ELFARIZI

BERBAGI, BERCERITA.

Dilarang Buang Sampah

Masalah sampah bukanlah hal yang baru di sekitar kita (kita? Ya, kita!). Hampir setiap orang percaya bahwa kesadaran individu adalah kunci agar si sampah gak terus-terusan jadi masalah. Cuma, itu dia masalahnya, gak setiap orang sadar bahwa sampah bisa jadi masalah, buktinya buang sampah sembarangan masih jadi tradisi. Makanya, gak heran kalo di sekitar kita masih banyak plang-plang yang isinya tulisan larangan untuk buang sampah sembarangan. Agak risih, sih … seolah-olah emang (masyarakat) kita gak paham, di mana tempat sampah yang betul itu, ya😐

Di sekitar kosan saya aja, dalam jarak 500 m, banyak banget tulisan-tulisan larangan kayak gitu. Dari yang biasa aja, kasar, bahkan cenderung sarkastik. Wiii, gak tahu deh, siapa yang gak etis? Yang bikin plang atau emang orang-orang sekitar yang gak bisa nahan buang sampah gak sembarangan. Tanya kenapa?😀

Plang ini, tulisannya masih “normal’ dan standar …

Yang ini juga masih berupa larangan standar. Cuma dikuatkan sama tanda seru dan gambar tengkorak. Itu artinya “benar-benar” jangan buang sampah di sini!!!

Beuh … yang ini udah bawa-bawa saudara sedulur, nih. Yang buat plang menganalogikan kalo yang buang sampah sembarangan sama dengan monyet:mrgreen:

Weh … yang ini lebih cadas lagi. Bahasanya sarkastik. Mungkin yang bikin plang udah terlanjur kesel sama orang yang suka buang sampah sembarangan😀

49 comments on “Dilarang Buang Sampah

  1. hasannote
    26 November 2012

    Sekasar apapun peringatan yang dibuat warga, kita lebih kasar memperlakukannya, boy!

  2. duta pulsa
    3 November 2012

    gampang aja sbnrnya, mulai dari diri sendiri aja dulu, ga usah menyuruh2 orang🙂

  3. cumakatakata
    29 Juli 2012

    selain plang2 buang sampah ada lagi plang2 yg menjamur dimana2 “plang dilarang jualan disini” #gak nyambung hehee

    • elfarizi
      29 Juli 2012

      parahnya meski “dilarang jualan di sini” tapi di depannya ada yang jualan. Saya ada lho fotonya😀

      • cumakatakata
        29 Juli 2012

        masak gan…
        mau lihat dong
        saya ada tapi gak ada pelanggarnya
        jd gk seru#uppst

  4. Musim Semi
    14 Juli 2012

    parah bahasa larangannya el…ditempat saya nggak ada t pemberitahuan gtu..tpi ttp banyak yang buang smpah smbarangan.. :))

    • elfarizi
      14 Juli 2012

      hahaha … apalagi gak ada larangan, pasti hobi deh orang-orang buang sampah sembarangan😀

  5. muhyasir
    12 Juli 2012

    hahaha… betul… di kampungku juga demikian.. hilang sudah norma kesopanan kalau soal buang sampah sembarangan…

  6. Eko Wardoyo
    12 Juli 2012

    no comment -,-” #biasa-buang-sampah-heo-heo-heo

  7. bensdoing
    11 Juli 2012

    ada lagi yg diplesatkan bhsnya tuh El…..spt dilarang buang “duit” disini….😀

  8. Falzart Plain
    11 Juli 2012

    Untung tulisannya bukan “Dilarang Buang Air”, ya…😆

  9. sulunglahitani
    11 Juli 2012

    hahaaa, iya. disekitar tempat tinggal saya juga sering ketemu tulisan yang kaya gitu. cuma kayaknya kadang orang ga jera buang sampah distu

  10. jaka
    10 Juli 2012

    hehe,, agar g terjadi banjir gan,,

  11. Myra Anastasia
    9 Juli 2012

    yg foto paling bawah udah saking keselnya ya..😀

  12. Ely Meyer
    9 Juli 2012

    kayaknya nggak ngaruh ya El, mau ditulisi apa saja, pada cuek bebek deh tetep buang sampah sembarangan

  13. Tina Latief
    9 Juli 2012

    manusia masih perlu diingatkan yah..
    padahal mereka tau sampah itu berbahaya kalau dibuang sembarangan..
    yang lucu adalah meski dibilang anjing juga manusia masih saja membuang sampah sembarangan..

  14. jayputra9
    8 Juli 2012

    Haha. Saya juga ada nemuin yang lebih parah dari itu ditempat saya tinggal.

    “Bila kamu manusia jangan buang sampah di sini”.

    Haha Emang jaman udah berkembang. Yang dulu hanya “Dilarang buang sampah di sini” sekarang kosa katanya bertambah jadi aneh, tapi agak manjur.😀

  15. Goiq
    8 Juli 2012

    tapi buat para pecinta kebersihan dan keindahan, sampah yang berserakan bagaikan musuh besar yang harus dibasmi. Makanya saya sering banget marah sama teman-teman dikantor yang hobi banget buang sampah sembarangan

  16. onesetia82
    8 Juli 2012

    Dilarang Buang Sampah Disini Kecuali Monyet ….
    Hahahahahaha …..

    • elfarizi
      8 Juli 2012

      Hahahaha, punten ah pami kasindir hihihi😀

  17. Kukuh Nova Putra
    8 Juli 2012

    Tapi dibeberapa tempat wisata yg sudah ada tulisan seperti itu masih saja ada yg buang sampah sembarangan.
    Mungkin mereka merasa kalo diri mereka monyet, haha
    Seharusnya judul blognya “Dilarang Buang Sampah di Sini”😀 hehe

    • elfarizi
      8 Juli 2012

      Hahaha, iya … sekarang tinggal dipikir aja, mau gak kita disamain sama monyet hehe😀

  18. armae
    8 Juli 2012

    Memang kuncinya hanya ‘kesadaran’.
    Saya, didesa, beberapa kali bertanya tentang
    “Kenapa masih buang sampah sembarangan?”
    Mereka dengan tegas menjawab,
    “Karena belum ada tempat sampah. Tidak disediakan oleh pemerintah”
    Lantas, saya bertanya lagi,
    “Oke, kalau nanti sudah disediakan oleh pemerintah, apakah yakin warga disini akan membuang sampah pada tempatnya?”

    Dan sebagian besar dari orang-orang yang saya tanyai, hanya menjawabnya dengan senyum malu-malu…

    Hemmpphhh…

    • elfarizi
      8 Juli 2012

      Kalo di kota biasanya itu juga jadi alasan. Padahal bisa kan sampah bekas makanan simpen aja di tas atau bawa kemana-mana sampe nemu tempat sampah😀

  19. Tebak Ini Siapa
    7 Juli 2012

    Hahaha tapi kalau sarkastis gitu, ngaruh nggak sih?
    Atau banyak yang nggak nyadar juga?😀

    • elfarizi
      8 Juli 2012

      DI sekitaran situ masih ada barang sebatang rokok atau bekas permen hihihi😀

  20. hilmynur
    7 Juli 2012

    Wah, Unik kata2 anti sampahnya

    • elfarizi
      8 Juli 2012

      Lebih tepatnya aneh-aneh😀

      • hilmynur
        8 Juli 2012

        wkwk tapi itu menandakan masih ada yang peduli ttg sampah. harus didukung

      • hilmynur
        8 Juli 2012

        wkwk tapi itu menandakan masih ada yang peduli ttg sampah. harus didukung

  21. tiara
    7 Juli 2012

    wkwkwk sadis gitu yang terakhir:mrgreen:

    sama kayak tempat saya nongkrong nunggu adek saya pulang sekolah, di tempat itu sekarang ada tuisan “dilarang parkir kecuali anjing” berarti saya ehmm >_<

    • elfarizi
      8 Juli 2012

      hahaha … kurang asem ya yang bikin tulisan😀

  22. ¤ kurusetra
    7 Juli 2012

    Larangan tanpa sangsi itu sulit terlaksana di negeri kita. Apalagi budaya kita memang belum mendukung budaya kebersihan. Apa mau dikata…😦

  23. Danni Moring
    7 Juli 2012

    wah plang yang cadas2 itu sepertinya udah kelewatan orang yang buang sampahnya kali ya…sampe dia nulis beserta emosi nya..

  24. Ilham
    7 Juli 2012

    malahan ada lagi yang udah dipasang tanda, dengan bahasa yang cadas juga, tapi tanda itu sendiri terpancang di tengah2 bukit sampah di pinggir jembatan. =.=’

  25. puchsukahujan
    7 Juli 2012

    termasuk buang sampah di kolom komentar gak boleh juga kah?😆 <– semoga bukan komen sampah

  26. uyayan
    7 Juli 2012

    kalau menurut saya ne el,,,
    terkadang orang yg sadar membuang sampah sembarangan itu di larang tapi tak jarang juga di tempat keramai/umum tempat sampah sendiri tidak ada, nah dg terpaksalah jadi buang sampah bukan pada tempatnya…

    gak jauh seperti di tempat tinggal saya gak ada tuh tempat pembuangan sampah sementara… sedangkan yang namanya sampah pasti setiap hari ada…ujungnya ya warga jadi buang sampah ke kali atau ke lahan kosong yg persis di tancapin plang seperti di atas….

    jadi siapa yang salah ?????

  27. hidausagi
    7 Juli 2012

    kalo bahasanya gak cadas pasti tetep deh buang sampah. kalo mau yang sopan palingan “terimakasih anda tidak membuang sampah di sini” yang klasik “dilarang membuang sampah, bukan tempat sampah”
    tapi berhubung kayaknya dibaikin gak nyadar nyadar akhirnya gitu deh. di deket kost saya juga gitu. heheh

    • elfarizi
      8 Juli 2012

      haha, kalo terlalu lembut malah gak bikin orang takut … soalnya mereka (yang buang) pasti mikir … “Gue gak butuh ucapan terima kasih”😀

  28. raden ikhwan
    7 Juli 2012

    (kunjungan awal setelah lama hiatus🙂 ) himbauan yang provokatif…hmm…

    • elfarizi
      8 Juli 2012

      yap, provokatif proaktif😀
      Welcome back to the jungle😀

  29. Idah Ceris
    7 Juli 2012

    Wiii, gak tahu deh, siapa yang gak?
    #ada lanjutannya gak kalimat diatas.🙂

    sayang sekali, tradisi yang satu ini.😦
    Banyak yang melestarikan malah kalu di tempat saya. . .
    Sebenarnya plang “Pemulung dilarang masuk” jangan di pajang lho.
    kan bisa bantu membersihkan sampah2 di gang2. .. 🙂

    • elfarizi
      8 Juli 2012

      Lah, itu kan bacaannya “siapa yang gak etis?” hehe😀
      Iya, pemulung kan bisa bantu-bantu ya, Idah😀

Silakan komentar apapun :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 7 Juli 2012 by in sosial and tagged , , .

Arsip

%d blogger menyukai ini: