2013

      Gak terlalu asyik sih, Mbak. Jadi ya pengen cepet pulang juga waktu itu ahahaha😆

  15. latansaide
    24 September 2013

    di sana kayaknya sepi ya…

  16. zilko
    23 September 2013

    Sepertinya BCL ini relatif baru ya, soalnya dulu waktu aku di Bandung kayaknya belum ada, hehehe🙂

    • elfarizi
      1 Oktober 2013

      Iya, baru sih Zil, tapi gak tau pertama kalinya dibukanya kapan hehe

  17. Dhenok Habibie
    15 September 2013

    rumah hantu mah enaknya pas malam, eL. kalo siang mah bukan rumah hantu namanya, karena susasana horrornya jadi ilang. #sokberaniajah😀

    • elfarizi
      1 Oktober 2013

      Gak ngefek, Dhe. Tetep aja dalemnya gelap -______-“

  18. kania
    14 September 2013

    hola el, salam kenal. makasih ya info tempat ini. aku baru tau lho kalo dibandung ada beginian. tapi tempatnya kecil bgt gt ya?

    • elfarizi
      1 Oktober 2013

      Iya, kecil banget kalo dibanding wisata wahana lain, semacam Dufan atau TSB.

  19. SITI FATIMAH AHMAD
    13 September 2013

    El, komentar bunda hilang, coba check pada Pak Spam.😉

  20. SITI FATIMAH AHMAD
    13 September 2013

    Assalaamu’alaikum wr.wb, Elfarizi…..

    bagusnya, masih punya masa untuk berlibur. Nanti kalau sudah bekerja, jarang sekali memikirkan untuk berlibur di tempat seperti ini. rasanya makin meningkatkan stress bukan mendamaikan hatiMalah, rumah hantu itu sahaja bisa bikin tidur tidak lena….hehehe.

    Salam ceria dari Sarikei, Sarawak.😀

    • elfarizi
      1 Oktober 2013

      Iya, Bun. Komentarnya masuk spam. Ayo bun, berlibur ke Bandung😀

  21. hasannote
    11 September 2013

    Foto kuring atuh euy…

  22. Ditter
    11 September 2013

    Wah, semoga ke depan manajemen BCL bisa segera bikin perbaikan-perbaikan. Jadi nanti pas saya ke sana, kondisinya sudah jauh lebih maju dan menarik, hehe….

    • elfarizi
      1 Oktober 2013

      Hahaha, iya, semoga ada pihak managemen yang baca buat kritik membangun. Tapi, mudah-mudahan gak dianggap kayak Prita ya😀

  23. Fauzi
    10 September 2013

    Kenapa belakangan ini saya jadi sering mau bilang AS.TA.GA.? Kemarin Vapiliun sekarang BCL…. Namanya aneh-aneh saja…

    Liburannya sama siapa, neh?
    *posesif* *eh?

    • elfarizi
      12 September 2013

      Kenapa harus posesif? Bukankah antara kita gak ada apa-apa? Hahaha😆

  24. cerpen winterwing
    10 September 2013

    biarpun gak sebagus dufan, minimal kita dapat pengalaman seru coba-coba tempat baru. gitu aja ya? jangan ddisesali kalo kenyataannya gak seindah harapan.

    • elfarizi
      12 September 2013

      Ahaha, iya. Tapi, tetap bisa having fun bareng teman-teman. Alhamdulillah😀

      • cerpen winterwing
        13 September 2013

        menurutku kebersamaan sama teman itu yang bikin seru. ke mana aja kalo ada temannya ada yang bisa diajak ngobrol, becanda dan ketawa. ke disneyland atau dufan sekalipun kalo sendirian tetep aja sepi. gak enjoy.
        salut buat elfarizi dan teman2.

  25. cerpen winterwing
    10 September 2013

    kirain bunga citra lestari hehehe….

  26. Danni Moring
    10 September 2013

    kok ditmpat gue gambarnya ga muncul ya ? padahal gue pengen liat banget BCL loh…

    • elfarizi
      11 September 2013

      Waaah jangan-jangan ada gangguan si ipin yang dilihat gizly :p

      • Danni Moring
        11 September 2013

        hahahah baru muncul gambar BLC nya :D… gambar lu ama temen lu mana el? masa kalah saingan ama yang Gentayangan di atas becak:mrgreen:

Silakan komentar apapun :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 10 September 2013 by in Jalan-jalan and tagged , , , .

Arsip

%d blogger menyukai ini: