ELFARIZI

BERBAGI, BERCERITA.

Papajar

Hoaaaaaaaa … Pengen rasanya teriak di rumah unyu yang udah ganti kelamin cat ini. Akhirnya, masa sulit itu telah dilewati. Gak enak rasanya berhiatus ria dari blog, tapi tetep ngetuit dan ngintip blog orang. Itu sih, bukan hiatus ya?:mrgreen: So, akhirnya masuk juga bulan Juli. Perasaan baru kemarin ngerayain sweet seventen *plaaak* eh, sekarang udah masuk Juli lagi. Tapi, poin utamanya adalah bersyukur karena liburan udah mulai, meski masih ada sisa tugas UAS yang belum khatam.

Temen-temen sekelas udah pada mudik, jadilah mulai sepi di Bandung. Di kelas memang cuma ada 5 mahasiswa, tiga di antaranya orang jauh bahkan lintas pulau. Mereka udah pada pulang. Uni pulang ke Padang, Ui pulang ke Jogja, dan Ubai pulang ke Makassar. Tinggallah saya sama Neta yang di Bandung. Kami sih, kalo pulang tinggal ngedip mata, bisa langsung sampe rumah *berasa jin Tomang*:mrgreen: Alhasil, saya pengen segera pulang ke kampung halaman di Cianjur, apalagi ini udah masuk bulan Syaban.

Pekan kemarin, saya sempat ditanyain Ibu di rumah, katanya kapan saya pulang. Ibu ngajak saya buat papajar di hari Ahad kemarin. Katanya, papajar-nya bareng warga se-RW. Ebusyet, kebayang kampung pada kosong dan rawan kalo semua orang pada ninggalin, ya. Berhubung saya masih ada ujian, jadilah saya tolak. Hmmm, meski saya di rumah, saya pun gak tertarik ikut, dink:mrgreen: Udah pada tahu, apa itu papajar? Orang Cianjur pasti, deh, tahu.

Papajar itu tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Cianjur untuk menyambut bulan Ramadhan, dengan cara bepergian ke suatu tempat (biasanya tempat rekreasi) dan makan bersama (orang Cianjur menyebutnya mayor). Nah, jadi kalo menjelang puasa gini, orang siap-siap buat papajar. Ada yang ke tempat rekreasi tertentu, ada juga yang cuma kumpul-kumpul sama saudara. Cuma yang jadi ciri khasnya ya, mayor alias makan-makan bersama. Orang Bandung nyebutnya botram. Ada yang bilang papajar ini sama dengan munggah, padahal beda. Munggah itu menyambut malam pertama Ramadhan.

Papajar di Kebun Raya Cibodas.

Menurut sejarahnya, zaman dahulu kala waktu menjelang bulan puasa, orang-orang di segala penjuru daerah Cianjur biasa datang berbondong-bondong ke Masjid Agung Cianjur buat mendengar keputusan imam masjid mengenai awal bulan Ramadhan. Jadi, ceritanya mereka nurut ke satu imam, gak kayak sekarang, kalau mau puasa di mana-mana ribut, ada yang hisab, ada yang ru’yat, ada yang anu, ada yang inu. Nah, setelah mereka sampai di masjid, sambil menunggu orang-orang itu pada berkumpul dengan masyarakat dari daerah lain. Karena mereka pada bawa perbekalan (makanan), jadilah sambil nunggu, mereka pada makan-makan bersama.

Nah, sampai sekarang tradisi ini masih biasa dilakukan masyarakat. Bahkan, waktu zaman SD dulu suka ada tuh papajar yang digelar di sekolahan. Tempat-tempat yang biasa dikunjungin itu Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, Waduk Cirata, de el el. Bahkan, mendekati bulan puasa, jalan-jalan ke tempat rekreasi itu bakalan maceeeet karena mereka berebut mau papajar. Hmmm, padahal kan papajar cukup nyambut Ramadhan dengan hati gembira. Kalau mau makan-makan, di mana aja nikmat kalau rame-rame. Yang penting nilai silaturahimnya dapet🙂

Kalau mau tahu papajar dan asal-usulnya, liat aja tulisan lawas saya di sini. Kalau mau tahu tradisi papajar dan budaya Cianjur lainnya dalam bentuk slide, unduh aja presentasi saya di sini🙂 *promosi*

46 comments on “Papajar

  1. Ping-balik: Sejarah Sambal Cibiuk | Elfarizi

  2. Ping-balik: Basah-basahan di Sabda Alam | Elfarizi

  3. Falzart Plain
    11 Juli 2012

    Saya donlot loh… #eh

    • elfarizi
      11 Juli 2012

      Hahaha … gak usah malu-malu loooh😆

      • bluethunderheart
        14 Juli 2012

        koq blue tak ada disana y.heheh
        salam hangat dari blue
        p kabar

        • elfarizi
          14 Juli 2012

          Waaah … kemane aje nih Bang Blue. Kabar baik. Gimana kabar di sana🙂

  4. septiadiah
    7 Juli 2012

    kalo di aceh ada meugang, h-1 ramadhan. mau kaya mau miskin kudu beli+masak daging😆

  5. puchsukahujan
    7 Juli 2012

    kalau di Jogja gak ada yg begitu, adanya H-1 Ramadhan ada tradisi Padusan a.k.a mandi bareng di pantai selatan…
    hoho, horor😆

    • elfarizi
      7 Juli 2012

      wew … seru tuh Mbak😆

      • puchsukahujan
        7 Juli 2012

        seru bagi yang ingin memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan #eh
        lha wong mandinya campur baur gitu😆

        • f.nugroho
          26 Juli 2012

          iya tuh “padusan”
          padusan dari kata adus (mandi).
          yg lagi nge-tren, padusan bareng artis dangdut… hahaha…

  6. affanibnu
    6 Juli 2012

    wah.. setiap daerah punya tradisi yang berbeda2..🙂

  7. selfbeside
    6 Juli 2012

    kirain ngomongin pak fajar…heeheehee

  8. izzawa
    6 Juli 2012

    wah sama donk ya, dipadang juga ada acara utk menymbut bulan suci ramadhan, cuma namanya ‘balimau’ dan acaranya lebih ke byk ke tempat pemandian, katanya ktika mandi kita mensucikan diri gtu…:mrgreen:
    Tapi meski demikian, acara balimau juga byk ketempat2 rekreasi lainnya…mksudnya yg bukan tempat pemandian🙂

    • elfarizi
      7 Juli 2012

      Yap, teman saya juga ada tuh yang cerita tentang balimau😀

  9. Wong cilik
    5 Juli 2012

    wah baru tahu ada istilah papajar …
    salam kenal …

  10. jayputra9
    5 Juli 2012

    saya suka kebun raya bogor terlihat asri.

    seandainya di tempat saya ada tradisi seperti itu pasti saya sangat senang. bahkan kebun raya di kota saya gak ada. ada sih kebun itupun milik tetangga.

    tidak terasa bulan ramadan sudah dekat. saat yang ditunggu tunggu.

    • elfarizi
      5 Juli 2012

      Yappp, tapi yang di atas itu Kebun Raya Cibodas lho, bukan Bogor😀

  11. Ilham
    5 Juli 2012

    sayangnya disini gak ada tradisi yang seperti itu. kalopun ada saya mah agak males pergi2.
    papajarannya ke luar negeri aja sekalian mas el… wekekek

    • elfarizi
      5 Juli 2012

      Yap, direncanakan sih ke Pulau Jeju😀

  12. kabutpikir
    5 Juli 2012

    oooh…. namanya papajar? asing ih…
    (biasanya cuman denger Botram)

  13. bensdoing
    5 Juli 2012

    wahh….papajar ! kalo di Jakarta namanya apa yach…
    kalo di jkt biasanya 1-2 hari mau shaum suka pada ziarah ke kuburan….

  14. uyayan
    4 Juli 2012

    nah,,, El sendiri mau kemana, ngisi tradisi papajar-nya kali ini ??

    • elfarizi
      5 Juli 2012

      Hmmm, mau kelaur Jawa Barat pokoknya, Kang🙂

      • uyayan
        5 Juli 2012

        ke banten bisa, ke jakarta juga bisa hehe

  15. irwansranchodas
    4 Juli 2012

    hampir sama dgn tradisi di daerah saya mas..
    cuma nama nya aja beda..😀

  16. Myra Anastasia
    4 Juli 2012

    Papajar.. istilah yg baru sy denger.. Tp asik ya tradisinya🙂

  17. Idah Ceris
    4 Juli 2012

    Saya masih mencari istilah “papajar” versi Jawa itu apa?
    Penasaran. . .
    pasti ada, sudah pasti ada. . .😆

    • elfarizi
      5 Juli 2012

      Pasti ada! Pasti deh! Jadi penasaran!😆

  18. putrijeruk
    4 Juli 2012

    asik banget tradisinya. didaerah saya ngga ada deh papajar😐

  19. Danni Moring
    4 Juli 2012

    kirain tadi paparaji sekilas bacanya😀
    oo iya tradisi menyambut bulan romadhon ya…enak tuh piknik😀

  20. gandifauzi
    4 Juli 2012

    Waaahh,,,,, seru kayaknya ya?? Mudik ke Jogja aja el, nebus yg kemarin, whaakakaka

    • elfarizi
      4 Juli 2012

      Gak ah, takut Gandi marah jiakakakakaka😆

      • Danni Moring
        4 Juli 2012

        😆

Silakan komentar apapun :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 4 Juli 2012 by in budaya and tagged , , , .

Arsip

%d blogger menyukai ini: