ELFARIZI

BERBAGI, BERCERITA.

Ospek

Awal kuliah tentu gak bisa terlepas dari yang namanya ospek. Ya, kegiatan orientasi ini hampir biasa dilakukan di setiap kampus. Begitu juga saat saya jadi mahasiswa baru. Awalnya, saya sebenarnya malas buat ikut ospek. Yang kebayang saat itu, pasti kekerasan, bentak-bentakan, hukum-hukuman, waaa … pokoknya seabreg hal gak lucu yang saya gak suka, deh. Tapi, bagaimana pun, toh ospek wajib diikuti.

Sampai datang waktunya, saya dan semua mahasiswa unyu baru alias maru manut-manut aja sama panitia ospek yang gak lain adalah senior-senior di kampus. Mulai dari seremoni formal di kampus hingga ke tempat tujuan, yaitu perkebunan di Pangalengan, Kabupaten Bandung. Entah kenapa, senior waktu itu memang sangar-sangar wajahnya. Gayanya sok wibawa.

Hari pertama di lokasi, para maru masih bisa ketawa-ketawa lepas, bahkan saat olahraga (seperti pada di foto pertama). Mereka nampak gak ada beban. Hanya saja, panitia mulai bikin aturan-aturan aneh buat peserta. Misalnya, saat disuruh baris-berbaris, para maru disuruh hormat ke panitia dengan salam hormat yang gak lucu banget. Di setiap kesempatan, salam hormat itu kudu dilakuin. Culunnya, para maru kok mau-maunya nurut panitia? Hmmm … saking sangarnya wajah mereka, mungkin.

Salam hormat yang nggak lucu ...

Lebih parah lagi, saat makan, para maru kudu berhadap-hadapan sepasang-sepasang. Bahkan, semuanya harus saling menyuapi. Wiii … apalah artinya, seorang mahasiswa kudu pintar nyuapin orang? Setelah beres makan dan istirahat, para maru mendapat aneka macam materi yang menarik, kayak penulisan, drama, manajemen pertunjukan (teater), simulasi sidang, dan lain-lain.

Yang gak kalah menarik, yaitu materi simulasi aksi alias demo. Ini kali, ya, cikal bakal mahasiswa doyan demo. Sejak pertama masuk kuliah aja, udah dikasih “teori-teori” demo sekaligus praktik. Yipiii … Dulu, ceritanya, para maru mendemo panitia tentang ketidakpuasan mereka terhadap pelayanan ospek ini. Para maru berbagi posisi dan tanggung jawab. Gak lupa, mereka meneriakkan yel-yel yang isinya kebanyakan cemoohan dan kata-kata kasar.

Panitia bak pejabat DPR yang siap didemo. Sebagian kayak polisi yang jaga-jaga demo. Seolah polisi beneran, sebagian menyemprot para pendemo dengan air comberan. Wiii … emangnya gas air mata sejijik itu kah? Hah, ada-ada saja emang tingkah laku para mahasiswa itu, baik para maru maupun panitia yang juga senior. Bahkan, saya baru menyadarinya hari ini, setelah nulis tulisan ini.

Tapi, semua yang telah saya lalui dengan kawan-kawan saat itu adalah pengalaman yang sangat menarik di awal kuliah. Terlepas dari apa motif diadakan ospek seperti itu, saya tetap suka mengikutinya dan … mengenangnya saat ini :)

___________________________________________________________________________________________________________

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog #sukasuka di genksukasuka yang disponsori oleh Bunda Desi, Kak Juli, dan Teh Ani Berta

lomba blog #sukasuka

72 comments on “Ospek

  1. Sii Isni
    2 September 2012

    Haha, yang demo itu baru kali ini saya dapat ceritanya ada dalam ospek. ckck… :D

  2. anny
    5 Mei 2012

    Yap, benar sekali kisah opspek walau masih abu2 apa motivasinya tapi jujur saja sangat mengenangkan :)
    Ceritanya seru ih hehehe…moga beruntung yah :D

    • elfarizi
      5 Mei 2012

      Iya, Mbak … kalau dikenang, justru sangat menyenangkan. Makasi :D

  3. ndutyke
    28 April 2012

    ospekku dulu gak seru sama sekali. kayaknya emg ga bertujuan untuk mengakrabkan sesama mahasiswa baru deh.

  4. vonarief
    19 April 2012

    ospeknya g sama ,, tapi inget jaman SMA,,, waktu malam renungan suci PASKIBRA,,,
    salam kenal juga,,,

  5. tiara
    18 April 2012

    ospek dari hima saya, itu terkenal paling horor loh bang >_<

  6. bebe'
    18 April 2012

    Kampusku dulu Alhamdulillah ga ada ospek… Dan ternyata tanpa ospek pun anak baru bisa2 aja tuh akrab sama senior… entah dari kegiatan klub atau pelajaran.. Hmmm…

  7. misstitisari
    17 April 2012

    udah pernah ngerasain jadi panitia ospeknya belum el?
    itu jauh lebih ga ngenakin lho, krn pusing dengan segala macam rapat, belum lagi debat kusir soal konsep ospeknya, mikirin tugastugas yg layak dikasihnya, dibentakbentak juga sama penanggungjawab aka dosendosen
    krn udh ngerasain duaduanya saya bisa bilang jd peserta ospek jauh lebih menyenangkan drpd jd panitianya :D

    • elfarizi
      17 April 2012

      Pernah di tahun selanjutnya. Sejujurnya, emang males banget. Apalagi dulu saya kebagian seksi acara. Haaa, riweh pokoknya :D

  8. Eko Wardoyo
    17 April 2012

    wahahahaha saya gak pernah merasakannya :’)
    <—- bingung mo sedih apa senang

  9. Srulz Hasrulz (@demoffy)
    17 April 2012

    haduh….
    hehe… kalo daftar kuliah tanpa ospek, ada ngga ya.. :D

  10. anazkia
    17 April 2012

    heh? Air comberan?
    Masya Allah…

  11. Ping-balik: 5 Hal | ekoeriyanah

  12. Maya
    16 April 2012

    oh ya el dapat award dariku nih ^^ dan yuk lihat pengumuman pemenang giveaway the fairy and me

    http://www.nurmayantizain.com/2012/04/pemenang-giveaway.html
    thank you :)

    • elfarizi
      17 April 2012

      Oke, makasiiii, syukron, thanks so much Mbak Mayaaa :D

  13. Idah Ceris
    16 April 2012

    turunkn BBM. .
    bebaskan kamii. . :D

    biarkan kami makan mie instan. . . :lol:

  14. Dan Azed
    16 April 2012

    hm…kalau sekedar suap-suapan kayaknya masih wajar tuh mas. waktu saya ospek, teman-teman dr jurusan sebelah malah disuruh bersihin gigi teman-sesama gender- di depannya, jijik nggak tuh???

    #kunjungan pertama… :D

  15. jayireng
    16 April 2012

    jhaha…
    Jadi inget pendidikan di bandung waktu mau jadi seorang satpam..

  16. Anak Muda
    16 April 2012

    hahaha…
    cupu nya kalo jadi mahasiswa baru makanya nurut aja disuruh2 senior..
    (#salam kenal)

  17. efratadenny
    16 April 2012

    Simulasi demo saat ospek?? hmmm

  18. zilko
    16 April 2012

    Iya, aku juga sekarang suka heran. Kok mahasiswa baru dulu mau-maunya ya disuruh dan dikerjain panitia gitu?? hahaha :lol: *bertanya pada diri sendiri juga mengingat pengalaman Ospek dulu, :lol: *

  19. oomguru
    16 April 2012

    ospek itu adalah kegiatan yang biasanya kita sesali ketika kita menjadi anak semester atas.
    saya pengalaman soalnya..
    hwehehehe…

  20. penuliscemen
    16 April 2012

    nggak ospek nggak rame :)
    Ambil hikmahnya aja. kalau saya sih asikin aja.

  21. cobalihataku
    16 April 2012

    aku cuma pengen satu kali menerima ospek dari mereka-mereka… hahah.. ngeri tapi abis tu lega

  22. eraha
    15 April 2012

    jadi itu lokasi ospeknya jauh dari kampus ya? seru banget donk,,serasa piknik,,,hehehe

  23. giewahyudi
    15 April 2012

    Hormatnya pakai dua tangan, enggak cukup kalau tangan kanan aja. :)

  24. MasGiy
    15 April 2012

    ketika pertama kali mengenal dunia kerja, saya dan kawan-kawan juga mengalami hal serupa…instruktur lapangan dan pengawasnya dari satpam….galak dan gak segan memberi hukuman……..

  25. monda
    15 April 2012

    sebel ya kalau disuruh bawa benda aneh2
    Pulangnya aja udah capek, apalagi harus mikir benda yg disandiin, dihias macam2 pula

  26. nicil
    15 April 2012

    haha,pas ospek itu yang paling kerasa.. hmm.. ngantuuuuk
    banyak tugas sih dan mesti bangun pagi

  27. SITI FATIMAH AHMAD
    15 April 2012

    Assalaamu’alaikum wr.wb, Elfarizi…

    Ospek memang asyik sebagai kenangan masa kini, tetapi lelah dan sakit hati ketika sedang mengalaminya. Saya juga pernah mengikutinya malah sempat kabur dan bersembunyi di atas loteng asrama. :D

    Kini, ospek berbentuk kekerasan, bentakan dan hukuman tidak ada lagi di Malaysia. Ia diganti dengan Minggu Silaturahmi yang lebih berbentuk ilmiah dan kesedaran diri.

    Semoga menang dalam lomba tulisnya.

  28. Tebak Ini Siapa
    15 April 2012

    Aku gak suka ospek T.T

  29. niningsyafitri
    15 April 2012

    Hmmm… Kalau OSPEK smuanya muka2nya masih pada lugu. Pas udah msuk kuliah, deehh, lgsg berubah semua… Hehehe…

    • elfarizi
      15 April 2012

      Yaaa … berubah tambah unyu, hihihii :D

  30. Ni Made Sri Andani
    15 April 2012

    Wah..ini Opspeknya seru juga. Tapi kenapa pake pelajaran demo ya? Untuk mengantisipasi situasi politik ke depan? he he..

    Tapi entah kenapa, Opspek memang selalu punya sisi menyenangkan dan sisi menyebalkan – tapi pada saatnya nanti, mungkin banyak yang setuju bahwa yang dulunya menyebalkan itu ternyata menjadi kenangan yg cukup manis juga..

    Semoga sukses dengan lombanya, Fa..

    • elfarizi
      15 April 2012

      Sangat menyebalkan! Saat saya mengalaminya sih gitu. Tapi, kalau diingat lagi sekarang kok sangat menyenangkan yaaa :D

  31. bensdoing
    14 April 2012

    opspek mmg banyak kenangannya … :)
    apalagi opspek jurusan…ajibbb…. :)

    • elfarizi
      14 April 2012

      Ya, Bang … yang di atas juga itu ospek jurusan. Kalau ospek kampus justru biasa aja sih :D

  32. fauzanmm
    14 April 2012

    wadawww, jadi makin takut buat kuliah,
    malas di ospeknya ,:D

    • elfarizi
      14 April 2012

      Waduww … masa gara-gara takut ospek ampe gak kuliah :D
      Tenang, gak ada kekerasan kok. Paling suruh direndem di empang, suruh push up sambil kayang, hehe :D

      • fauzanmm
        14 April 2012

        yang terakhir ini nih, :D
        bikin orang patah pinggang,
        push up sambil kayang, gimana caranya tuh ? :D

        • elfarizi
          14 April 2012

          Jangan dibayangin, deh … mending langsung praktik haha :lol:

          • fauzanmm
            14 April 2012

            ouch, ngebayanginnya aja uda susah banget, apalagi mraktekinnya gan, :D

  33. arie kusuma
    14 April 2012

    yang terakit paling keren El.
    mendemo senior
    aku paling suka kek gini. seandainya aku ikut demo aku demo habis2an dah.
    hehe
    jadi inget ospek yang memalukan. hizk hizk.

    • elfarizi
      14 April 2012

      Pernah ospek juga gitu? *eh …
      Ya, tapi dulu badan kita kecil-kecil, sedangkan senior sangar-sangar jadi tetep kalah hehehe :D

      • arie kusuma
        14 April 2012

        iya donk.
        hee
        kamu pernah ngospekin gak el??

        • elfarizi
          14 April 2012

          Pernah donk … tapi teori balas dendam gak berhasil, Mungkin akunya terlalu unyu buat bentak-bentak :mrgreen:

  34. putrijeruk
    14 April 2012

    akuuuu juga suka deh sama postingan ini, semoga menang ya :)
    menarik deh, ada simulasi demonya hehe
    aku udah kuliah 6 semester belum pernah demo loh, simulasinya pun blm pernah hehe

    • elfarizi
      14 April 2012

      Saya juga gak pernah demo, kecuali demo masak di dapur hehehe :D
      Memang di Ospeknya dapat materi apa aja? :D

  35. Falzart Plain
    14 April 2012

    kupikir kau tidak suka ospek, Bang… :lol:

  36. gandifauzi
    14 April 2012

    Ospek = Masa suram, hahaha…

    • elfarizi
      14 April 2012

      Hmmm … gak suram-suram amat sih, asyik malahan :D

  37. Maya
    14 April 2012

    ospeknya buat latihan demo :o ohhhh
    tapi untung nggak dikerasin ya el~

    • elfarizi
      14 April 2012

      Dikerasin juga sih, Mbak … lumayana lah uji mental :D

  38. Amirullah Daeng Sibali
    14 April 2012

    kalau saya baca materi yang diberikan panitia masuk akal… beda dengan ospek di jurusan saya. materinya aneh2, kerangka berpikir benar lah, insan kamil lah, dan masih ada lagi beberapa materi yang aneh….. di tambah pematerinya yang aneh.

    ospek ini di bingkai dalam kerangka LDK (latihan Dasar Kepemimpinan). tapi setelah ikut rasanya g’ ada yang bisa di aplikasikan untuk menjadi seorang pemmpin,,,,

  39. rezaslash
    14 April 2012

    Wah, kalau ospek di kampus saya selalu melegenda mas… Selalu jadi kabar buruk buat mahasiswa baru lainnya.. hehe :)

  40. puchsukahujan
    13 April 2012

    untung saya dulu bolos ospek, hahahaha… :lol:

  41. ¤ HILAL ALIFI
    13 April 2012

    tahun sekarang jadi peserta ospek, tahun berikutnya jadi panitia ospek. Apa yang dialami tahun sekarang akan diwariskan peserta tahun depan. begitu seterusnya tanpa berkesudahan :D

  42. arafatfadel
    13 April 2012

    pake air comberan..?
    sadis !!!….gak ada yg lain y….donat gtu

  43. Danni Moring
    13 April 2012

    jadi ingat dulu waktu masih kuliah :D hehee..gw malah lihat kakak2 yang cowonya pada caper ke cewe :D hahhahaha…

    • elfarizi
      13 April 2012

      Aiiih … si kakak udah lulus yaaa? *Gagal 17* :P
      Yap, senior cowoknya waktu itu juga kayak gitu, genitin cewek

    • Danni Moring
      13 April 2012

      hahahaha…yah gagal deh 17 tahun :D

  44. jay boana
    13 April 2012

    makasih yah udah ikutan, salam kenal bro elfarizi , jadi inget masa sma ini mah ,hehe

  45. fanz
    13 April 2012

    hahhaa jadi inget ospek beberapa taon yang lalu
    serasa kesiksa banget :))

  46. Roni Yusron
    13 April 2012

    Semoga menang lombanya, Sob… Sampe kapan nih DL nya? :D

    • elfarizi
      13 April 2012

      Masih lama, kok ampe akhir April … Cek TKP aja, Mas :D

    • jay boana
      13 April 2012

      sampe tanggal 30 bro #nyamber… :P

Silakan komentar apapun :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 13 April 2012 by in Apr 2, curhat, giveaway and tagged , , , .

Arsip

%d blogger menyukai ini: