ELFARIZI

BERBAGI, BERCERITA.

Asinan Banci

Siang ini, cuaca di Cianjur panas banget. Parahnya, di rumah cuma ada satu kipas angin. Jadi, buat makenya harus berebutan dulu sama babeh. Siapa yang kalah, risiko mau gak mau harus rela ngipasin diri pake hihid. Tahu, kan hihid? Itu lho, kipas yang biasa dipake buat nanak nasi atau bakar sate. Dan, siang ini, pemenangnya adalah babeh! Oke, sebagai anak, saya harus rela mengalah.

Daripada menggalau ngipasin badan pake hihid, mending saya buka kulkas, masukin kepala sejenak. Wuiiii, sensasinya ruaar biasaaa. Tapi, gak lama-lama tentunya. Saya buka kulkas, hanya ingin memeriksa, adakah sesuatu yang bisa saya lahap? Mungkin, bawaan cuaca panas, mulut pengen nguyah melulu. Coba kalau hujan … lebih-lebih pengen ngunyah haha:mrgreen: Dan, mata tertuju pada buah bengkuang, mentimun, kol, dan tauge! Tuing, tuing, tuing, saya langsung dapat ide. Di saat cuaca panas kayak gini, tampaknya bakal mantap kalau makan yang gersang alias segar merangsang plus yang pedas-pedas. Ya, lebih baik saya bikin asinan banci!

Oke, saya akan kenalkan dulu siapa sih si banci, eh, asinan banci itu. Asinan adalah makanan yang terdiri dari sayuran atau buah-buahan yang dipadu dengan kuah cuka pedas. Sebagian orang menyebutnya petis. Tapi, di Cianjur, petis biasanya merujuk ke buah-buahan yang dipadu bumbu gula merah pedas yang kental. Asinan diklaim sebagai makanan khas Kota Bogor (bukan begitu, Bang Ben?). Namun, di Cianjur, asinan juga gak kalah populer. Biasanya, di sudut jalanan kota, ada penjual asinan.

Lalu, apa itu asinan banci? Apakah asinan yang suka jadi cowok pada siang hari dan jadi cewek pada malam hari? Tentu bukan. Apakah asinan yang disajikan khusus untuk banci? Masih bukan. Apakah asinan yang setelah memakannya, kita berubah jadi banci? Olala, jauh bener ya, mikirnya. Asinan banci itu salah satu jenis asinan. Bedanya dengan asinan biasa, asinan banci biasanya dilengkapi dengan suuk alias kacang tanah goreng dalam penyajian bumbunya. Ya, sutralah … daripada basa-basi, akika mau bikin asinan banci sekarang, ya. Capcus, ciiin … *ups, kok jadi rempong*

Bahan-bahannya sederhana:

  • Sayuran atau buah-buahan sesuai selera. Kali ini saya pakai bengkuang, mentimun, tauge, dan kol;
  • Cabai besar dan cabai rawit sesuai selera;
  • Garam;
  • Gula merah;
  • Asam jawa (sebagian orang menggunakan cuka untuk rasa asamnya);
  • Kacang tanah goreng (ini sesuai selera, gak pake juga silakan);
  • Air.

Cara buatnya juga gampang. Pertama, sediakan dulu bumbu asinannya. Ulek cabai, garam, gula merah, kacang tanah goreng, sama asam jawa di atas cobek. Kedua, siapkan sayuran atau buah-buahan dalam sebuah wadah. Silakan dipotong dadu, potong memanjang, potong ngasal, atau mau utuh berupa mentimun atau kol segundulan juga gak apa-apa. Gak ada unsur paksaan di sini. Ketiga, masukan bumbunya ke dalam wadah berisi sayuran atau buah-buahan itu lalu dicampur air.

Silakan aduk semua bahan dengan air secukupnya. Gak ada takaran khusus, yang penting semua bumbu (manis, asam, asinnya) sudah terasa pas dilidah deh, pokoknya. Gak jarang, saat sudah disajikan dalam wadah, saya masih menambahkan garam atau gula.

Sediakan cabai besar dan cabai rawit sesuai selera. Jangan lupa garam.

Setelah dicampur gula merah dan asam, hasilnya begini🙂

Siapkan juga buah-buahan atau sayurannya.

Taraaa ... ini dia, asinan banci. Mantap dimakan saat cuaca di luar puanaaas😀

Setelah asinan banci selesai disajikan, saya panggil massa seisi rumah: ibu sama babeh:mrgreen: Wah, rupanya asinan langsung dilahap. Meski ternyata kepedasan, tapi maknyus disantap saat cuaca di luar panas. Setelah puas menyantap asinan bikinan sendiri, saya perhatikan babeh yang masih lahap. Langsung saya lari merebut kipas angin dan mengambil alih kekuasaan. Saya bawa kipas ke kamar buat mendinginkan badan sambil nge-blog. Yes!

67 comments on “Asinan Banci

  1. Ping-balik: Nulis PR Aja « Catatan Elfarizi

  2. Ping-balik: Manisan « Catatan Elfarizi

  3. Ping-balik: mari Berdoa | ekoeriyanah

  4. bensdoing
    1 April 2012

    ngiler abizz nich ngeliatnya El…😀
    thx ya El buat linknya !

  5. freezerfananta
    1 April 2012

    hmmmmm pasti enak dan suuugerrrr,,,, jadi ngiler nih….

  6. stupid monkey
    31 Maret 2012

    wadoh, cabenya banyak banget sob, bisa moncor nanti, hehey😀
    terima kasih sob, atas perhatianya, memang dari kemarin blog saya kena masalah, maklum gratisan, heehy😀

  7. septiadiah
    31 Maret 2012

    hihi, bagus jg taktik merebut kipas anginnya😀

    • elfarizi
      31 Maret 2012

      haha, begitulah … yang ngajarin taktik ini juga beliau hehehe😀

  8. Dhenok Habibie
    31 Maret 2012

    saya bukan banci, sumpah. hahahhahaha *komen OOT*😛

    eL, hadiah spesial untuk kamu.. jangan gk dipajang!! wajib mah kalo kamu, hahahahhaha.. diterima yaa, http://gamazoe.wordpress.com/2012/03/31/seratus-cinta-gamazoe/

    • elfarizi
      31 Maret 2012

      Hahaha … jadi aku termasuk juga ya?
      hassek hassek hassek …
      #NP : Terimakasih Cinta – Afghan

      *ups … salah lagu, sorry😀

  9. bmaster23
    31 Maret 2012
  10. Yusuf Abdac
    31 Maret 2012

    Wah… ngareuy euy… pun istri oge urang cianjur. Bunikasih, warungkondang.

  11. izzawa
    31 Maret 2012

    bukannya malah tambah panas kalo makan itu???😆

  12. izzawa
    31 Maret 2012

    bukannya malah tambah panas kalo makan itu???????????????????? 😆

  13. Tebak ini siapa!
    31 Maret 2012

    Hihihi,
    mas bisa banget sih bikin makanan @_@
    Itu cabe banyak banget wawww

    • elfarizi
      31 Maret 2012

      waaah, itu kurang mantap lho pedasnya … masih ditambah rawit lagi😀

  14. Marczumi Rumambay
    30 Maret 2012

    wahhh… seger tuh kaya’a sob. jd ngiler.😳

    • elfarizi
      31 Maret 2012

      seger poll😀
      Ngilernya jangan di sini yaaa😀

  15. puchsukahujan
    30 Maret 2012

    wedeuh,, cara jitu buat jahilin si babeh
    bikinin asinan banci
    kalau di jogja ini disebutnya apa ya? *mikir

    • elfarizi
      30 Maret 2012

      haha …
      tapi di Jogja juga ada kan yang kayak begini?🙂

  16. ferdy
    30 Maret 2012

    mantep masbro… jadi kepengen nih

  17. ilhammenulis
    30 Maret 2012

    ngiler mode : on… :9

    • elfarizi
      30 Maret 2012

      jangan ngiler di sini, ya, gan hehehe😀

  18. uyayan
    30 Maret 2012

    gambar 1. gan Elf eta mutu pake nakol naon, nepi ka potong kitu ?
    gambar 5. mirip dengan asinan bogor ternyata asinan banci ini..

    • elfarizi
      30 Maret 2012

      haha … eta meuni awas kitu kang Uya haha😆
      murag eta teh kang😀
      yaaa, tapi di Cianjur disebutna asinan banci, Kang😀

      • uyayan
        31 Maret 2012

        waduh,,, untung teu ninggal jempol gan, lamun ninggal ciloko hahaha…

        oh kitu gan… maju terus eit salah lahap terus asinan bancinya gan sampai sampai sehah yang terakhir…

  19. arie kusuma
    30 Maret 2012

    jadi ngiler nie.
    pengen beli…
    tranfer bang.
    saya kasi cendol dah.
    plissssss……….
    wkaka

    • elfarizi
      30 Maret 2012

      haha … silakan unduh aja gambarnya ya, masukin ke hard disk, trus diprint, Bang …😆

      • arie kusuma
        30 Maret 2012

        trus… hvs yang uwda ada gambar saya makan ya?
        enak kagak gan??
        ngiler nieeee

        • elfarizi
          30 Maret 2012

          enak, jangan lupa hvsnya difoto kopi biar makin kerasa enaknya:mrgreen:
          emang di Bali kagak ada makanan sejenis ini ya?😀

          • arie kusuma
            30 Maret 2012

            agak mirip2. mungkin namanya yang beda ya..
            makanya aku kadang2 kaget. disana namanya gito, disini namanya lain. padahal sebernya sama. gito gan.

            • elfarizi
              30 Maret 2012

              ooo gitu ya, gan … hebat juga, makanan di sana bisa bikin kaget😀

              • arie kusuma
                30 Maret 2012

                wkakaka
                itu kiasan belaka kang.
                wkakaka
                :p

                • elfarizi
                  30 Maret 2012

                  Wah, itu lebih keren lagi donk … kiasan di sana bisa ngangetin. Btw, kiasan dinding atau kiasan ruang tamu?
                  (#itu hiasaaaaaaaan)

  20. Eko Wardoyo
    30 Maret 2012

    wau kembali dgn kreatifitas anak kosan y hehee itu nama dari sonony ato buatan bang el sendiri n_n rasany beda gak y sama asinan bogor slurppp (ngiler)

    • elfarizi
      30 Maret 2012

      saya bikinnya di rumah lho, bukan di kos hehe😀
      emang namanya begitu bang Eko, asinan banci hehehe😀
      kalau kata Cianjur, enakan asinan Cianjur hahaha😆

      • Eko Wardoyo
        31 Maret 2012

        wahahahahahaha begitu ya semakin penasaran, dimana nyari asinan cianjur dijakarta ya <– ada asinan bogor apa tinggal dikasih kacang goreng aja ya bang el /(^o^")??????

        • elfarizi
          31 Maret 2012

          Iya, asinan bogor aja tinggal kasih kacang goreng, jadi deh banci, eh, asinan banci hehehe ..😀

          • Eko Wardoyo
            31 Maret 2012

            kenapa namanya banci bang el
            ci : cinajur
            ban : apaaaaa <—- ??????

            hehehehe

            • elfarizi
              31 Maret 2012

              Wah kalau itu saya belum tahu, Bang Eko … belum dilakukan penelitian mendalam mengenai penamaan banci itu … Mungkin suatu saat saya teliti dulu yaaa hihihihi😀

  21. Danni Moring
    30 Maret 2012

    wuihhh enak tuh kyknya..kirim ke pamulang el :D…hehehe bener tuh kata falzart..berbakat sepertinya si el ini😀

    • elfarizi
      30 Maret 2012

      Hahaha … boleh lah, kalau nanti jalan ke Serpong😀
      *gak janji denk*

    • Danni Moring
      30 Maret 2012

      ehurheuhrue….via email aja deh kalau gitu..

      • elfarizi
        30 Maret 2012

        Ya, udah unduh aja ya gambarnya … sebanyak-banyaknya … sepuas-puasnya haha😆

  22. Falzart Plain
    30 Maret 2012

    Jadi teringat sama makanan darurat… Bang El ini berbakat, ya….😀

    • elfarizi
      30 Maret 2012

      Kalimatmu masih terputus, Brader … berbakat jadi apa dulu? Jangan-jangan jadi penjaja makanan hahaha😆

      • Falzart Plain
        30 Maret 2012

        Padahal persepsiku sudah kujadikan seperti orang normal. Ckckckck… Persepsinya Bang El yang aneh nih… Ya, maksud kalimatku itu berbakat masak lah…

        • elfarizi
          30 Maret 2012

          Widiiih, “seperti” orang normal …:mrgreen:
          Oke, terima kasih, Sahabat😀

          • Falzart Plain
            30 Maret 2012

            Jadi mau saya keluarkan gaya ngaco asli saya nih?

            • elfarizi
              30 Maret 2012

              Eit eit eit … sabar, Daeng!😛
              Jangan ikutan rusuh kayak yang demo hehehe😀 *peace*

        • Falzart Plain
          31 Maret 2012

          Oh, itu ekspektasinya ya? OK. Bisa saya buktikan kalau saya mau… *eh?
          #tunggu dulu rasanya ada yang aneh

        • elfarizi
          31 Maret 2012

          Happasi Daeng ni …
          Iya, dirimu yang aneh. Saya sih … lebih aneh lagi haha😆

          Selamat ber-weekend ria yaaa😀

  23. fiaz
    30 Maret 2012

    ikut makan dong,.

    • elfarizi
      30 Maret 2012

      wkwkwkwk … jangan kesinggung sama judul tulisan gw ya? hihi😆

      • fiaz
        30 Maret 2012

        kenapa tersinggung, GUE BUKAN BANCI WOY, cuma alergi banci aja, huahahaha

        • elfarizi
          30 Maret 2012

          hahaha … oke-oke percaya *kepaksa*

  24. Ely Meyer
    30 Maret 2012

    belum pernah makan asinan aku😛

    kayaknya kamu cowok idaman deh buat mereka mereka yg masih single, soalnya pinter masak dan bikin apa saja yg bikin ngiler kayak gambar di atas🙂

    • elfarizi
      30 Maret 2012

      Haha … Mbak El ngegombal aja nih sore-sore:mrgreen:
      Jangankan di Jawa, di Sunda aja, gak semua kenal asinan lho, Mbak😀
      Ayo, segera dibikin di Jerman😀

      • Ely Meyer
        30 Maret 2012

        ngegombal ? khan ada buktinya tuh, kemarin2 bikin nasi goreng enak, sama pudding, sekarang bikin asinan, itu mah kenyataan oiiii, diterima saja, nggak usah malu malu😛 …. siapa tahu yg antri daftar banyak ntar😀

        • elfarizi
          30 Maret 2012

          hahaha😆
          asyik asyik … dipromosiin😀

        • Ely Meyer
          30 Maret 2012

          gitu dong akhirnya ngaku😛
          semoga yg ngantri banyak deh setelah ini, atau perlu kupromosikan di blogku ?😀 *kidding*

          • elfarizi
            30 Maret 2012

            Haha … nggak segitunya juga kali, Mbak😛
            Wah … dikira akunya BBM kali ya, bikin orang ngantri hahaha😀

        • Ely Meyer
          30 Maret 2012

          BBM ?😀

          cowok idaman mah banyak yg ngantri El, terima saja kalau nantinya memang mengular antriannya😛

Silakan komentar apapun :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 30 Maret 2012 by in kuliner, Mar 1 and tagged , , , , , .

Arsip

%d blogger menyukai ini: