ELFARIZI

BERBAGI, BERCERITA.

Saldo Rekening Membengkak Tiba-tiba

Sumber: muamalatbank.com

Tadi pagi, mama menelepon saya. Memang gak aneh, sih, kalau mama nelepon. Tapi, tadi suaranya penuh kebingungan. Tanpa basa-basi “sudah makan belum?” atau “gimana kuliah?” atau “kapan nikah?”, mama langsung bicara tergesa-gesa, atau tepatnya seperti orang kaget. Hmmm, tapi emang lagi kaget, sih.

“A, ada yang aneh!” kata mama langsung pas saya angkat telepon.

“Apa, Ma? tanya saya.

“Uang di rekening …,” kata mama terpotong-potong. Hmmm, saya jadi bingung.

“Kenapa, Ma, udah cair?” tanya saya. Memang, orangtua saya sedang menunggu tunjangan sertifikasi muncul di rekening papa.

“Saldo rekening emang nambah, A. Tapi aneh …” Grrr. Mama, nih, bikin penasaran. Ngomong, kok, dipotong-potong kayak adegan dramatis di Yusra dan Yumna (sinetron yang tayang di RCTI pukul 19.00-21.00 WIB #SekilasInfo).

“Aneh, gimana?”

“Coba, kata Aa, ini berapa … Mama sebutin angkanya!” Lalu, mama menyebut angka, “Rp 112 koma 646 koma 175!”

“Hah? Mama cek di mana? ATM atau SMS Banking?” Suer! Saya kaget. Yang saya tahu, rekening papa itu khusus terima tunjangan sertifikasi saja dan saldonya hanya ratusan ribu.

“Si papa pake SMS yang buat cek saldo itu …,” kata mama, merujuk ke layanan SMS Banking. Memang, semenjak saya ajarkan cara bertransaksi via SMS Banking, si papa jadi getol otak-atik HP buat ngecek saldo. Meskipun tahu, saldo rekening gak bakal nambah kecuali pas pencairan tunjangan, tetap saja si papa doyan cek saldo. Per hari bisa beberapa kali. Padahal, setiap transaksi kan memakan pulsa! Entahlah … terlanjur hobi kali.

“Coba, SMS-in lagi transaksinya ke HP aku, Ma,” kata saya ingin memastikan.

Lalu, si papa kirim SMS bekas transaksi di SMS Banking. Memang benar, tulisannya –> Saldo Rek: 0517XXXXXXX sebesar Rp 112,646,175 No. Trx: 000453XXXX.

Ya, pagi tadi saya amat kaget. Dibaca berulang-ulang, apa mungkin salah digit. Apa mungkin, tiga digit terakhir itu penanda rupiah. Ah, masa, iya! Penanda rupiah, kan, cuma dua digit. Dan, sangat-sangat tidak mungkin tunjangan sertifikasi sebesar itu. Itu, belasan kali lipat dari yang semestinya. Saya telepon lagi mama.

“Ma, udah tanya teman-teman papa. Apa yang lain sudah cair juga (tunjangan sertifikasi)?” tanya saya.

“Udah ditanya. Katanya, belum ada yang cair. Aa, Mama jadi takut. Ini uang siapa … Harus gimana dong, A?” kata mama tambah bingung.

“Hmmm. Pertama, cek lagi di ATM. Saldonya sama apa enggak. Terus, kalau masih sama, suruh teteh ke bank. Minta print buku tabungan. Lalu tanya, itu transaksi apa dan dari mana!” kata saya, seolah ngasih P3K.

“Iya, A. Duh, kira-kira siapa, ya, A … Ngeri,” kata mama lebih dramatis lagi.

“Hmmm. Hati-hati, Ma. Jangan dulu narik tunai, ya. Jangan-jangan itu ada yang mau money laundry. Atau, bisa jadi itu Gayus mau buang bukti korupsinya,” kata saya ikut parno.

“Duh … Iya, A,” kata mama lesu.

“Coba, cek lagi saldonya via SMS Banking,” kata saya.

“Iya, A,” kata mama. Mama langsung nyuruh si papa buat cek saldo lagi via SMS Banking.

Beberapa saat kemudian. Si papa kedengaran ngomong sama mama sambil ketawa-tawa.

“A … Aa. Ya, Allah … saldonya berubah lagi jadi XXX.XXX,” kata mama nyebut angka ratusan ribu.

Hahaha. Saya jadi pengen ketawa. Si mama ikut ketawa.

“Hahaha. Ini Allah mau kasih ujian kali, ya. Atau, menghibur di saat kita lagi harap-harap cemas menunggu rezeki …” kata si mama sambil ketawa-tawa.

Tadi, saya lagi di perpustakaan pas percakapan itu berlangsung. Saya mendadak ketawa-tawa, meski orang lihatin muka saya dengan kesal, bahkan ada yang sedih. Mungkin mikir, kasihan tuh anak, stress mikirin proposal penelitian.

***

Dengan demikian, saya ingin mengimbau kepada Sahabat. Hati-hati dengan transaksi perbankan, termasuk SMS Banking seperti itu. Meski berbasis teknologi, kemungkinan kesalahan pasti tetap ada. Jangan terlalu percaya dengan transaksi yang mencurigakan. Untunglah, saya belum menyusun rencana belanja pas tahu ada uang ratusan juta di rekening:mrgreen:

69 comments on “Saldo Rekening Membengkak Tiba-tiba

  1. Kusprianto
    21 Mei 2015

    Wah….itu kejadiannya sama dengan yang saya alami. Bahkan udah 2x saya mengalaminya. Yang pertama ada sms uang masuk ke rekening saya Rp. 30.000.000 (padahal saldo aslinya cuman 120.000), dan yang kedua dapet Rp. 600.000. Tapi ya itu tadi karena merasa bukan uang saya, ya saya diemin aja eh besoknya saldo direkening udah kembali semula…wakakakkkk….padahal sebenarnya berharap itu saldo ngendep aja selama 1 bulanan lah….pasti deh saya tarik semuanya….

  2. Naira
    29 Mei 2012

    hihihi…lucu bgt..gak jadi dunk jadi milioner nya🙂

    • elfarizi
      29 Mei 2012

      jadi donk, tapi cuma beberapa menit aja😀

  3. Alid Abdul
    15 Mei 2012

    ahaha klo saya pasti uda saya embat hahaha #ketawasetan

  4. nandobase
    11 Mei 2012

    Saya ngga berani pake SMS banking. Takut passwordnya ketebak trus duidnya disedod. Duhh…😦

  5. kabutpikir
    9 Mei 2012

    yaaah…. kenapa gak langsung diambil?
    ikutan nyesel.

  6. mygreatzone
    8 Mei 2012

    rejeki nomplok tuh. hahahahaha. traktir donk, A😛

  7. abdurahman
    7 Mei 2012

    haha kudunya begitu saldonya nambah langsung cairkan jang . . .

  8. Myra Anastasia
    6 Mei 2012

    Jgn2 Banknya sama lagi ma bank sy.. Sy juga blm lama ini ngalamin.. Tau2 ada dana lumayan banyak msk ke rekening sy.. Sy udah komplain ke banknya, tp mereka ngotot kl itu uang sy.. Akhirnya sy gak berani pake uang di rekening itu..

    Stlh 1 bulan, rekening sy kembali normal.. Sy sempet ty ke banknya, mereka mengakui kl ada salah pencatatan.. Tp akhirnya sy malah jd deg2an kl liat rekening bisa turun-naik gitu tanpa kita tau ^^

  9. hawwin88
    6 Mei 2012

    Andai aja sms banking itu langsung bisa ngeluarin uang … bkal kaya neh gue … hahah … tapi ane milih kaya brad pit aja dech .. #ckiiiitttt … gigit bantal
    Hadir di hajatan gue yaah … adu kreatifitas
    http://hawwin88.wordpress.com/2012/05/04/the-most-wonderful-birthday-bagi-bagi-rejeki/

  10. niee
    6 Mei 2012

    hahaha,, coba langsung uangnya di transfer ke rekening lain,, jadinya kan lumayan tuh buat beli bakso 10 gerobak😛

  11. r10
    6 Mei 2012

    ww gila dapat rezeki 112 juta…. untung tak tergoda:mrgreen:

  12. zilko
    6 Mei 2012

    Jadi itu error di sms-banking-nya ya? hehehe🙂

  13. gandifauzi
    5 Mei 2012

    Bahahahaha,,,, aku ga kaget, EL…! Aku lebih kaget dirimu doyan nyinetron (nonton sinetron, red)😆

    • elfarizi
      5 Mei 2012

      Siapa yang doyan???? Itu cuma info aja wew :p #pencitraan

  14. nicil
    5 Mei 2012

    ahaha,uda heboh gitu ya😆

    • elfarizi
      5 Mei 2012

      Haha, gak heboh juga sih. Yang ada bingung😀

  15. arief313
    5 Mei 2012

    ikutan baca ah
    lumayan seru juga tuh ceritanya

  16. septiadiah
    4 Mei 2012

    hihihi, kalo dipake belanja, kira2 berapa ya uang yg bisa ditarik tunai?:mrgreen:

    • elfarizi
      4 Mei 2012

      Haha, cukup buat bawa Septia jalan-jalan keliling Pulau Jeju😀

      • septiadiah
        4 Mei 2012

        baru dengar pulau jeju :O
        dimana tuh?😀

        • elfarizi
          4 Mei 2012

          Hehe. Itu salah satu tempat keren di dunia (katanya). Di Korea Selatan😀

  17. puchsukahujan
    4 Mei 2012

    pertama, ketahuan suka nonton sinetron
    kedua, oohh…..naskah proposal penelitian?!
    ketiga, mungkin Allah mau ngasih ‘sedikit’ hiburan😀

    • elfarizi
      5 Mei 2012

      Saya gak suka sinetron, itu cuma info aja😛
      Ya, itu hiburan di pagi hari😀

  18. rowmanisme
    4 Mei 2012

    Jangan-jangan dana wisma atlit nyasar🙂

  19. Marczumi Rumambay
    4 Mei 2012

    hahaha, lucu jg sob crita’a. hehe😀 tp btw ane g prnh pke mobile banking bru pake intrnt banking j.😳

    • elfarizi
      4 Mei 2012

      Saya pake kok mobile banking, soalnya lumayan, cek saldonya gratis kalo BCA🙂

      • Marczumi Rumambay
        4 Mei 2012

        yg bnr ente el gratis? kata’a kna pulsa sribu klo cek pulsa ma transfr? yg bnr yg mna nih…🙄

        • elfarizi
          4 Mei 2012

          Saya pake M3. Cek saldo itu gratis. Kalo transfer, iya 1.000. Tapi, meski cek saldo gratis, tetep harus lagi ada pulsanya HP-nya😀

  20. bensdoing
    3 Mei 2012

    dari awal baca dah serius nich El…sapa tahu dapet cipratannya…😀
    lumayan juga yach kalo seumpama mmg nambah menggelembung tuh saldo ..

  21. ~Amela~
    3 Mei 2012

    kadang2 itu emang banknya salah kirim, mungkin udah dikoreksi lagi..
    emang jangan keburu seneng ya kalau tiba2 saldo nambah dengan ga wajar

  22. Hany
    3 Mei 2012

    wiee,… kalau saya juga pasti bingung kak,.. hehehey,..hati2 kuncinya,..:)

  23. Goiq
    3 Mei 2012

    aku pernah tuh kejadian kaya gitu. cuma nambahnya ngga banyak. hanya sekitar 6 juta an. tapi cukup membuat kaget. ngga beberapa lama ada koreksi dari pihak bank dan 6 juta nya di tarik kembali… yah karena aku merasa itu bukan uangku, jadi memang ngga aku apa-apain

  24. monda
    3 Mei 2012

    aku juga bakalan panik spt mamamu
    kalau beneran Gayus cuci gudang kn bisa berabe urusannya

  25. fanz
    3 Mei 2012

    wah telat tuh. harusnya di abisin dulu sekitar 10juta #ngomporin :))

    • elfarizi
      3 Mei 2012

      Kalo gitu, saya pasti bagi Irfan … buat sama-sama nikmatin rezeki syubhatnya hahaha😀

  26. Himi^^
    2 Mei 2012

    wahahahahha..
    .lucu.lucu..^^

  27. Hijihawu
    2 Mei 2012

    Belum rezeki. Hehe..

  28. Eko Wardoyo
    2 Mei 2012

    hihihii padahal dah mau minta trktir asinan banci hehee

    • elfarizi
      2 Mei 2012

      waaa … ditraktir asinan banci seratus juta yakin dah meledug entar perutnya hahaha😆

  29. arie kusuma
    2 Mei 2012

    jiah.. kok gag jadi dapet uang segito?
    maunya nunggu traktiran.
    wkakaka
    perasaan mu senang bercampur takut yak el?
    wkaka

    • elfarizi
      2 Mei 2012

      Satu lagi … bercampur kecewa!😆

      • arie kusuma
        2 Mei 2012

        bener2. kecewa sangat.
        sudah mandaki ke puncak, jiah.. malah jatuh.
        sakit hati juga el.
        hehe

        • elfarizi
          2 Mei 2012

          Udah tahu sakit, kenapa mesti pake –> hehe segala!!!😛

  30. uyayan
    2 Mei 2012

    wah kho berubah lagi…
    Elf coba di cek lagi sapa tau berubah lagi hehe..

    • elfarizi
      2 Mei 2012

      Hahaha … berharap nya sih demikian kang😀

      • uyayan
        2 Mei 2012

        kalau berubah lagi jadi lebih banyak,, kang yan kasih tipsnya ya Elf….hehe….

  31. misstitisari
    2 Mei 2012

    yaaaahhhhh *pembaca kecewa*

    • elfarizi
      2 Mei 2012

      Hahaha, yang ngalamin lebih kecewa😆

  32. Roni Yusron
    2 Mei 2012

    Kirain membengkak gara2 bisnis online..?😛

    • elfarizi
      2 Mei 2012

      Haha … kalo itu sih sampe gak bengkak. Cuma ngegelembung aja dikit😀

  33. iezul
    2 Mei 2012

    huwahaha asyik juga ceritanya……coba gak usah di cek lagi…kan asyik tu bawaannya bahagia mulu…gkgk😀

  34. Danni Moring
    2 Mei 2012

    balik normal lagi ya? yahhhh padahal dah siap siap nadah nih:mrgreen:

    • elfarizi
      2 Mei 2012

      Kalo gak balik normal, gue gak bakal posting, bang😆

  35. rifdanella
    2 Mei 2012

    cerita na lucu, tp pesan sosial nya mantepp,,,

    • elfarizi
      2 Mei 2012

      Ya, intinya waspada terhadap pelayanan perbankan, Mbak🙂

  36. Idah Ceris
    2 Mei 2012

    saya belum pernah memakai fasilitas sms banking. . 😀
    #gak punya atm. . . 😛

    • elfarizi
      2 Mei 2012

      Bagus … jadi gak bakalin rasanya syok kaya kejadian ini hehehe😀

  37. walankergea
    2 Mei 2012

    nice…hehehe..pelajaran kejujuran dan kewaspadaan…semoga dapet ganti yg lebih baik dan lebih banyak heheh. slam utk orang tua ente gan😀

    • elfarizi
      2 Mei 2012

      dan, jangan terlalu percaya pada layanan SMS Banking juga😀
      Oke, makaih, gan🙂

  38. Falzart Plain
    2 Mei 2012

    Kembali lagi saldonya? Yaaah….
    Sertifikasi apaan sih? Dosen?

    • elfarizi
      2 Mei 2012

      Yap, kembali lagi hahaha😆
      Guru, Zart🙂

      • Falzart Plain
        2 Mei 2012

        Oh, kalau nggak salah setelah lulus sertifikasi tunjangan sertifikasinya nggak langsung keluar ya? Masih ada syarat-syaratnya lagi.

        • elfarizi
          2 Mei 2012

          Syarat-syarat itu sebelum kelulusan donk, Zart. Setelah dinyatakan lulus, sih, tunjangannya itu diterima biasa aja secara berkala. Kalo pengalaman bapak saya sih, gitu ya🙂

Silakan komentar apapun :)

Information

This entry was posted on 2 Mei 2012 by in curhat and tagged , , , .

Arsip

