ELFARIZI

BERBAGI, BERCERITA.

Hawari, Sepenggal yang Tak akan Terlupa

مَوَدَّةُ الصَّديقِ تَظْهَرُ وَقْتَ الضِّيقِ

Kecintaan seorang teman akan tampak saat kesusahan.

A friend indeed is a friend in need.

Rasanya tidak ada yang ragu bahwa sahabat sejati selalu ada dalam suka maupun duka. Saat banyak orang sedang bersusah payah mencari sahabat sejati itu, rasanya tidak berlebihan jika saya merasa beruntung. Karena, hingga saat ini, sahabat sejati—ah, bahkan istilah ‘sahabat’ rasanya masih saja kurang—sudah saya miliki. Ia bukan saja sahabat, tetapi saudara yang Allah berikan dalam hidup saya.

Lima tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk saling mengenal dan mempercayai. Bahkan, enam bulan lalu ketika kita memutuskan untuk ‘kembali’ ke kampung masing-masing selepas wisuda, komitmen untuk bersaudara masih saja kita pegang. Dengan catatan, saya gak mau dianggap saudara kembar, apalagi siam. Saya tetaplah saya. Dia tetaplah dia. Dalam segala hal, saya selalu harus lebih dari dia, kecuali satu: umur! Hahaha, bahkan keegoisan saya pun sudah ia maklumi.

Satu hal yang tak akan pernah saya lupa saat saya terkulai lemah tak berdaya di rumah sakit satu tahun lalu. Selain keluarga, ia juga salah seorang yang menjaga saya selama 24 jam. Tanpa lelah, ia selalu saya mintai pertolongan dan bantuan. Saat berangsur pulih, ia yang memapah saya berjalan. Ia yang mengelap, membersihkan, bahkan memandikan. Bahkan untuk hal-hal yang saya pikir menjijikan, ia yang tanpa lelah menolong saya.

Ah, rasanya itu bukan sekadar sahabat. Sahabat terdengar terlalu asing bagi saya. Ia orang asing yang masuk ke dalam hidup saya menjadi seorang yang dekat dan sangat berarti. Jika Rasulullah pernah berkata bahwa beliau memiliki Zubair sebagai hawari (sahabat setia), maka bolehlah saya punya dia, hawari yang sampai kapan pun selalu saling mengingatkan dalam kebaikan. *)

Tapi, rentetan kata-kata ini hanya bakal membuat dia tersipu-sipu ke-GR-an, bahkan melayang ke sudut bumi (eh, ada gitu sudut bumi?). Maka, dia harus tahu bahwa terlalu banyak konflik yang kita lalui. Dari mulai perselisihan yang prinsipil, hingga masalah sepele. Sebagai laki-laki, bahkan tidak jarang perselisihan diselesaikan dengan beradu fisik. Sayangnya, saya gak terlalu kuat buat melawannya, meski badannya cempreng alias kurus. Tapi, entah kenapa, ia selalu jadi juru damai terlebih dahulu. Sial, tampaknya dia memang lebih baik dari saya!

Terakhir, saya hanya mau bilang, selamat mengejar cita-citamu, Kawan. Masih banyak persaingan yang harus kita lewati: berbuat kebajikan, menjadi orang sukses, menikah, dan naik haji. Dan, saya harus (selalu) menang dalam setiap persaingan itu! Terima?

Catatan:

*) Hadits lengkapnya berbunyi, “Setiap Nabi mempunyai hawari (sahabat setia) dan sahabat setiaku adalah Zubair” (HR. Al-Bukhari).

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway The Fairy and Me yang diselenggarakan oleh Nurmayanti Zain

71 comments on “Hawari, Sepenggal yang Tak akan Terlupa

  1. musimsemi22
    25 April 2012

    saya pikir cuma cewek yang punya sahabt yang segituny..ternyata saya salah..cowok trnyata bs juga segituny brsahabat ya (sotoy)😀

    kunjungan perdana mas…salam kenal dr urg awak..🙂

    • elfarizi
      25 April 2012

      Wah … jangan dikira, laki-laki pun ingin dimengerti. #tsaaa bahasanya😆
      Konon katanya, justru persahabatan laki-laki bakal lebih awet, karena gak mengutamakan perasaan kayak perempuan. Katanya lhoooo:mrgreen:

      • musimsemi22
        25 April 2012

        persahabatan laki2 lbh awet krn gak mengutamakan perasaan (nah lho..bukannya krn bermain perasaan makanya awet :D)

  2. Ping-balik: Belum Dewasa | ekoeriyanah

  3. Eko Wardoyo
    22 April 2012

    aku punya hawari gak ya :’)

  4. Ping-balik: Big Enemy | ekoeriyanah

  5. meutiamansur
    18 April 2012

    saya terharu membaca kisah ini😦..begitu mnyentuh, sahabat sejati selalu ada di waktu susah dan senang ..salam kenal.

  6. Ping-balik: Tiga Blogger Cantik Spesial « Catatan Elfarizi

  7. anazkia
    17 April 2012

    Salam untuk sahabatnya…

  8. septiadiah
    12 April 2012

    duh, saya jadi terbawa suasana😳

    • elfarizi
      12 April 2012

      Suasana apa nih, Septi?😀

      • septiadiah
        13 April 2012

        saya tadinya mmbayangkan, El sedang duduk di beranda kos lantai dua, menikmati pemandangan sambil menulis postingan ini, terus sesekali tersenyum mengenang persahabatan itu🙂
        so sweet skali >.<
        hehehe

        • elfarizi
          13 April 2012

          Oh, yang kebayangnya gitu ya? hehe😀
          Padahal saya nulisnya dalem kamar. kamar saya di lantai 1. Meski pas nulis sih emang campur aduk perasaannya #tsaaa *lebay*😀

  9. puchsukahujan
    11 April 2012

    sahabat sejati?? ouch, entah saya yang terlalu gak peka atau memang saya gak punya sahabat sejati
    *kayaknya pilihan pertama lebih tepat deh

    -dilema orang koleris, gak ada yang tahan deket-deket apalagi bersahabat-😀

    • elfarizi
      11 April 2012

      Memang biasanya orang itu ada yang senang punya banyak teman tanpa memikirkan intensitas kedekatannya. Ada juga orang yang gak terlalu merhatiin kuantitas pertemanannya, meski sedikit yang penting cukup intens😀

      Rasanya saya yang kedua hehe😀

  10. archer
    11 April 2012

    Sahabat sejati memang akan selalu ada dalam suka dan duka🙂

  11. jayireng
    11 April 2012

    wah salut we sama habat lo brow.

    Cekcok wajar dlm setiap persahabatan, kembali pd dri kt masing2.
    Klo dah keyakinan kt sama, walau halang merintang tetap yg namanya sahabat ga bakalan hindar dri kt, wlaupun kt tak sepadan buat dy

    nice artikel sob, sory baru bisa mampir nih

  12. rahassia
    10 April 2012

    sadis banget tuh… judulnya.
    BACA DULU, BARUKOMENTAR DONG….

  13. rahassia
    10 April 2012

    linknya sudah dipasang dirumah saya, …..

  14. ardiansyah pango darwis
    10 April 2012

    wah keren
    semoga ga bersaing ya umurnya🙂

    • elfarizi
      11 April 2012

      Umur gak bakal bersaing, saya pasti jauh lebih muda dari dia! hehe😀

  15. mygreatzone
    10 April 2012

    sahabat bisa pulang bertengkat. jangankan sahabat, ,saudara saja sering kok ribut bahkan adu jotos. hehehehe

    • elfarizi
      11 April 2012

      Tapi, suka-sukanya juga gak kalah sering hehe😀

  16. freezerfananta
    10 April 2012

    Senang rasanya jika punya sahabat dekat…. Like this…😀

  17. niee
    10 April 2012

    sahabat itu saudara yang lupa diberi hubungan darah🙂

    sukses buat kontesnya😀

  18. Maya
    10 April 2012

    MasyaAllah… hawari, sosok yang berharga karena sahabat adalah keluarga yang kamu pilih. Persaingannya pasti seru sekali =)

    ————————
    sudah terdaftar sebagai peserta ya el
    terima kasih atas partisipasinya😀

  19. Lutfi Retno Wahyudyanti
    10 April 2012

    Eh, kok kalimat terakhirnya harus saya yang menang? Emang hidup itu pertandingan ya? Bukannya lebih seru kalau kita sama-sama jadi lebih baik?

    • elfarizi
      10 April 2012

      Sebetulnya itu kalimat untuk sahabat saya itu dan saya akhiri dengan pertanyaan, terima? Biar dia langsung baca semalam. Saya emang egoisnya gak bisa ketulungan, Mbak😀 Tapi, hakikatnya, kita berusaha jadi yang terbaik dari hari ke hari😀

  20. petapemikiran
    10 April 2012

    Like This Yoo…🙂

  21. Idah Ceris
    10 April 2012

    lebih tepatnya dia adalah saudara. .
    walaupun tidak 1 kandung tapi kesetiaan dan kasih sayangnya bisa di bilang lebih waw dari saudar sekandung.😉

    • elfarizi
      10 April 2012

      Setuju Idah … Komenmu kali ini paling mantaaaap deh😀

      • Idah Ceris
        10 April 2012

        teruus kalau udah mantap mau di apakan?
        di kasih permen sikil mas. . bhahahahaha.

      • Idah Ceris
        10 April 2012

        komenku masih masuk spam ya mas El?😦

        • elfarizi
          10 April 2012

          Kemarin sih iya, tapi ini langsung muncul kok😀

        • elfarizi
          10 April 2012

          Ternyata komen Idah memang masih masuk SPAM lho😀

          • Idah Ceris
            10 April 2012

            toloong dong mas. . .

            bantuin dong ah. . 😦

  22. uyayan
    10 April 2012

    sangat beruntung gan punya sahabat sebaik itu…

    semoga persahabatanya terus berlanjut sampai batas waktu yang tidak di tentukan…

  23. wahyu nurudin
    10 April 2012

    di duniaku yang sepi sendiri, sahabat sangat berharag. aku sangat ingin memilikinya. walau seperti utopia.

    • elfarizi
      10 April 2012

      Wah, kenapa pesimistis gitu, Bang? Pasti ada kok yang mau kalau dirimu mau … Gak di dunia nyata, dunia maya pun tak apa …😀

  24. Ping-balik: Bicara Tentang Eko | ekoeriyanah

  25. misstitisari
    10 April 2012

    justru terkadang dari perselisihan akan timbul saling pengertian yang baru el
    bahagia sekali kamu punya sahabat seperti itu, semoga langgeng ya persahabatannya, dan sukses buat kontesnya🙂

    • elfarizi
      10 April 2012

      Amin amin amin … 60% dari persahabatan kami memang perselisihan hehe. Makasih Mbak Tiesa😀

  26. Hijihawu
    10 April 2012

    Sangat dekat, tapi tetap bersaing juga, salut…

  27. bensdoing
    10 April 2012

    wahh…beruntung sekali ya El….ada hawari dalam perjalanan kisah hidup kamu🙂

  28. Amirullah Daeng Sibali
    10 April 2012

    tidak semua orang mampu melakukan seperti apa yang kalian lakukan. tetap menjaga persahabatan dalam persaingan (yang positif tentunya)

    • elfarizi
      10 April 2012

      Alhamdulillah, selalu terjaga dan mudah-mudahan selalu postif. Makasih, Daeng😀

      • Amirullah Daeng Sibali
        10 April 2012

        ya…

  29. Falzart Plain
    10 April 2012

    Lima tahun? Lama dong…
    Kalau rekor saya 9 tahun *nggak ada yang nanya*

    • elfarizi
      10 April 2012

      Wong kenalnya pas kuliah kok. Kalau dari SMA, pasti lebih lama lagi …

      Wiii, hebat donk udah 9 tahun.*kagak ada yang minta tanggapan*

  30. dhedhi
    10 April 2012

    subhanallah… makasih y sharingnya. semoga bermanfaat. aamiin

  31. eraha
    9 April 2012

    “Ada teman-teman di masa kecil kita. Ada teman-teman di masa remaja kita. Ada teman-teman di masa tua kita. Ada sahabat-sahabat untuk selamanya”
    ― Titien Wattimena, Mengejar Matahari

    “Don’t walk behind me; I may not lead. Don’t walk in front of me; I may not follow. Just walk beside me and be my friend.”
    ― Albert Camus

    “I would rather walk with a friend in the dark, than alone in the light.”
    ― Helen Keller

    • elfarizi
      9 April 2012

      Wah quote yang kedua ditulis di buku harian saya lho, Mas gede-gede di depannya. Like it so much😀

  32. ¤ HILAL ALIFI
    9 April 2012

    hiaaaah… lombane nikah, rek. ngerriii…😀

    • elfarizi
      9 April 2012

      Haha … udah keumuran kali, Mas … kalo anak SMP baru ngeriii hehehe😆

  33. Eko Wardoyo
    9 April 2012

    indahny persahabatan eh bukan indahny persaudaraan n_n

    • elfarizi
      9 April 2012

      Ya, hati-hati ‘n’-nya kelewat, entar jadi idah hehehe😀

      • Eko Wardoyo
        9 April 2012

        owowowowowo mbak idah dibawa bawa jangan jangan jangan jangan nich hahahahaha

  34. Danni Moring
    9 April 2012

    ya..sangat susah cari sahabat sejati..yang mengaku sih pasti banyak karena mudah dan lentur lidah kan? tapi pas pembuktiannya yang akan sulit..
    beruntung el punya sahabat sejati kyk dia🙂

  35. arie kusuma
    9 April 2012

    owh hawari itu sahabat setia ya.
    baru tau
    iya gan
    sahabat itu adalah keluarga yang kita pilih.
    tapi kalu keluarga adalah sesuatu yang kita terima.
    nice gan
    yang ntu ya foto sahabat agan?

    • elfarizi
      9 April 2012

      Yap …. iya itu fotonya. Sedangkan yang selimutan itu saya *kagak nanyaaa*:mrgreen:

      • arie kusuma
        9 April 2012

        nannya gan.
        tapi, lain kali aja.
        wkaka
        temen agan emng baik bgt
        jangan ampek mis komunikasi gan
        pengen kenal ama si sahabat nie
        ada blog kagak dia?

        • elfarizi
          9 April 2012

          Miskomunikasi sering kalo dulu hahaha, tapi kalo lost komunikasi insya Allah gak bakal pernah, gan😀

Silakan komentar apapun :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 9 April 2012 by in Apr 3, curhat, giveaway and tagged , , , , .

Arsip

%d blogger menyukai ini: