ELFARIZI

BERBAGI, BERCERITA.

Ini teh Susu

(Sumber gambar: http://blogs.itb.ac.id)

Mamah saya mah gak suka minum kopi teh, sukanya teh minum teh.

Sahabat semua paham dengan kalimat lisan di atas? Itu pakai bahasa Indonesia, lho. Namun, yang mengucapkannya sudah barang tentu bukan orang Batak atau Bugis, tapi orang Sunda. Kalimat di atas tentu akan dimudah dipahami jika penulisannya begini:

Mamah saya mah gak suka minum kopi teh, sukanya teh minum teh.

Kata yang ditulis miring (italic) menandakan bahwa kata tersebut bukanlah bahasa Indonesia melainkan bahasa asing, dalam hal ini bahasa daerah (Sunda). Kata-kata seperti téh dan mah, dalam bahasa Sunda disebut kecap panganteb atau kata penegas. Sebagaimana namanya, kecap panganteb ini berfungsi ngantebkeun atau menegaskan bagian kalimat tertentu.

Dalam bahasa lisan (verbal), kehadiran kecap panganteb ini sulit dihindarkan. Mungkin, Sahabat semua masih ingat dengan salah satu iklan produk susu. Si anak bilang, “Iya, ini téh susu.” Sedangkan anak lainnya kebingungan, “Susu kok dibilang teh?” Nah, loh …

Beberapa waktu lalu, seorang teman dari Samarinda bertanya, apa arti téh dalam bahasa Indonesia? Waaah, itu pertanyaan yang sama sekali gak penting untuk dijawab. Karena hanya akan menyita waktu meski sepersekian detik. Disebut gak penting, karena menurut saya téh tidak ada artinya dalam bahasa Indonesia. Ya, kecuali, suatu saat linguis melakukan penelitian lebih mendalam lagi tentang hal ini.

Yang jelas, kecap panganteb itu sulit untuk dipisahkan dari komunikasi orang Sunda, meskipun menggunakan bahasa Indonesia. Karena tidak ada artinya itu, maka kecap panganteb sebetulnya bisa dihilangkan dalam kalimat. Misalnya, “Kamu téh cantik, sayang bau badan”. Téh dalam kalimat tersebut dapat dihilangkan tanpa mengubah makna.

Selain téh, masih banyak kata-kata bahasa Sunda (baik yang termasuk kecap panganteb atau bukan) yang tidak ada artinya dalam bahasa Indonesia namun sulit dihindarkan untuk digunakan dalam komunikasi lisan. Seperti kata-kata berikut:

  1. Mah, contoh: “Ih, saya mah gak tahu …”
  2. Atuh, contoh: “Kamu jangan malas atuh, biar pintar …”
  3. Ketang, contoh: “Ini uang buat kamu. Eh, enggak jadi kétang …”
  4. Da, contoh: “Enggak tahu da saya mah …”

Gimana, adakah kata semacam yang kecap panganteb dalam bahasa daerah Sahabat semua?

101 comments on “Ini teh Susu

  1. paupau
    9 Desember 2012

    menurut saya, kata “teh” itu bisa diganti dengan kata “tuh” jika di Bahasa Indonesiakan, contoh: saya teh nggak bisa nyetir motor >> saya tuh nggak bisa nyetir motor..🙂
    terus, kalo:
    “mah” = sih
    “atuh” = dong
    “ketang” = (nah ini saya juga masi mikir xD bisa sih, diganti “ding” tapi itu juga kayanya bukan bahasa Indonesia yang baku xD )
    “da”= (masi belum nemu xD )
    just speak up my thoughts😀

  2. tehimas
    1 Agustus 2012

    kalo di daerah Banten.. kata penegasnya yang paling terkenal geh dan tah hahaha atuh dan mah juga make

  3. Danik
    25 Juli 2012

    Menarik🙂

    saya org Jawa yg baru sethn di Bamdung. seblmnya 13 thn di Kaltim, sering berinteraksi dg org Banjar n ketemu jg dgn.. apa td istilahnya?
    misal
    ai : kada nyaman Bu ai (tdk enak Bu)
    na/pang: tolong antar na/pang
    konon pang tanda dia sdh lbh ‘memBanjar’ lagi🙂
    lah : terimakasihlah
    dan yg sy palinh suka dan sampe skg terbawa dlm cara bicara sy: kah
    baru pulangkah?
    iyakah?
    walau blm tentu bermaksud bertanya. tp sy suka krn utk bertanya jd sangat efektif🙂

  4. Putra Sunda
    24 Juli 2012

    pokona mah nu disebatkeun diluhur teh nyaeta ciri khas nu unik ti urang sunda…teras hese pisan mun ngaleungitkeunnana….

  5. Jahar Hart
    28 Mei 2012

    Za… Keren Euy… hayu tukeran link

  6. Muhammad Amirullah
    20 Maret 2012

    MELIhat gambar di atas saya jadi teringat dengan jargon “SIAPA BILANG ORANG MAKASSAR TIDAK BISA BILANG HURUF n, TIDAK MUNGKING”

    SAlam kenal ya…

  7. ibnu ch
    9 Maret 2012

    kalo saya mah baru dengar and tahu ada tambhan KETANG..hiiiii

  8. rahmat firdaus
    8 Maret 2012

    dalam bahasa minang ada juga kata-kata yg sulit bahkan tidak bisa dipadankan dengan bahasa Indonesia.
    itulah khazanah kang.

    *kunjungan dari rang minang🙂

  9. ibnufajarisme
    7 Maret 2012

    Here We Are, INDONESIA! Hebat! ak juga punya bahasan menarik soal ini. Dilanjutin yak, jgn sampe punah…
    http://forinsight.wordpress.com/2011/12/24/169-bahasa-etnis-terancam-punah-berasa-ditampar/

  10. Alex©
    7 Maret 2012

    Hehehe… tapi dari dulu aku suka sama dialek dan bahasa sunda. Lagian di Aceh, orang sunda dan banten itu, bersebab jalur sejarah, dianggap saudara di Jawa. Makanya dulu waktu konflik di Aceh, paling mudah diterima masyarakat itu tentara dari Jawa Barat. Cocok sama kultur di sini😀

  11. Phie
    7 Maret 2012

    dalam bahasa Indonesia tidak baku kita juga bisa menjumpai “sih” “kok” “lho”
    hm, apa itu sama dengan kecap panganteb?

  12. rumahniefha
    6 Maret 2012

    sunda gitu loh! :)D

  13. satusatuen
    6 Maret 2012

    gitu ya..seperti kebanyakan orang. Biasanya agak kesulitan ngomong Bahasa Indonesia, kecampur campur. Bahasa Indonesia plus bahasa daerah. (sering gitu soalle..hehehehe)

    • elfarizi
      6 Maret 2012

      Iya, itu teh udah kebiasaan <— tuh, kan? hehe🙂

  14. tuaffi
    6 Maret 2012

    di sini ada gag ya.. hehe.. perasaan kok gag pernah denger gitu. Tapi kalau sunda memang populer banget ya penambahan ‘teh, mah, atuh’ itu..😀 sering denger dari temen soalnya.

    • elfarizi
      6 Maret 2012

      Iya, itulah Sunda … sesuatu hehehe😀

  15. dedekusn
    5 Maret 2012

    Sabagai USA (Urang Sunda Asli) memang rada sesah ninggalkeun kecap “mah” sareng “teh” teh… tuh kan aya teh an …

    Tapi tetep kanggo abdimah basa Sunda teh Hebring SUhebring, top markotop, & mantap surantabs… hehe…

    Eh kang, mahasiswa UIN Bdg nya? Salam baktos ti Alumni-na🙂

    • elfarizi
      5 Maret 2012

      Sae atuh nyaaa🙂

      Salam baktos oge. Mung abdi ge sami, tos janten alumni hehe🙂

  16. DeRie
    5 Maret 2012

    OOOOhhh begonjrooong tohh.. heeheee🙂

  17. Ilham
    5 Maret 2012

    teh itu kayak ekspresi “sih” dan semacamnya ya.. ohya, mas apa beda bahasa sunda sama bahasa banten? ataukah sama?😀

    • elfarizi
      5 Maret 2012

      Setahu saya, bahasa Sunda itu bahasa ibunya suku Sunda. Dipakai di mayoritas wilayah Jawa Barat dan Banten. Tapi, di Banten ada juga yang bicara bahasa Jawa. Saya pikir, tidak ada Bahasa Banten. Yang ada Bahasa Sunda logat Banten, yang cenderung lebih kasar dibanding bahasa Sunda lainnya🙂

      • Ilham
        5 Maret 2012

        oh gitu.. emak saya orang jawa tapi lancar banget bahasa sunda-banten. di kampungnya dulu banyak orang banten. kalo emak saya ngomong sunda lancar banget kayak marcela zalianti waktu kesurupan di film jaelangkung.😆 saya nggak ngerti blas.

        • elfarizi
          5 Maret 2012

          Hahaha … kurang asem bener, ya!😛
          Berarti jagonya bahasa Batak, donk, ya?

          • Ilham
            5 Maret 2012

            jiakaka. apalagi bahasa batak mas… saya ini orang zzawa, bah.

            • elfarizi
              5 Maret 2012

              Oh oh oh, kok … aku mikirnya bang Ilham nih orang Batak, ya? Tak kira tinggal di Medan, hehehe😀

              • Ilham
                5 Maret 2012

                memang di medan. isitlah sini pujakesuma (putra jawa kelahiran sumatra). hahasek.😀

  18. budiastawa
    5 Maret 2012

    Saya mah orang Bali. Bukan orang Sunda, atuh… Tapi dulu teh Bali disebut Sunda Kecil… Nggak ngerti kenapa begitu… he he he he…

    Mas Reza, dalam bahasa Sunda juga ada kata ‘nyak’. Itu artinya apa mas?

    • elfarizi
      5 Maret 2012

      Nyak artinya iya … memang di sana apa artinya, Bli?🙂

  19. arie kusuma
    5 Maret 2012

    elfaizi … pendidikan bahasa sundanya mantep.
    tadi agan bilang TEH itu bahasa asing. bahasa asing dari mana gan?

    • elfarizi
      5 Maret 2012

      Asing karena di luar bahasa Indonesia, Bang🙂

      • arie kusuma
        5 Maret 2012

        hehehe
        kirain bahasa asing gan
        oke mantep
        saya suka denger kalo orang sunda ngomong. halus bgt bawaannya.

        • elfarizi
          5 Maret 2012

          Palagi kalau cewek yang ngomong … beuh …😆

          • arie kusuma
            5 Maret 2012

            beh… sangat cantik sekali
            aku suka kalo nonnton2 ftv kalo di bandung. ramah2 orangnya ya.

            • elfarizi
              5 Maret 2012

              Waaah, jangan ditanya kalau urusan ramah … coba aja kalau ada orang pinggir jalan terus Bang Arie lempar pake kulit pisang. Entar, dikeroyok massal lho hahaha😀

              • arie kusuma
                5 Maret 2012

                wkwkwkw
                ane lempar isinya aja. kagak mau kulitnya.kagak mau di gebukin
                hhehehe
                kalo kulitnya buat kang elfarinzi aja. ayo kang turun jangan gelantungan disana. wkwkw bcnda kang xixi

        • elfarizi
          6 Maret 2012

          Kalau lempar isinya bukan cuma digebukin, Gan … tapi agan berpotensi diarak keliling kampung sebelum dikeroyok *wiiii, anarkis banget, ya hehe*

          Saya gelantungan kan nolongin agan tuh ekornya nyangkut … tunggu bentar, ya ….😛

          • arie kusuma
            6 Maret 2012

            cepet El. keburu mampus ane.
            tolong tolong
            hizk hizk.. sukanya kroyokan nie. awas kalian ya. hizk hizk… saya bilang ama bapak saya. hizk hizk.
            kalo mau mukul. tuh pukul yang lagi gelantungan diatas. jangan ane. wkwkw

  20. Jussmelon
    5 Maret 2012

    saya asli orang jawa atuh..
    hahaa…

  21. Aditya Eka Prawira
    5 Maret 2012

    Hahha .. Lucu juga

  22. basazand
    5 Maret 2012

    leres gan Elfa simkuringteh pan urang sunda asli 100% memang sangat sulit untuk menghilangkan kata kata terutama “mah” dalam berbahasa indonesia dan belakangan justru muncul kata “atuh/ateuh” sering juga terbawa dalam berbicara bahasa Intonesia..
    tapi biarkan saja atuh mengalir apa adanya ..asal jangan merubah dari apa yang kita mau sampaikan …. kedah satuju gan, nyah !!!!
    hehe hilap salam tepang,, ti simkuring …

    • elfarizi
      5 Maret 2012

      sumuhun, leres pisan, gan …
      hatur nuhun tos ameng ka lapak sim kuring😀

  23. Idah Ceris
    5 Maret 2012

    cerita ini diilhami dari iklan “ini teh susu”😀

    baguuuus. . .baru tauuu akku kak bahasa2 sepeti diatas. . .😉

  24. maminx
    5 Maret 2012

    wah orang sunda, sami kang. saya logat kental ma sunda nih. jadi kalau ngobrol2 ma orang udah bisa menebak saya dari mana. saya mah asli sunda😀 teteh saya teh orang sunda oge, hehe

  25. sarungbiru
    5 Maret 2012

    Wah… tulisan bagus nih buat temen saya yang tugas di bandung….
    izin share ke tmn saya gan….

  26. Gandi R. Fauzi
    5 Maret 2012

    Menarik, tapi susah rasanya bahasa sunda, hehe…

    • elfarizi
      5 Maret 2012

      wah, kata orang Sunda lebih susah bahasa Jawa atau Bali hehehe😀

  27. Eko Wardoyo
    5 Maret 2012

    HMMMMmmmmmm kalau saya apa ya :)… nggeeh, mbohhhh, kalau jawa sepertinya hanya logatnya bang… saya juga kurang mengerti bahasa jawa walaupun bapak saya asli jawa hahahaa

    ibu saya china saya juga gak bisa bahasa cina,🙂

    • elfarizi
      5 Maret 2012

      wah … ternyata blasteran ya hehehe😀
      percaya kok bang Eko gak bisa bahasa Cina, bisanya Korea kan? hehehe😀

  28. puchsukahujan
    5 Maret 2012

    roaming…
    kulo mboten ngertos artosipun boso sunda menika…😀

  29. bensdoing
    5 Maret 2012

    atuh iyeue teh postingan nyarios bhs sunda nya……beneran iyeu teh….😀

  30. sedyadiasto
    5 Maret 2012

    “aja kaya kue oh” hehe kata oh nya itu penguat hehe

    salam kenal
    mengajak tukar link^_^

    • elfarizi
      5 Maret 2012

      itu bahasa apa, Mas?
      Oke, mas … saya pasang link-nya ya sekarang🙂

  31. susu segar
    5 Maret 2012

    wah ndak ada klo dibahasa ku. . . . serba asing kayaknya. .

    kunjungan malem ahhh. . . da orangnya ndak ya. . .

    • elfarizi
      5 Maret 2012

      Bang … aku gak bisa kasih komentar lho di sana!!! Apa karena capcay, ya? Soalnya setelah ganti browser, tetep aja gak bisa komen😦
      Udah lama lho, masalahnya …

      • yisha
        5 Maret 2012

        bener, aku juga ngga bisa ngomen di sana….
        ohya, postmu lucu bangettttttsssss….. aku sukaaaaaa bahasa… 😀

        • elfarizi
          5 Maret 2012

          Iya, nih Yisha … mungkin masalah capcay😀

  32. stupid monkey
    4 Maret 2012

    eh ada kecap .. hehey😀
    saya teh sukanya kecap kecap, asik kang teruskeun lah pokok na mah😀

    • elfarizi
      5 Maret 2012

      kecap apa, bang? kecap ABC atau Sedaaap? *loh

  33. rizalean
    4 Maret 2012

    sudah atuh jangan suka pitnah ginih. kita cari obrolan lain ajah yang berfahala…🙂

    still, i am proud to be a sundanese😛

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      Sure! So am I, Bro … hayu urang mumule basa Sunda🙂

    • Marczumi Rumambay
      4 Maret 2012

      yeahhhh… me too bro, i’m pround 2 be a sundanese…😀

  34. Falzart Plain
    4 Maret 2012

    Kalau di tempat sini, ada sisipan gak penting juga, tapi selalu dipakai.
    Seperti:
    ji
    mi
    pi
    di
    to
    Kadang itu punya arti, kadang tidak. Hahahaha…

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      ternyata ada juga yaaa … nanti deh, saya tanyain ke temen orang Makassar😀

      • Falzart Plain
        4 Maret 2012

        coba saja, dia pasti bingung ngejelasinnya…😆
        Karena memang sulit dijelaskan…

        • elfarizi
          4 Maret 2012

          Haha, masa sih …
          Zart, saya baru seminggu ini berteman bahkan tinggal sama orang Makassar. Jadi, lumayan banyak dapat wawasan budaya baru nih hehe🙂

        • Falzart Plain
          4 Maret 2012

          kok baru seminggu?
          Kalau begitu saya tambah istilahnya:
          -paeng/pale/padeng
          -nah

          • elfarizi
            4 Maret 2012

            Kuliahnya juga baru mulai hehe …

            Istilah baru lagi, nih. Saya banyak belajar mengenai epik Laga Ligo, perbedaan suku Bugis dan Makassar, wah wah wah … pokoknya menarik. Tampaknya saya harus pernah bertandang ke sana!😀

        • Falzart Plain
          4 Maret 2012

          Oh, baru seminggu kuliah? Orang Makassar-nya maru?
          Hehehe… saya malah gak pernah nemu orang baru lagi akhir-akhir ini… (saking tuanya)

          • elfarizi
            4 Maret 2012

            Iya. Mereka juga baru, salah satunya sekelas pula🙂 (temennya ada 3)
            Hehehe, bertualang makanya bro ke tempat baru🙂
            Itu yang bilang tua, bukan saya lho yaaa …:mrgreen:

        • Falzart Plain
          4 Maret 2012

          Jadi S2 nih mereka-merekanya?

  35. Hijihawu
    4 Maret 2012

    Parantos hilap yen dinu undak unduk basa, aya kecap panganteb. Hatur nuhun diemutan.

    Sumuhun kecap anu disebat ku agan sering dianggo dina kalimah kanggo nguatkeun pamaksadan.

    Teras, eta leres pisan gan, saur saha Urang Sunda henteu tiasa nyebat F, asa kacida piraku, pitnah fisan ih.

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      Muhun, nyate meuni teu raos dipitnah kitu, padahal mah gampil nyebat ‘ef’ teh😀

  36. Himi Oke Oke Saja
    4 Maret 2012

    addaa…
    nih : kune, to, bela, gara . .
    hihi gax ngertikan ?

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      wah, bahasa apa itu ya? bisa diperjelas? hehe😀

  37. Ely Meyer
    4 Maret 2012

    baru ttg ttg da .. dan ketang 🙂

  38. rowmanisme
    4 Maret 2012

    kalo bahasa indonesia “apa”, bahasa betawi “ape”, bahasa jawa “opo”, bahasa padang “apo”, koq bahasa sunda “naon”, jauh banget ya🙂

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      saya pernah buat ini di status FB hehehe, ada yang kurang … bahasa Lampung “api” hehe😀

      • rowmanisme
        5 Maret 2012

        haha, saya juga copas dari orang, ketahuan deh🙂

  39. kawanlama95
    4 Maret 2012

    Di cibinong pemakaian kata atuh sering di gunakan. Walau cibiak termasuk sunda tapi kata atuh sering. Mau kemana pak misal seorang bapak yang setipa magrib ke masjid maka sang bapak ketika di tanya mau kemana maka sang bapak akan menjawab mau kemasjid atuh.

  40. Tebak Ini Siapa!
    4 Maret 2012

    Teh itu kayak sih bukan?
    Hihihi gatau ding, bukan orang sunda :p

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      Dalam kalimat kadang “sih” bisa diganti “teh”, tapi kadang juga enggak bisa🙂
      Yang jelas, “teh” itu gak ada artinya hehe😀

  41. Agam TrueBlue
    4 Maret 2012

    wakakakaka baru baca gambarnya aja udah senyum2 sendiri ane😀

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      hehe, iya nih … orang Sunda sering dipitnah gara-gara nyebut ‘ef’ haha😀

  42. misstitisari
    4 Maret 2012

    ya ampun serasa lagi belajar bahasa sunda baca tulisan “kecap panganteb”

    saya teh jadi nostalgia jaman sekolah dulu da
    😀

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      Dulu di Bogor ya? Wah, bahasa udah campur-campur Betawi donk, ya …🙂

      • misstitisari
        5 Maret 2012

        bogor mah sundana kasar kang, basana preman pisan hihihi

        • elfarizi
          5 Maret 2012

          Iya iya … dulu pas saya KKN juga di sana. Kaget sama bahasa orang sana. Kontras sama orang Cianjur, padahal kita tetanggan🙂

        • Mas Aria Prawiranegara
          30 Desember 2014

          Kasaran mana pak sama sunda banten. “Tilok tah ku dararia lamun dia tah nyaah ka bikang ”
          Ada orang sunda selain banten yg omongan saya di atas wkwkwk

          Dia di sini bukan dia dalam bahasa indonesia ya hihi

Silakan komentar apapun :)

Information

This entry was posted on 4 Maret 2012 by in bahasa and tagged , , , , , , , .

Arsip

