ELFARIZI

BERBAGI, BERCERITA.

TKBI, Mengetes Kemampuan Bahasa Sendiri

Hari ini hari pertama saya berkegiatan seperti biasa lagi di Bandung. Setelah sekian lama rehat dan mendera pesakitan yang cukup lama (#tsaaa), saya harus mulai mengukuhkan lagi niat buat ngeblog. Ya, karena memang cukup terlena lama dengan hanya berjejaring sosial, bikin kekuatan dan kecepatan jari dalam mengetik menurun drastis. Belum lagi, kemampuan otak buat merangkai huruf jadi tersendat. Hmmm, mungkin ini efek berhari-hari tidur di atas tempat tidur dan kerjaannya cuma makan plus konsumsi obat. Efek lainnya adalah bobot pipi yang makin bertambah, sesuai pengakuan teman-teman di kelas😦 (#GarukTiangListrik)

Aktivitas akademis pertama hari ini dimulai dengan Tes Kemampuan Bahasa Indonesia (TKBI). Ya, tes yang kira-kira bisa disebut “TOEFL-nya Bahasa Indonesia” ini wajib diikuti mahasiswa sebagai persyaratan kelulusan, selain dari TOEFL sendiri yang harus ditempuh dengan skor berbeda-beda setiap jurusan. Sesuai namanya, TKBI ini adalah tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan akademis bahasa Indonesia para mahasiswa. TKBI penting diikuti, mengingat bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa sehari-hari dianggap begitu mudah sehingga dengan mudah pula, kaidah-kaidahnya yang benar dilupakan.

TKBI ini terdiri atas beberapa bagian tes seperti TOEFL. Mulai bagian menyimak, struktur, membaca, dan menulis. Pada bagian menyimak, seperti halnya listening dalam TOEFL, peserta tes diberikan empat puluh soal yang diperdengarkan melalui audio. Peserta diberikan beberapa dialog dan monolog, kemudian harus menjawab pertanyaan yang diberikan sesuai dialog dan monolog tersebut. Kedengarannya pasti gampang, tapi tentu perlu konsentrasi tingkat tinggi buat dengarin dialognya. Kalau ingatannya agak lemot, pasti banyak ketinggalan juga🙂

Pada bagian struktur, saya juga cukup dibikin pusing. Soal-soalnya seputaran logika bahasa, kaidah, dan EYD. Untunglah, kerjaan sehari-hari saya di bidang proofreading cukup bikin beberapa kata yang penulisannya sesuai kamus dan EYD bisa saya tebak. Misalnya kata-kata yang belum begitu lazim diketahui yang benar penulisannya, seperti: standardisasi (bukan standarisasi), komplet (bukan komplit), praktik (bukan praktek), dan lain-lain.

Terus, di bagian membaca, lagi-lagi saya dibikin pusing. Paling pusing, malah. Peserta dikasih beberapa wacana dan harus menjawab soal seputar wacana tersebut. Ya, bagian ini pasti udah kebayang, kan? Soalnya, tipe soal gini kan biasa ditemui pas lagi ujian Bahasa Indonesia, UN, atau SNMPTN. Lalu, bagian terakhir adalah menulis. Peserta diminta menulis esai sebanyak 250 kata tentang topik tertentu. Kebetulan tadi topiknya tentang perdagangan global. Alhasil, saya keluarkan jurus terjitu sejak zaman SD: mengarang bebas! Ya, bagi seorang blogger, nulis ngecapruk apa aja tentang topik apapun seharusnya memang bukan kendala (#somboooong), meski kualitasnya (untuk ukuran mahasiswa) gak terjamin, sih, hehehe:mrgreen:

Oleh-oleh Jogja

Sebetulnya, bagian tes pertama pada TKBI adalah menyimak. Tapi, tadi saya mengikuti menyimak ini justru terakhir. Ya, itu semua tidak lain dan tidak bukan karena saya datang terlambat (silakan tepuk tangan:mrgreen: ) Ironisnya, keterlambatan ini justru karena saya dengan setia nunggu seorang teman buat berangkat ke kampus bareng. Meski tahu telat, tapi dengan setia saya pantengin teman saya yang katanya minta berangkat bareng. Ckckck, entahlah, ini bentuk kesetiakawanan atau keculunan di usia saya yang gak muda lagi ini #miris🙂

Setelah ikut TKBI, saya and the gank kumpul dulu di warteg. Yaaah, dalam rangka seremoni penyambutan mereka yang dengan kejam tetap melanjutkan liburan ke Jogja seminggu lalu di saat saya batal ikut karena harus rela kena tifus. Mereka heboh ngomongin apa aja aktivitas selama liburan di sana, mulai ke candi, ke pantai, sampe cerita tentang cinlok segala, ckckck. Dengan sabar dan mengelus dada, saya dengarkan cerita mereka. Sampai akhirnya kepiluan itu dibayar dengan oleh-oleh! Ya, saya dapat oleh-oleh berupa gantungan kunci dan T-Shirt Jogja. Menurut pengakuan mereka, sih, itu semua tulus mereka berikan. Alhamdulillah, deh, sesuatu🙂

Thanks mates buat T-Shirt-nya🙂

Kami juga merencanakan perjalanan buat mengisi liburan UAS mendatang. Katanya, tujuan berikutnya adalah Makassar. Tapi, tampaknya saya angkat tangan, deh, kalo soal rencana-merencanakan. Cukup kapok juga, membuat masterplan jalan-jalan serapi mungkin, tapi tiba-tiba kudu batal pada waktunya, hehehe. Tapi, saya sadar, man proposes, God disposes. Manusia hanya berencana, sedangkan Tuhan yang menentukan.

71 comments on “TKBI, Mengetes Kemampuan Bahasa Sendiri

  1. jayireng
    7 Juni 2012

    Oeh2nya bagi dong bang🙂
    Hehehe

    Lama gak kunjung nih, maaf baru bisa mampir bang El, gmn kabr?

  2. tiara
    7 Juni 2012

    wah, saya belum pernah tes itu😀

  3. arip
    3 Juni 2012

    Bener nih klo ga ngeblog lama, jadi rada gimana gitu. Hehe.

  4. SelirGue
    29 Mei 2012

    saya sendiri sangat cinta tanah air mas …
    cuma saya masih belum bisa untuk mengharumkan nama baik Indonesia …🙂

  5. Ely Meyer
    29 Mei 2012

    kapan ada postingan baru ya ?

  6. Amirullah Daeng Sibali
    29 Mei 2012

    wah..
    saya baru tahu kalo TOEFL ala Indonesia juga ada!

  7. Yudha Qirana
    28 Mei 2012

    Baju’a keren tuh..
    jadi kpengen..🙂

    *Kunjungan malam..

  8. Mila
    27 Mei 2012

    waw…. TKBI, harusnya buat bule2 yang ingin pinter bahasa indonesia ya🙂

  9. putrijeruk
    27 Mei 2012

    wah saya baru tau loh tentang TKBI, dikampus saya adanya TOEFL sama TOAFL. Kalo TOAFL, bahasa arab gitu -_-
    Semoga dilain waktu rencana jalan-jalannya ngga gagal ya🙂

  10. Dhenok Habibie
    27 Mei 2012

    keren eL, dhe pengen nyoba TKBI nya.. kok di jurusan dhe kagak ada yaa, dapet mata kuliah bahasa Indonesia aja kayaknya cuma 1 semester doang.. kasih dong, contoh soalnya disini.. ya ya ya😉

  11. niee
    27 Mei 2012

    eh aku baru tahu ada tes TKBI sekarang.. Hmmm…

  12. ndutyke
    26 Mei 2012

    Kalo ada yg online, aku mau ah nyobain🙂
    Btw TKBI ini untuk semua jurusan kah?

    • elfarizi
      27 Mei 2012

      Iya, Mbak. Itu untuk semua jurusan. Coba cek aja ke Balai/Badan Bahasa di kota Mbak Tyke, biasanya ada … Di Bandung/Jakarta ada kok … Atau di mungkin di kampus Mbak Tyke ada. Soalnya di UNPAD juga terbuka untuk umum.

  13. septiadiah
    26 Mei 2012

    kelihatannya lebih sedap ini deh ketimbang toefl😆

  14. Danni Moring
    25 Mei 2012

    wedehhhh..elfarizi😀..
    kaosnya mantab tuh :p..hehehe pakabar el😀

    • elfarizi
      27 Mei 2012

      mantappp donk, kabar baik bangdan😛

  15. ysalma
    23 Mei 2012

    sukses di TKBInya, dan untuk acara jalan-jalannya, ada niat, punya modal langsung tancap gas, iA jadi😀.
    anak muda jangan sering-sering kena tifus, tetap sehat generasi penerus bangsa

    • elfarizi
      27 Mei 2012

      Makasih doanya, yayaya, anak muda jangan terus-terusan sakit, apapun sakitnya bukan tifus aja😀

  16. Accel World
    23 Mei 2012

    sukses buat TKBI nya

  17. tuaffi
    23 Mei 2012

    mending gag usah banyak- banyak rencana.. yang penting berangkaaattt.. hehe

    • elfarizi
      23 Mei 2012

      dan yang penting pas berangkat bawa duit yang cukup😀

  18. gandifauzi
    23 Mei 2012

    Kurang lengkap tulisan di Baju, harusnya “Robot Jogja”,😆

    • elfarizi
      23 Mei 2012

      isssyyy … ayam betutu ahlul galau wa shahibul ababil👿

      • gandifauzi
        23 Mei 2012

        Wah apa itu maksudnya ababil….??👿
        Robotcop bukan..??😆

  19. mygreatzone
    22 Mei 2012

    ke jogja lagi ajah. hehehehe

    • elfarizi
      22 Mei 2012

      Yayaya, lain waktu kalo ada libur dan waktu hehe😀

  20. uyayan
    22 Mei 2012

    gak usah kapok El untuk merencanakan sesuatu…ayo buat rencana…. tetap semangat…

  21. fauzanmm
    22 Mei 2012

    Bahasa indonesia, salah satu pelajaran dimana jarang sekali dapat nilai tinggi, wkwkwk

    bagus tuh kaosnya, minta dong,😀

    • elfarizi
      22 Mei 2012

      minta mulu nih anak dari tadi😆
      beliiiiii😛

      • fauzanmm
        22 Mei 2012

        haha, maklum ga punya duit,😀
        tanggal tua,
        (lah, apa masalahnya dengan tanggal tua ??)

        • elfarizi
          22 Mei 2012

          emang kalo tanggal muda punya duit gitu? hehehe😛

          • fauzanmm
            23 Mei 2012

            sama aja gak punya duit, hehehe😀
            ga ada bedanya tanggal tua ama tanggal muda,😆

  22. wah El sakit tifus toh baru tahu🙂
    itu sehat gara2 oleh2 kah?🙂

    • elfarizi
      23 Mei 2012

      ya, begitulah. salah satunya memang karena oleh-oleh😀

  23. Ping-balik: Gak Jadi Posting « The Petrichor

  24. Falzart Plain
    22 Mei 2012

    Yakin mau ke Makassar UAS nanti?😀

    • elfarizi
      22 Mei 2012

      Tepatnya optimistis, semoga sehat dan banyak duit pada saatnya nanti hehehe😀
      Siapkan hidangan terbaik ya kalo saya ke sana😀

  25. Idah Ceris
    22 Mei 2012

    TKBI?
    idah kenalnya sama TK A atau TK B, TK 0 kecil atau TK 0 Besas. . .😀
    semog TKBInya dimudahkan, dan mendapat nilai yang bagus.😆

    makasar?
    semoga mas El bisa ikuut. . .^_*

    • elfarizi
      22 Mei 2012

      Ooo … kalo Idah sekarang udah TK A atau TK B?😛
      Amin Idah, makasi🙂

      • Idah Ceris
        22 Mei 2012

        ikalau idah masih playgrooup, om el? wkwkwkwkw.😛

  26. Ely Meyer
    22 Mei 2012

    aku malah baru tahu lho El kalaua da TKBI ^_^

    kaosnya keren, jadi kangen yogya

    emang suka gitu El, kadang sdh rencana, tapi nggak bisa terlaksana krn ada sesuatu hal yg datang tanpa kita duga. Aku dan suami sudah berencana liburan ke tanah air thn lalu, nggak bisa, tahun ini juga ingin ke sana, kayaknya juga nggak bisa krn keadaan mama, tapi diambil sisi positifnya saja, khan msh byk waktu lain insya Allah buat berlibur

    • elfarizi
      22 Mei 2012

      Iya, Mbak … yakin rencana Allah lebih baik🙂

  27. Citra Taslim
    22 Mei 2012

    Eh,,,baru tau kalau ada TKBI.
    Semoga hasilny memuaskan ^^

  28. misstitisari
    22 Mei 2012

    wehhh ada TKBI segala el buat syarat kelulusan??? saya dulu cuma TOEFL aja lho *untungnya* kkkkk
    ke Bogor dulu lah El jalanjalannya, yg deket😛

    • elfarizi
      22 Mei 2012

      Hehehe, Bogor panaaaas kalo siang :))

  29. bensdoing
    22 Mei 2012

    memang msh banyak koch orang Indonesia yang belum “menguasai” bahasa Indonesia itu secara baik dan benar….😀

    #ngacung:mrgreen:

  30. tunsa
    22 Mei 2012

    Denpasar dong, tar tak kasih oleh2 yg lebih gede dari kaos :p

    • elfarizi
      22 Mei 2012

      apaan? jangan bilang itu pura ya😛

  31. ellalae
    22 Mei 2012

    baru ngeh loh ada TOEFL nya indonesia.. hehehe…
    semoga hasilnya cihuy ya.. apalagi bagian menulisnya.. kan blogger… hehehe…

    kaosnya lucu deh hehe😀

    • elfarizi
      22 Mei 2012

      Hahaha, gak jamin deh isi tulisannya kek gimana, apalagi style blogger beda banget sama akademisi hehehe😀

  32. zilko
    22 Mei 2012

    Wah, itu tesnya untuk semua mahasiswa tanpa pandang jurusan? Hmmm, untung dulu sewaktu aku S1 nggak ada deh tes beginian, hehehe😛 Soalnya bahasa Indonesia itu kan memang ribet ya kalau sudah tes-tesan seperti itu (inget zaman SMA, hahaha😆 ).

    • elfarizi
      22 Mei 2012

      Itu syarat kelulusan pascasarjana, Bang Zil. Ya, untuk semua jurusan. Itulah dia, karena dianggap biasa aja, tapi ternyata pas tes akademis emang ribet banget hehe😀

  33. puchsukahujan
    21 Mei 2012

    setidaknya di kaosnya ada tulisan ‘jogja’ nya…
    hahaha
    *ikut senang

    sayang tuh, temen2nya El gak ketemu saya
    trus kenapa puch? #abaikan😆

    • elfarizi
      22 Mei 2012

      Emang kenapa gak kalo gak nemu Puch???😛
      Toh, alhamdulillah mereka tetap sehat wal afiat sampe Bandung😆

  34. Leo Ari Wibowo
    21 Mei 2012

    Saya baru tahu kalau ada TOEFL-nya Indonesia. Kalau misalkan saya mengikuti ujian ini, pasti nilai saya buruk.

    Gimana mas kalimat di atas, lulus TKBI nggak?😀

    • elfarizi
      21 Mei 2012

      Hahaha … yang benar itu “misalnya” bukan “misalkan” hehehe😆

  35. freezerfananta
    21 Mei 2012

    Wahhh ternyata ada juga ya tes bahasa indonesia,,, kaya toefl….wahhh… bule2 yang mau kerja di sini kudu tes TKBI tuh…. seperti halnya kita kalau mau keluar negeri yang kudu tes IBT… …😀

    • elfarizi
      21 Mei 2012

      Yap, tes ini memang biasanya buat mahasiswa asing yang belajar di Indonesia. Makanya skornya jangan sampe kalah hehe🙂

      • freezerfananta
        21 Mei 2012

        ohh… yayaya….. jadi mereka juga wajib ya,,, hehehe..😀

  36. Hijihawu
    21 Mei 2012

    Habis mumet dapat oleh-oleh, kebayar semuanya.🙂

Silakan komentar apapun :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 21 Mei 2012 by in bahasa, curhat and tagged , , , , .

Arsip

%d blogger menyukai ini: