ELFARIZI

BERBAGI, BERCERITA.

Kuliner Kenangan

Dua pekan ini, banyak hal baru yang saya alami. Selain mengatur jadwal aktivitas baru, yang semula hanya bekerja menjadi kuliah plus kerja, saya juga tinggal di tempat yang baru. Tetap di Kota Bandung, sih. Tapi, kali ini lebih “ngota” hehehe. Bagi Sahabat yang belum pernah ke Bandung atau cuma sesekali ke Bandung, mungkin Bandung itu identik dengan tempat-tempat seperti Dago, Cihampelas, Setiabudi, Lembang, dan daerah-daerah “kota” lainnya? Nah, sekarang saya tinggal di Dago.

Sebelumnya, saya tinggal di Cibiru, wilayah Bandung paling timur. Daerah gersang, panas, dan gak banyak pusat hiburan. Namun, tidak mudah bagi saya untuk meninggalkan Cibiru waktu itu. Wajar saja, saya sudah tinggal di Cibiru selama 5 tahun! Tuh, gimana gak berat meninggalkan tempat yang sudah saya anggap sebagai rumah kedua, selain rumah di Cianjur? Banyak hal yang sudah saya tinggalkan, di antaranya tempat-tempat yang biasa saya kunjungin, baik sekadar cari makan siang atau nongkrong di malam hari. Beberapa yang paling berkesan bagi saya, yaitu:

1. Ayam si Teteh

Itu sih bukan nama warungnya. Meski udah langganan bertahun-tahun, saya sama sekali gak pernah merhatiin apa nama warungnya. Gak peduli, toh, saya mau makan ayamnya, bukan nama warungnya. Yang jelas, karena yang melayani itu teteh-teteh, jadi saya manggilnya “ayam si teteh”. Meski, ungkapan tersebut masih ambigu alias punya makna ganda. Bisa jadi ayam di tempat si teteh atau ayam punya si teteh. Pusing, kan? Abaikan.

Gerobak si Teteh. Tetehnya mana, ya?

Anak Kos : Makan gak usah pakai piring🙂

Warung Ayam si Teteh ini letaknya di Jalan Manisi. Yang disajikan itu ayam goreng, ayam kriuk, ayam penyet, usus, ati, dan ampela. Selain itu, ada juga makanan lain, seperti burger, pempek, dan es krim goreng. Favorit saya, ayam bakarnya! Disebut berkesan karena hampir setiap makan siang dan sesekali makan malam, saya biasa mampir ke si teteh.

2. Ikimura

Ini tempat kedua yang meninggalkan kesan mendalam <— lebay. Sesuai namanya, Ikimura menyajikan masakan Jepang. Tapi, sebetulnya saya lebih menganggapnya itu gabungan dua kata, Iki (bahasa Jawa, artinya ini) dan Mura (alias murah). Letaknya di Jalan AH. Nasution. Saya suka makan di sini karena bisa mencicipi masakan Jepang tapi masih setaraf kantong mahasiswa Cibiru, eh, Bandung. Ada Teriyaki, Yakiniku, Boolgogi, Chicken Katsu. Dan, yang paling saya suka adalah Tempura Udang. Selama bertahun-tahun di Cibiru, saya sempat mengalami tiga kali kenaikan harga di Ikimura. Meski naiknya juga gak mahal-mahal amat, paling cuma 500 perak:mrgreen:

Tempura udang favorit. Masakan Jepang, harga Cibiru. Cuma Rp9.500 perak:mrgreen:

Ikimura boleh dibilang sudah ada sejak saya tinggal di Cibiru. Dulu masih berupa kedai kecil, namun saat saya meninggalkan Cibiru, kiosnya jadi lebih besar. Di Ikimura, saya biasa makan sama teman-teman atau sang mantan. Bahkan, saat saya kembali mengalami masa-masa single (#curcol #abaikan), saya suka napak tilas ke Ikimura😀

3. Surabi Bundaran

Ini lebih spesial lagi bagi saya. Biasanya saya hanya menghabiskan waktu sendiri di Surabi Bunderan. Saya menyebutnya Surabi Bunderan karena surabi ini bertempat di bundaran Cibiru. Saya biasanya nongkrong sendiri sambil merenung di malam hari. Sambil ngobrol-ngobrol sama si mang penjualnya, lihat bundaran Cibiru yang cukup sepi di kala malam, atau lihat Pak Polisi yang suka razia tiba-tiba di malam hari. Biasanya kalau mumet masalah kuliah atau pekerjaan, saya lari ke masjid Surabi Bundaran. Menikmati surabi oncom telurnya dengan sausnya yang khas. Tak jarang, saya hanya beli surabinya dan makan di kosan.

Surabi Bundaran Cibiru. Asyik nongkrong di malam hari.

Surabi telur ... sausnya itu lho, gersang ... segar merangsang:mrgreen:

Sebetulnya, masih banyak tempat yang memiliki banyak kesan bagi saya di Cibiru. Tapi, ketiga tempat itu cukup punya arti sendiri bagi saya dan berat untuk ditinggalkan saat itu. Loh, kok, tulisan tentang kuliner tapi agak lebay, ya? Maaf, ya, mungkin pengaruh Endless Love yang saya dengar saat ini hahaha:mrgreen:

57 comments on “Kuliner Kenangan

  1. Ping-balik: Ibu Kos « Catatan Elfarizi

  2. Iqoh
    16 Maret 2012

    Tapi belum lengkap klo ga ada lumpia basahnya….lumpia basah jatinangooorr…qiqiqi…

  3. riez
    15 Maret 2012

    Asli bikin ngilerr Surabi telurnya

  4. lea
    15 Maret 2012

    eh eh eh??apa-apan ini saya terdampar disini ketika cacing2 jalang sedang menggeranyangi perut saya?? :lebay

    btw, kpn2 mampir ah ke sana…kepengen ayamnya si teteh,,sama ga kaya ayamnya si tante (tempat saya tinggal ada resto yg menunya khas ayam namanya Tentene)😀

  5. misstitisari
    14 Maret 2012

    ohh kang fariz teh ti Cianjur
    surabi telur nya menggoda *sruuupp*

  6. Ely Meyer
    14 Maret 2012

    belum pernah nyoba yg surabi telur, kayaknya di kampungku sana nggak ada yg jualan deh, adanya serabi manis🙂

  7. Tina Latief
    14 Maret 2012

    mantafff mas el…
    kalau sambalnya juga hots makin mantaf lagi…

  8. FebriBlogs60v5
    14 Maret 2012

    kunjungan sore bro …. maen dimari yah …. kunbal nya ya … ada game nih http://ebizosys94.wordpress.com/2012/03/14/saatnya-menjadi-detective-ncis-tv-series-by-gameloft/

  9. Allisa Yustica Krones
    14 Maret 2012

    Hihihi..iya nih, cerita soal kuliner tapi kok nadanya mellow😀

  10. puchsukahujan
    14 Maret 2012

    ikimura-nya dahsyat nih, merangsang air liur
    *fans berat udang😀

  11. kabutpikir
    14 Maret 2012

    Aku pernah tuh makan surabi yang di bunderan cibiru… lumayan sih….

  12. bensdoing
    14 Maret 2012

    ayam si teteh kyknya model ayam bakar gitu ya El….
    mantabs nich…..lapeeerrrr….😀

    • elfarizi
      14 Maret 2012

      iya, Bang … ayam si teteh bisa dibakar, digoreng, dipenyet, de el el haha😀

  13. Rio
    14 Maret 2012

    Wah kapan ya bisa ke bandung,,,
    sepertinya asik tuh hehe,,

    • elfarizi
      14 Maret 2012

      Ditunggu, Bang … kalau liburan nanti😀

  14. rowmanisme
    14 Maret 2012

    kalo disini ada serabi duren sob, enak banget tapi harganya lumayan , hehe

    • elfarizi
      14 Maret 2012

      Di sini juga ada, Bang. Sayang, gak doyan. Apalagi baunya😀

  15. eraha
    14 Maret 2012

    nice referensi sob,,,jadi laper ni,,,
    sayang ane di jogja,,,hehehe

    • elfarizi
      14 Maret 2012

      haha … di Jogja juga pasti banyak kuliner maknyus ya😀

  16. Falzart Plain
    14 Maret 2012

    Aduh, promosi kuliner nih… Memang kalau sudah berkesan seseorang secara sukarela bisa mempromosikan sesuatu…

    • elfarizi
      14 Maret 2012

      Iya, Zart … barangkali dirimu ke Bandung, nanti bisa coba😀

  17. Marczumi Rumambay
    13 Maret 2012

    walahhh, di bandung toh sob. klo nti ane balik k Bdg, maen lah k tmpat ane d gerlong.😀
    tu mkann’a ky’a enak2 bgt y… :ngiler:

  18. Cecep Hasanudin
    13 Maret 2012

    Kalo si emang gorengan depan kosan, lupa, ya?

  19. sulunglahitani
    13 Maret 2012

    waah, saya pengen juga mencoba semuanya
    btw, yg nomor 1 benar2 menimbulkan makna ganda😀

    • elfarizi
      14 Maret 2012

      hahaha … tergantung memaknainya, Bang😀

  20. bluethunderheart
    13 Maret 2012

    koq blue tak diajak c……wkkwkw
    salam hangat dari blue

    • elfarizi
      13 Maret 2012

      Makanya lekas ke Bandung, Blue …
      Kalau ke sini, saya traktir ayam goreng sebiji hehe😀

  21. zilko
    13 Maret 2012

    Display ayamnya bikin ngiler! Kalau aku pasti memilih yang digoreng dah, hahaha😛 Masakan ayam ala Bandung (Jawa Barat gitu mungkin ya) memang khas dan enak, hehehe😛

    • elfarizi
      13 Maret 2012

      Wah, lebih doyan ayam goreng ya … Pasti donk, Bang. Bandung tea atuh … hehehe😀

  22. ardiansyah pango darwis
    13 Maret 2012

    telor dadarnya el bikin ngiler🙂

  23. cristianaja
    13 Maret 2012

    salam kenal ya bro,,,,,,,,,,,,,
    jangan lupa kunjungi balek ya,,,,,,,,,
    https://cristianaja.wordpress.com

  24. Eko Wardoyo
    13 Maret 2012

    jiahhhhh merenung apa ya /(^.^”)???? mikir mikir mikir <- lupakan

    wahhh jajanannya enak enak tuch – serabinya menggoda banget d(^o^")

    • elfarizi
      13 Maret 2012

      Merenung segala macam, Bang … emang saya hobinya gitu kok. Sendirian pula hehehe😀
      Enak itu perlu yang penting harganya sesuai kantong mahasiswa hahaha😀

  25. zalzzz
    13 Maret 2012

    Waduh,,anak kos makannya kok enak2 gitu,,,,pemborosan tu namanya wokwokwokwok
    biasanya sih anak kos,,makannya intel(indomie telor😆 )

  26. zalzzz
    13 Maret 2012

    Waduh,,anak kos makannya kok enak2 gitu,,,,pemborosan tu namanya wokwokwokwok
    biasanya sih anak kos,,makannya intel(indomie telor :lol:)

    • elfarizi
      13 Maret 2012

      Tapi harganya sesuai mahasiswa kok … indomie telor —> 4.000, ayam bakar plus nasi diatas cuma —> 6.500😀 Beda dikit tapi kenyaaaang😀

  27. Tebak ini siapa!
    13 Maret 2012

    Oalah, surabi itu ada yang asin yah.
    Hihi baru tau xD

    • elfarizi
      13 Maret 2012

      Bahkan lebih asin … di sini banyak rasanya, Una … ada keju, mayonaise, pedas, abon, de el el😀

  28. rezaslash
    13 Maret 2012

    wah, jadi pengen makan makanan favorit anak kos sana nih mas.. ajak donk skali – skali…
    klo nggak tukeran tempat kos yuk..hehe🙂

    • elfarizi
      13 Maret 2012

      Hahaha … boleh-boleh. Kalau liburan, maen aja ke Bandung, Bang … Orang Medan kan biasa merantau hehehe😀

      • rezaslash
        13 Maret 2012

        haha, bisa – bisa mas…
        Pengennya gitu sih, kayaknya dah tipikal orang medan gemar merantau.. horas bah.. hahah😀

        • elfarizi
          13 Maret 2012

          Tipikal orang Sunda sebaliknya … makanya saya hanya bertugas menjamu tamu sebaik mungkin hahaha😆

  29. @brus
    13 Maret 2012

    Wahhhh …. ngilerrrr nihh ….😛
    apalagi dengar … “ayam si teteh… Ikimura … kalau kata itu disambung artinya pasti beda ya ..? … nicee

    • elfarizi
      13 Maret 2012

      Hahaha … saya gak kepikiran sampai sana, Mas😀
      Emang apa artinya, Mas?

  30. Idah Ceris
    13 Maret 2012

    saya paling suka tempura.

    haduuh, gimana ini?
    tanggungjawab udah buat ngileeeeer.😦

    • elfarizi
      13 Maret 2012

      Ya … deh, saya tanggung jawab …
      Unduh aja itu gambarnya ya, terus diprint hahaha😆

      • Idah Ceris
        13 Maret 2012

        tegaaaaaaaaa. . .😦

        • elfarizi
          13 Maret 2012

          hehehe …. jangan nangis ya, Idah … malu sama adekmu hehe😀

        • @brus
          13 Maret 2012

          iya yaaa … kok tegaa …😛

Silakan komentar apapun :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 13 Maret 2012 by in curhat, kuliner, Mar 2 and tagged , , , , , .

Arsip

%d blogger menyukai ini: