ELFARIZI

BERBAGI, BERCERITA.

Bagaimana Ekspresi Tertawamu?

Dulu blogku sepi pengunjung. Setelah ke klinik Tong Fang, akhirnya blogku rame dicaci-maki pengunjung. Terima kasih, Klinik Tong Fang. Hag hag hag.

Kalimat di atas ditujukan untuk membuat situasi lucu. Lucu atau enggak, ya, terserah yang baca. Kalau lucu, pasti tertawa, minimal nyengir. Kalau gak lucu atau gak tahu, ya biasa aja. Tapi, bukan itu poinnya, melainkan penulisan kelompok kata hag hag hag yang akhir-akhir ini bikin saya gelisah. Selain di berbagai forum dan sosial media, saya tahu dari seorang teman. Kemarin malam seorang teman kirim SMS yang isinya bernada pengen melucu dengan diakhiri hag hag hag, meski eksekusinya kurang cantik dan saya malas buat ketawa hag hag hag😆 Ya, sesungguhnya saya baru tahu ekspresi tertawa yang ditulis dengan hag hag hag. Mungkin udah lama, ya, tapi jujur saya baru tahu akhir-akhir ini🙂

Memang setiap orang punya ‘cara’ sendiri dalam mengekspresikan perasaan ke dalam tulisan, termasuk ekspresi tertawa. Ada yang menuliskannya dengan hahaha, hehehe, hihihi, wkwkwkw, qiqiqi, akakak, fufufu, dan lain-lain. Mana yang benar? Tentu tak ada yang bisa menilai sebuah ekspresi itu benar atau salah. Risih, kan, kalau misalnya seseorang menulis kebahagian dia dengan ekspresi xixixixi, lalu kita menanggapinya dengan maaf, ekspresinya salah tuh! Wah, kebayang, deh. Orang yang asalnya bahagia bisa jadi kelewat ilfil ditanggapi begitu.

Di dalam ilmu linguistik, ada yang namanya onomatope, yaitu kata atau kelompok kata yang digunakan untuk menirukan bunyi-bunyian. Tentu, onomatope ini sangat bergantung pada budaya di setiap daerah. Misalnya, kalau ada orang Sunda dan Jawa sama-sama duduk di depan ayam jago di pagi hari. Coba tebak, pendapat mereka tentang suara yang keluar dari si ayam! Orang Sunda, termasuk saya, kemungkinan besar bilang suara ayam itu “kongkorongok”. Sedangkan orang Jawa, kemungkinan besar bersikukuh kalau bunyi si ayam itu “kukuruyuk”. Ya, itulah satu ayam, berbeda budaya penanggapnya, beda pula onomatope-nya.

Gimana dengan tertawa?

Seperti yang saya bilang, tentu gak ada ekspresi yang benar atau salah, toh itu hak setiap orang. Mau nulis ekspresi tertawa dengan quaquaquaq, bhuwahhaha, atau wowowo, ya, itu gak masalah. Tapi, apa itu tepat jika disebut onomatope tertawa, tentu harus dipikir baik-baik (wah, ketawa kok pake mikir?). Setidaknya, menurut saya, onomatope tertawa yang tepat itu adalah sebagai berikut:

  1. Hahaha, karena bunyinya sangat mirip dengan orang tertawa, apalagi orang tertawa ngakak. Bunyi hahaha ini paling sering saya dengar dari orang yang tertawa.
  2. Hehehe. Ini juga lumayan sering saya dengar. Biasanya yang tertawa hehehe itu pemalu (#sotoy), soalnya jarang orang tertawa ngakak dengan bunyi hehehe (dengan e taling, seperti pada “pesek”). Lain halnya dengan hehehe (dengan e pepet, seperti pada “kemarin) atau heuheuheu.
  3. Hihihi. Ya, ini juga cukup masuk akal, menurut saya. Masih ada orang yang tertawa hihihi. Hanya saja, saya jarang dengar orang tertawa ngakak dan kencang dengan bunyi hihihi. Wah, kalau ada, sih, serem!

Sedangkan onomatope tertawa yang saya rasa kurang tepat itu:

  1. Wkwkw. Gimana, ya, bacanya? Mungkinkah, wekwekwek?
  2. Xixixixi. Pernah dengar orang tertawa dengan bunyi begini? (mungkin dibaca begini, siksiksisiksi)
  3. Qiqiqi. Wah, menurut saya orang tertawa dengan bunyi begini rumitnya minta ampun. Huruf ‘q’ kan diucapkan dengan bunyi decak di daerah pasca gigi. Ya, kayak baca bunyi qalqalah dalam Al-Quran, deh.
  4. Dan, yang lagi ngetren sekarang itu hag hag hag. Wah, ini juga sama rumitnya, yaitu tertawa dengan diselipi bunyi ‘g’.

Tapi, lagi-lagi ini cuma analisis (#tsaaa, pake analisis segala) tepat atau enggaknya sebuah onomatope alias tiruan bunyi dalam tulisan. Bukan benar atau salah, apalagi masalah haram dan halal atau dosa dan berpahala. Toh, dalam komunikasi yang penting sama-sama paham antara pemberi dan penerima pesan. Cuma, yang perlu diperhatikan, ada komunikasi antar-alay (yang biasanya memplesetkan bahasa) dan antar non-alay, kwakdrkwakdr (ekspresi tertawa baru)😆

Gimana dengan Kawan Blogger, gimana ekspresi tertawa dalam tulisannya?

86 comments on “Bagaimana Ekspresi Tertawamu?

  1. Ping-balik: Ganteng-Ganteng (Kok) Serigala | ELFARIZI

  2. Citra W. Hapsari
    6 September 2012

    “mwahahaha”,denger denger kata ini sudah masuk oxsford dict barengan ma lol…

  3. selfbeside
    17 Agustus 2012

    baca ini jadi inget dengerin cangehgar yg bahas jenis-jenis kentut

  4. septiadiah
    13 Agustus 2012

    kl org amerika denger ayam berkokok bunyinya “cock-a-doodle-doo”😀

  5. cheila
    9 Agustus 2012

    gaya ketawa yag ini belum ada yang punya kan el =p

    bhbhbhbhbhbhbhbhbhbhbhbh =D

  6. novi
    8 Agustus 2012

    ada juga loh cekakaan-cekikian..

    ketawanya cekakaka.. cekikiki

    trus selain ketawa haha, hihi, (huhu-buat orang ketawa sampe nangis), hehe, ada juga loh yang ketawa-nya hoho….

    • elfarizi
      8 Agustus 2012

      Wah, rupanya lebih banyak lagi ya jenisnya😀

  7. Eko Wardoyo
    7 Agustus 2012

    hehee baru tau orang sunda kalo bilang kukuruyuk kongkorongkong =)) wahahahahahaa

  8. ysalma
    7 Agustus 2012

    ekspresinya dalam tulisan tergantung mood kayaknya,
    tergantung pangsa pasarnya juga, banyak benar yang mempengaruhinya #sotoy.
    haha ( lucu bener) , hehe (lumayan lucu), hihi (tawa malam), wkwkwk, xixi, qiqiqi ( tawa gaul),😆 ( simbol ketawa umum).

  9. Acoustic Video
    7 Agustus 2012

    ha ha nice writing, this is the first time i heard about onomatope, now i know why people in differ district has differ writing language to express their happines,,, please notice maybe in indonesian to express bullet shoot sound with ‘dor’ but in america people write ‘bang’

  10. Myra Anastasia
    6 Agustus 2012

    kalo ketawa sy gimana yaaaa..😀

  11. @bima_kurniawan
    6 Agustus 2012

    hahahaha, baca sedikit saja sudah bikin nyengir,,.
    emang aneh yah,

  12. jayputra9
    6 Agustus 2012

    hahaha.

    hehe ketawa saya dibuat buat y. ^_^

  13. Irfan Handi
    6 Agustus 2012

    he.he…😆

  14. Mr. Andry
    6 Agustus 2012

    korban iklan klinik tong feng ya

    • elfarizi
      6 Agustus 2012

      Bukan korban, tapi penikmat *eh😆

  15. yisha
    6 Agustus 2012

    hahahahhaahahha…………
    gimana ka?

    • elfarizi
      6 Agustus 2012

      Bagus itu, Yisha. Asal jangan kelebaran buka mulutnya, lagi puasa hahaha😆

  16. armae17
    6 Agustus 2012

    Si Unyu bikin orang ngakak aja nih pagi2..

    Kalo saya,, paling sukak pake ‘hahaha’,. simpel, ga jaim, dan yg paling penting ga ngabisin karakter di twitter ato sms #plakkk

    • elfarizi
      6 Agustus 2012

      Hahaha, gak jaim sekaligus pelit karakter hahaha😆

  17. fannynovia
    6 Agustus 2012

    gimana kalau ketawanya gini : kwkwkwkwkwkwkwk ??
    menurut analisa aku, bacaannya jadi : kwek kwek kwek kwek dan mungkin aja orang ini keturunan bebek…hahahahahaa….:-D

    • elfarizi
      6 Agustus 2012

      Hahaha, jadi penasaran pengen coba saya😆

  18. rangtalu
    6 Agustus 2012

    huuuaaahahahauuuahhhhhaaa
    apa pun jenis tertawanya minumnya baygon..😀

    • elfarizi
      6 Agustus 2012

      Kalo itu sih silakan minum sendiri, hehehe😆

  19. SITI FATIMAH AHMAD
    6 Agustus 2012

    Assalaamu’alaikum wr.wb, Elfarizi…

    Hehehe… (saya rasa ini jenis ketawa orang pemalu) kerana saya jarang menulis ketawa hahaha… kalau tidak ada yang bisa membuat saya ketawa besar. Masya Allah, mahu ketawa apa ya tika baca tulisan El ini, nanti rahsia saya ketahuan lho…hehehe. nah kan sudah ketahuan nih.😀

    Thanks El membuat pagi saya ceria hari ini.
    Semoga jangan ketawa yang bisa membuat kita lupa diri dan lupa Tuhan.😀

    Salam Ramadhan yang barakah.

    • elfarizi
      6 Agustus 2012

      Wa alaikum salam🙂

      Hehehe, iya Bunda. Sepakat, apapun jenis tertawa tidak membuat kita lupa diri dan lupa Tuhan🙂

      Makasih, Bunda😀

  20. Pakde Cholik
    6 Agustus 2012

    Saya sih ha ha ha ha ha ha haaaaaaaaaaaaak…karena saya suka tertyawa ngakak jika memang ada yang lucu mas

    Salam hangat dari Surabaya

  21. Hijihawu
    6 Agustus 2012

    Saya seringnya pakai hehe dan xixixi, mau ngakak tapi jaim.😀

    • elfarizi
      6 Agustus 2012

      Hehehe, di sini area bebas jaim😀

  22. chachu
    6 Agustus 2012

    hahahaha, apapun pilihan gaya ketawa, yang saya paling nggak suka kalo cuma nulis “LOL”. Bukan kenapa2 sih, kurang ekspresif aja kayaknya, kayak nggak ikhlas ketawanya, hehehehe…😛

  23. zilko
    6 Agustus 2012

    kayaknya aku sering menggunakan onomatope hahaha atau hehehe ya El di posting-posting maupun komenku,😀 .

    Dan aku juga baru tahu loh ekspresi ‘hag hag hag’ gitu😀

    Ya, ya, guru bahasa Indonesiaku pernah menerangkan hal ini ketika SMA dulu El, hehe😀. Dan contoh yg gamblang (terlihat banget perbedaannya) mungkin adalah onomatope yang umum di Indonesia dengan bahasa Inggris yah. Misalnya “kukuruyuk” itu dalam bahasa Inggrisnya kan “cock a doodle doo”😀

  24. farizalfa
    6 Agustus 2012

    Saya suka memakai yang haha dan xixixixi

    • elfarizi
      6 Agustus 2012

      Wah, bagus tuh pilihannya *eh ketawa kok ada pilihan*😆

  25. SanG BaYAnG
    6 Agustus 2012

    Cukup mecengis:mrgreen: atau😆

  26. Wong cilik
    6 Agustus 2012

    wah ternyata ada ilmu yg mempelajarinya …😀

  27. Niar Ningrum
    5 Agustus 2012

    Kalau ketawanya bhahahahahah piyee yoo kuwi mas :p

    Koodok ku makin sehat setelah ke klinik tong fang, makasih😀

  28. uyayan
    5 Agustus 2012

    hehehe,,,,,,

  29. Gandi
    5 Agustus 2012

    Whahahahaha…. Dicacimkai orang??😆
    Sabaar EL…

  30. tiara
    5 Agustus 2012

    wkwk tuh klinik tong fang bener-bener lagi merajai ya, ga di tipi ga di twitter, laris laris:mrgreen:

    • elfarizi
      5 Agustus 2012

      Hahaha … iklan ngiklanin secara gratis😆

    • Gandi
      5 Agustus 2012

      Nah Fiqih kerja di TongFang yaa….?? hahaha,,,😆

      • tiara
        6 Agustus 2012

        lhah situ yang ngeracik obatnya yak😛

  31. lozz akbar
    5 Agustus 2012

    jiakakakakakaka mungkin itu kespresi saya mas

    onomatope? Hmmm pengetahuan baru nih buat saya.. matur nuwun mas🙂

    • elfarizi
      5 Agustus 2012

      Hahaha, baru lagi nih, harus dipraktikkin😀

  32. Citra Taslim
    5 Agustus 2012

    baca postingan ini langsung nyoba praktekin ketawa ‘hehehe’ (e taling) abis itu malah geli sendiri dengernya. malah langsung ‘hahaha’. terimakasih klinik tong fang.

  33. Ely Meyer
    5 Agustus 2012

    😀😀

  34. Falzart Plain
    5 Agustus 2012

    Hehehehehe… (e pepet)

  35. Danni Moring
    5 Agustus 2012

    hueheuheuheuheue😀

    • elfarizi
      5 Agustus 2012

      Sehat bang?😆

      • Danni Moring
        5 Agustus 2012

        alhmadulillah sehat :D…

  36. bensdoing
    5 Agustus 2012

    yg serem kyknya …hihihihi…dech….soalnya kyk ketawanya mak lampir…😀

    • elfarizi
      5 Agustus 2012

      Hahaha, iya. Apalagi sambil ngakak ketawanya😀

  37. puchsukahujan
    5 Agustus 2012

    jadi, saya pilih….. tidak ketawa saja
    kasihan Tong Fang jadi bahan tertawaan dimana-mana😆

    • elfarizi
      5 Agustus 2012

      Lagian saya juga gak mau ketawa😆

  38. Idah Ceris
    5 Agustus 2012

    Kasian juga klinik Tong Fang, . . . hohohohohho
    Salam Senyuum. . .^_*

    #tak banyak komen.😛

    • elfarizi
      5 Agustus 2012

      Salam senyum. Salam kenal ya, Idah hahaha😆

  39. cumakatakata
    5 Agustus 2012

    hahahahahaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…..

    el pernah baca komik one piece???
    disana akan banyak el temui macam2 ketawaa..
    dari yang ..
    shihihihihihi
    zhehahahahaha..
    fufufufufufufufu
    ampe yang gk masuk akal
    gurarararaa

    • elfarizi
      5 Agustus 2012

      Haha, iya … paling geli kalo denger fufufufufufu😆

      • Idah Ceris
        5 Agustus 2012

        gimana kalau denger “hiks”.😛

      • cumakatakata
        5 Agustus 2012

        hahahaaaa….
        lebih geli lagi kl bayangin el ketawanya fufufufufufu

        • elfarizi
          5 Agustus 2012

          Hush … puasa gini, masa ngebayangin saya hmmm😐

          • cumakatakata
            5 Agustus 2012

            hahahaaa…
            makanya td langsung berhenti,,,
            ingat kl muntah secara sengaja membatalkan puasa.. hahahaaaaa

            • elfarizi
              5 Agustus 2012

              Parah! Pake acara muntah-muntah … sorry ya, jangan minta tanggung jawab ke saya. Saya gak merasa melakukan apa-apa.

              • cumakatakata
                5 Agustus 2012

                kok larinya kesitu el????

                ini muntahnya kl kita ngeliat apaaa gtu kok..

  40. Ilham
    5 Agustus 2012

    klinik Tong Fang lagi ngetren ya..😆
    lebih ribet lagi kalo ketawanya.. smenemensmnmnemperrlll….

    • elfarizi
      5 Agustus 2012

      Komennya masuk SPAM loh, Ham … itu sih ketawanya kayak mantranya Sule😆

      • Ilham
        5 Agustus 2012

        wakaka iya.
        lha kok bisa masuk spam. aki ismetnya rabun tuh.😛

  41. Teguh Puja
    5 Agustus 2012

    Sebenarnya, ada bentuk ekspresi ketawa yang elegan Mas El –> LOL😀
    Berasa keren kalo pake tulisan itu buat pengganti ketawanya.
    Tapi masalahnya sedikit juga yang paham maksudnya.😀

    Saya sendiri cenderung memilih ‘hihi’ atau menggunakan emot saja buat pengganti ekspresi ketawanya.😀

    • elfarizi
      5 Agustus 2012

      Hehe, itu lebih lucu. Ketawanya bisa disingkat hehe😀

      • Teguh Puja
        5 Agustus 2012

        LOL.

        Langsung praktek.😀

        • elfarizi
          5 Agustus 2012

          Ada satu lagi, ROFL … ROFL hahaha😆

          • Teguh Puja
            5 Agustus 2012

            Hihi. Ketawa guling-guling itu.😛

  42. sweetyvinz
    5 Agustus 2012

    ada satu lg tulisan ketawa yang sering saya baca “muahahahahaha” gak tau masuk onomatope yang mana…

    yang saya pake si “hahahaha”, “hehehehe”, “hihihihi”, sama kadang “wkwkwkwkw” *ketawa bebek kata’y, ni jg niru orang gak tau syp yg p’tama make:mrgreen:

    • cumakatakata
      5 Agustus 2012

      Az… siapa yg ketawanya “muahahahahaha” itu??

    • elfarizi
      5 Agustus 2012

      Hahaha. Saya agak geli kalo denger wkwkwkw, jadi malah pengen ketawa lihat tulisannya😆

      • sweetyvinz
        5 Agustus 2012

        kalo saya tulis’y wek wek wek wek
        hehehehehehe

    • Idah Ceris
      5 Agustus 2012

      ada juga yang bruakakakakakakakk. . . 😆

      • elfarizi
        5 Agustus 2012

        Gak enak bener itu … kayak ada yang ngeberojol gitu haha😆

        • Idah Ceris
          6 Agustus 2012

          Itu tuh tertawanya teman blog kita, Mas El.
          Mas Bro namanya.🙂

Silakan komentar apapun :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 5 Agustus 2012 by in bahasa, budaya and tagged , , , , .

Arsip

%d blogger menyukai ini: