ELFARIZI

BERBAGI, BERCERITA.

Waspadalah, Para Tukang Pulsa!

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, terutama untuk Muslim. Cuma sayang, di saat orang-orang sibuk mengejar pahala agar bisa bertemu Idul Fitri, masih ada aja, ya, yang sempat-sempatnya merusak kesucian bulan penuh ampunan ini. Apalagi, sampai merugikan orang lain. Jadi, yang mau saya ceritakan sekarang mudah-mudahan bisa jadi pelajaran buat kita semua, terutama kawan blogger yang punya usaha penjualan pulsa. Ikuti kisahnya berikut ini (#DiselingiIklanMarjan).

Tadi malam, teteh saya kasih pesan. Katanya dia baru saja dapat musibah. FYI, teteh saya dan suaminya punya usaha sampingan, yaitu jualan pulsa. Usaha yang dijalankan di sela-sela pekerjaannya mengajar dan menjadi abdi negara itu terbilang cukup unik, karena teteh dan suaminya jadi “pemasok” pulsa bagi seluruh tetangganya, yang juga rekan-rekan kakak ipar saya yang tinggal satu asrama. Jadi, para tetangga dan rekan-rekan suaminya biasa membeli pulsa ke teteh dengan pembayaran dilakukan serentak pada awal bulan, yaitu pas gajian.

Nah, musibah datang pagi kemarin. Seseorang yang mengaku senior kakak ipar saya mengirim SMS ke kakak ipar saya. Katanya, dia minta agar kakak ipar saya mengisi pulsa ke 32 nomor handphone rekan si senior itu, dengan nominal masing-masing seratus ribu!!! Karena sudah biasa, apalagi permintaan itu sifatnya mendesak dari seorang senior, kakak ipar saya pun langsung memenuhi permintaan si pengirim SMS itu. Itulah yang buat saya tidak habis pikir, kenapa tidak konfirmasi terlebih dahulu gitu, lho, ke si senior yang dimaksud. Apalagi si “yang mengaku-ngaku” senior itu pakai nomor lain, harusnya ya konfirmasi dulu ke nomor aslinya.

Di antara beberapa nomor yang diisi pulsa oleh kakak ipar. Semua nomor, kebetulan dari provider Telkomsel.

Tapi, nasi sudah jadi bubur. Tinggal dikasih kecap asin, suwir ayam, bawang goreng, sama kerupuk biar enak. Jadilah Super Bubur! Eh, kok malah iklan, ya😐 Yang sudah terjadi gak bisa diulang. Yang tersisa hanya hikmah dan pelajaran. Moga, ini bisa jadi pelajaran buat kita semua agar gak teledor dan membiasakan lebih teliti dalam segala hal.  Terutama bagi kawan blogger yang punya usaha penjualan pulsa, terutama yang biasa dihutangkan terlebih dahulu. Di tengah maraknya modus penipuan melalui SMS, hendaknya selalu hati-hati dan jangan pernah percaya pada nomor yang tidak dikenal yang mengaku-ngaku sebagai teman atau kenalan.

Oke, selamat menjalankan ibadah bagi yang berpuasa. Semoga ibadah kita senantiasa terjaga!

25 comments on “Waspadalah, Para Tukang Pulsa!

  1. selfbeside
    17 Agustus 2012

    gue turut prihatin, tp ambil hikmahnya aja, emang bener bisnis pulsa harus amat sangat teliti bahkan ke orang yg kita kenal, gue juga punya bisnis pulsa

  2. Herry Fitrian
    8 Agustus 2012

    Waspadalah… waspadalah… hahha

  3. Eko Wardoyo
    7 Agustus 2012

    huhhhh jadi inget pernah ketipu moduss telp minta pulsa😦

  4. kabutpikir
    5 Agustus 2012

    Mudah2an diganti dengan yang lebih baik (dan mudah2an musibah ini bisa jadi peringan dosa)… Amin.

  5. bensdoing
    5 Agustus 2012

    sya gag mau ngelike ya El….ntar disangkanya nyukurin….
    semoga ada gantinya yg lebih baik nanti…🙂

  6. cumakatakata
    5 Agustus 2012

    brati semuanya adalaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah……….

  7. Guru Pantura
    5 Agustus 2012

    Woooww… berarti rugi banyak banget…😦

    Kasihan teteh’nya yg niat jualan untuk membantu keuangan masih ada yg tega!!

  8. Mila
    5 Agustus 2012

    yups .. selalu waspada, itu yang terpenting

  9. Triyoga Adi Perdana
    4 Agustus 2012

    Wah wah, kalo nomor saya disitu, lumayan dapet 100K.
    *ehhhh😀

  10. izzatyzone
    4 Agustus 2012

    sabar bang ….

    • kezedot
      4 Agustus 2012

      sabar y,sobat
      salam hangat dari aku dan blue

  11. sulunglahitani
    4 Agustus 2012

    inalillah, seharusnya dg semakin seringnya berita seperti ini di tv, kita jadi lebih waspada

  12. Danni Moring
    4 Agustus 2012

    semoga diberi ganti rezeki yang berlipat el… aamiin

  13. Musim Semi
    4 Agustus 2012

    mesti ektra hati-hati ya hen..
    soalnya teman saya jg ada bbrpa orang ketipu mslah plsa beginian…makasih cerinya..

  14. zan
    4 Agustus 2012

    walah… masih ada aja yang ketipu dengan model yang kek ginian…

    emang jaman sekarang tukang tipu makin kreatip aja… >,<

  15. puchsukahujan
    4 Agustus 2012

    wah, ini penipunya udah canggih, tau medan banget
    kalau biasanya kan cuma ngaku2 sebagai anggota keluarga atau apalah yang lagi kena musibah trus minta diisiin pulsa ke suatu nomor gitu..

  16. Citra Taslim
    4 Agustus 2012

    innalillah, semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Amin.

  17. Gandi
    4 Agustus 2012

    Waah RAWAN ya EL, Waspadalah waspadalah waspadalah…

  18. Gusti 'ajo' Ramli
    4 Agustus 2012

    kalau tidak dikroscek ulang, terkadang kita bisa rugi sendiri… untuk itu, waspadalah… waspadalah… waspadalah, kata bang napi

  19. uyayan
    4 Agustus 2012

    sabar ya teh,,,,(tetehnya El)

    sama El disini juga saya dapat kabar yg sama hanya dg modus yang agak berbeda. korbanya bukan penjual pulsanya tapi perorangan yg di suruh ngisi pulsa ke nomer2 yang dia (penipu) kasih. anehnya ci korban nurut aja, seperti terhipnotis..

  20. Ely Meyer
    4 Agustus 2012

    baru tahu aku El, penipuan model begini

  21. satar
    4 Agustus 2012

    wah..info yg bermanfaat..sabar ya teteh

  22. sweetyvinz
    4 Agustus 2012

    wah, semoga teteh’y sabar dan cepet diberi rejeki ganti’y oleh Alloh🙂

  23. Idah Ceris
    4 Agustus 2012

    Amati, teliti dan bantai, mas El.😆

    Miris dengernya, untuk tetehnya semoga bisa ikhlas ya, Mas.
    Untuk penipu itu semoga mendapatkan balasan yang setimpal.

  24. Ni Made Sri Andani
    4 Agustus 2012

    tambah bervariasi aja ya jenis penipuan dengan memanfaatkan jasa komunikasi ini..

Silakan komentar apapun :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 4 Agustus 2012 by in curhat, sosial and tagged , , , , , .

Arsip

%d blogger menyukai ini: