ELFARIZI

BERBAGI, BERCERITA.

Nasgor Acakadut dan Puding ala Elfarizi

Malam tadi, saya pulang dari Bandung menuju kampung halaman, Cianjur. Semenjak perkuliahan dimulai lima hari lalu, saya meninggalkan ibu di rumah dalam keadaan sakit. Untunglah, selama saya di Bandung, ada teteh yang menjaga. Teteh saya sudah menikah dan tinggal bersama suaminya. Namun, saat ibu sakit, mau tidak mau, kami berbagi tugas. Di rumah hanya ada ibu dan bapak. Mungkin, lain ceritanya kalau saya bukan dua bersaudara. Ini motivasi terbesar saya, jika kelak punya keluarga, harus punya anak banyak hehehe (kontras sama kampanyenya Bidan Mila.

Pagi ini, di rumah tentu hanya ada bertiga. Setelah membereskan rumah dan halaman, saya harus membuat sarapan untuk penghuni rumah: saya, ibu, dan bapak. Khusus untuk ibu, saya agak kesulitan. Biasalah, orang sakit biasanya gak bernafsu makan apa-apa. Jika tidak sakit saja, ibu memang susah makan. Apalagi kalau sakit. Untunglah, tadi ibu punya keinginan makan ketupat batagor. Jadilah, saya cuma mikirin sarapan buat bapak. Untungnya lagi, bapak orangnya gak neko-neko.

Di kulkas, tidak ada persediaan bumbu dapur. Isinya cuma ada jeruk, apel, jambu biji, dan agar jelly. Itu pemberian para tetangga yang berhati mulia. Kalau datang menjenguk, pasti makanan jadi bertumpuk. Satu lagi, makanan kiriman  yang bertumpuk, yaitu ROTI TAWAR! Wah, padahal keluarga kami bukan pencinta roti. Makan, sih, makan … tapi gak hobi😀 Di rice cooker, masih ada nasi yang sudah gak segar dan mengering. Dimakan langsung, pasti gak enak. Dibuang juga sayang, karena belum basi. Oh, di kulkas juga ada kol!

Satu cara yang bisa saya lakukan saat ini memanfaatkan bahan makanan yang ada atau membeli bahan makanan yang tersedia di warung terdekat. Jadilah, saya putuskan membeli telur, bumbu penyedap Royco, merica Ladaku, saus ABC, dan kecap Sedap (dibayar berapa, ya, saya menyebut semua merk). Sudah bisa ditebak dong, saya buat apa? Yaaap, betul … nasi goreng! (Siapa yang juga yang jawab yaaa …)

Saya segera beraksi membuat nasi goreng sederhana. Gak pakai bumbu aneh-aneh. Cukup nasi + telor + garam + kol + penyedap rasa Royco + merica Ladaku + saus ABC + kecap Sedap. Treng … treng … treng … prang … prang … creng … drrrtttt … tuit … tuit … Alhasil, jadilah nasi goreng ala bujangan keren. Lalu, saya sajikan di piring (iyalah, masa di nampan). Tidak lupa dibubuhi goreng rarong alias rempeyek rebon. Saya dan bapak pun makan. Sedangkan ibu makan ketupat batagor yang sudah saya beli sebelumnya.

Nasi masih di wajan ... Tampilannya kurang menggairahkan, ya?🙂

Taraaa ... ini Nasi Goreng Acakadut ala Chef Elfarizi🙂 Gak lupa dibubuhi goreng rarong alias rempeyek rebon.

Setelah sarapan, saya menenangkan perut sejenak.Ternyata nasi goreng buatan saya cukup panas di perut hehehe. Saya duduk menghadap toples yang isinya roti tawar. Saya pandangi lekat-lekat, lalu timbullah rasa dalam hati. Ya, rasa ingin menyentuhnya dan melahapnya. Tentu, bukan langsung memakannya setelah sarapan karena perut masih kenyang. Saya berpikir, gimana caranya agar roti tawar ini juga mau “disentuh” ibu dan bapak. Kan, mubazir kalau dibiarkan jadi pajangan. Lagian, gak lucu juga, masa pajangan rumah terbuat dari roti.

Tiba-tiba, saya punya ide untuk mengolahnya jadi kudapan yang berpotensi dikonsumsi oleh semua penghuni rumah (halah, bahasanya: POTENSI). Tiba-tiba di atas kepala saya muncul lampu bohlam kedap-kedip tanda ada ide. Ya, saya mau buat puding saja. Berhubung, semua bahan pendukungnya sederhana dan tersedia di rumah (kecuali santan). Saya pikir, ini juga bisa jadi ide buat suami-suami yang ingin masak saat kebetulan istrinya sakit. Cara buatnya mudah, kok🙂

Pertama, saya sediakan dulu bahannya.

  • Roti tawar, 1 bungkus
  • Gula, 200 gram (saya sih takarannya pakai 1 gelas hehehe)
  • Tepung terigu, 2 Sdm
  • Vanili, 1 bungkus
  • Santan KARA, 1 bungkus
  • Air, 4 gelas belimbing🙂
  • Mentega, 2 Sdm
  • Susu kental manis Cap Enak, yang penting enak, 4 Sdm
  • Telur ayam, 1 butir

Caranya:

  • Masukan roti tawar ke dalam wadah. Saya sobek-sobek dulu rotinya pakai tangan. Mau pakai gunting, pisau, parang, silet juga terserah lah, yaaa.
  • Lalu campurkan semua bahan lainnya. Lalu aduk-aduk, deh!
  • Jadi? Ya, tentu belum. Setelah diaduk, masukkan ke dalam cetakan kue. Saya menyebutnya loyang🙂
  • Lalu, adonan dikukus selama beberapa menit.

Wah, begitulah kira-kira. Akan lebih asyik, kalau puding disajikan dingin setelah dimasukkan ke dalam kulkas. Setelah roti disulap jadi puding, ibu dan bapak, kan, jadi ikut makan. Alhasil, si roti gak jadi pengangguran yang kerjanya cuma menggalau di dalam toples.

Daripada rotinya nganggur, mending disobek-sobek, dimasukin baskom🙂

Adonannya diseupan alias dikukus, bukan dibakar🙂

Ini dia Puding ala Chef Elfarizi. Meyakinkan, gak? Gak apa-apa, deh, yang penting rasanya ajiiib🙂

Oke, selamat berakhir pekan semuaaa🙂

NB : Judul tulisan sudah telah diperbarui😀

79 comments on “Nasgor Acakadut dan Puding ala Elfarizi

  1. Eko Wardoyo
    8 Maret 2012

    ohhh tidakkkk aku sedang lapaarrrrrr😦

  2. Phie
    7 Maret 2012

    mauu.. saya belum sarapan nih, hiks..😥

  3. Mila
    4 Maret 2012

    wah beruntung nih yang jadi istrinya Elfa nanti…….heheheh

    ini nih contoh keluarga yang berkualitas🙂

  4. budiastawa
    4 Maret 2012

    Mantaaaabbbb abizzzz. Nggak nyangka mas Reza ini berbakat jadi chef. Aku yakin mas Reza bakalan jadi lelaki idaman para wanita yang malas masak. Belajar di mana mas?

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      haha … amin-amin, bli …
      belajar dari pengalaman aja, Bli .. lihat kakak atau ibu🙂

  5. Asop
    4 Maret 2012

    Toss dulu! Nasgor adalah makanan kesukaan saya.😀

    Dan saya salut lho sama Elfarizi, ternyata kamu suka bereksperimen sendiri dalam memasak.😀 Persis kayak adik saya. Dia suka mencampur-campurkan bahan2 waktu dia masak, dan di luar dugaan rasanya enak.😀

    pernah nyoba roti maryam direbus? Dia pernah melakukannya dan ternyata rasanya lumayan.:mrgreen:

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      wakakaka … ya, saya gak pernah kesampaian untuk bisa bereksperimen di lab fisika atau kimia, jadilah dapur saya jadikan tempat uji coba hehe🙂

  6. putrijeruk
    4 Maret 2012

    aaaaaa mau deh nasi goreng acakadutnyaaaa hihihi😀

    oiyaaaa, ibu aku juga sering deh bikin puding ituuu, tapi ga pake mentega dan telur..

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      wah wah … pasti tetep enak, kan … saya sih kalau lihat ibu, ya begitu masaknya (pakai telor sama mentega) biar gurih-gurih gimana gitu😀

  7. Tebak ini siapa!
    4 Maret 2012

    Hihihi itu sih belum darurat darurat banget :p
    Eh tapi keren banget sampeyan mas… jago masak hihi xD

  8. puchsukahujan
    4 Maret 2012

    saya cuma mau komen: roti bisa galau juga ya?😆

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      ya, perlu mata batin yang cukup terasah untuk mengetahuinya🙂

  9. oomguru
    4 Maret 2012

    mau donk puding buatannya ;p

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      boleh boleh … saya bisa diundang kok, haha😀

  10. Alex©
    4 Maret 2012

    Anuuu… nasi di wajan itu…. *ngakak dulu ah* … mengingatkan zaman kuliah dulu… Sering juga aku masak begitu😆😆

    Eittss.. jangan tersinggung dulu. Walaupun tampilan tidak menggairahkan, menurutku nasi goreng begitu, buatan tangan kita laki-laki, justru paling enak. Apalagi kalau kelaparan:mrgreen:

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      Ya, tangan kita para kaum lelaki memang sesuatu ya hahaha *syahroni😆

  11. nique
    4 Maret 2012

    wahhh klo masih bujangan sudah rajin begini, gadis2 bakal pada antri nih. mana promosinya pinter pula, terselubung xixixi … gayanya sih mau bikin laporan tentang makanan, padahal kami para perempuan membacanya begini : hai para perempuan, ini lho ada laki2 yg cinta ibunya, rajin memasak, rajin bersih2 rumah, ada yg mau samasaya? xixixixi

    *kabur ah daripada ditimpuk wajan*

    • Alex©
      4 Maret 2012

      *ngekeh*
      😆😆

      Tahu saja trik laki-laki…
      😆😆

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      Eh … eh … jangan kabur, Mbak Nique …
      Saya mau kasih hadiah nih. Di antara semua pembaca, ternyata cuma Mbak Nique yang tahu isi hati saya??? hahaha😆

  12. Ni Made Sri Andani
    4 Maret 2012

    wah..salut banget nih sama Elfa. Bujangan tapi mau masuk dapur. Kreatif lagi..

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      Haha, karena tuntutan Mbak Made🙂

  13. Aulia
    3 Maret 2012

    tak pesan makanan darurat satu🙂

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      haha … dikirimnya pun darurat ya, pakai e-mail aja😆

      • Aulia
        4 Maret 2012

        di kompres dulu ntar gambarkan dikirim ya😀

  14. Ely Meyer
    3 Maret 2012

    tanggung jawab ,,, aku jd laper El😀
    rempeyek rebon itu apa sama dgn rempeyek kacang ? atau udang ?

    nggak nyangka kamu pinter masak juga … calon istrinya nanti seneng deh😉

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      wah wah wah …
      kalau laper, silakan makan Mbak El hehe😀
      amin amin amin …
      di Jerman, sering buat nasgor, Mbak El?

      • Ely Meyer
        5 Maret 2012

        sering dong nasgor ala jerman jawa😀

        pertanyaanku yg ttg rempeyek belum dijawab, tak tunggu lho

        • elfarizi
          5 Maret 2012

          Oh, iya … Mbak El tahu, kan, rebon? Itu lho, udang yang kecil-kecil banget. Ya, anaknya udang lah hehe. Sama aja bikinnya, dari tepung beras. Tapi, tepungnya tipis-tipis. Soalnya, saya pernah dibawain rempeyek kacang dari temen yang orang Jawa. Tepungnya tebel-tebel hehehe🙂

  15. rezaslash
    3 Maret 2012

    keren,,
    ternyata mas el hobby masak juga…
    harus berguru nih..hehe😀

    • elfarizi
      3 Maret 2012

      Hehehe, jaga-jaga saja saat istri nanti melahirkan (wiii, udah dipikirin dari sekarang)😀

  16. Gusti 'ajo' Ramli
    3 Maret 2012

    seperitnya pudi al elfarizi tampaknya enak tuh… tapi goreng rangrong baru dengar saya…

    • elfarizi
      3 Maret 2012

      bukan sekadar tampak lho, Ajo … tapi memang benar demikian adanya, hahaha <– memuji diri sendiri😀

      hihihihi … "rarong", Ajo … bukan "rangrong" hehe,
      itu artinya rebon🙂

      • Gusti 'ajo' Ramli
        3 Maret 2012

        karena saya belum nyoba, jadi masih “tampak” enak saja dulu. kecuali mas elfarizi paketin sepiring kesini… heheheh… saya percaya enak kok, kalo gak enak gak mungkin habis ya…😀 Btw, rebon apa lagi tuh? masih asing ditelinga saya..! semacam rebung gitu ya..🙂

        • elfarizi
          3 Maret 2012

          Hehehe, jadi bahasa Indonesianya apa donk, ya? Ituloh Cirebon … kota Udang … rebon tuh anak udang yang kecil-kecil itu loh, lebih kecil dari teri … apa tuh di sana namanya???

        • Gusti 'ajo' Ramli
          3 Maret 2012

          oooo.. baru tau saya, ternyata cirebon itu berasal dari kata udang ya..😀
          kalau disini namanya tetap udang, kadang udang kecil itu disebut dengan udang gariang..

  17. Lalu Abdul Aziz Mhd
    3 Maret 2012

    Hemm…kayaknya enak tu makanannya. boleh nyicipi gak he he

    • elfarizi
      3 Maret 2012

      boleh-boleh … dengan senang hati, hehehe😀

  18. payabo
    3 Maret 2012

    Woow… Kelihatannya enak… Rasanya ingin makan juga nih… Apalagi sekarang sedang hujan… Makan nasi goreng enak kali ya?!

  19. misstitisari
    3 Maret 2012

    ya ampunnn rajin bangett, benerbener anak yang berbakti, rajin pulak masakmasak di dapur
    heihei perempuanperempuan, boleh nih dilirik bujangan satu ini *promosiin*😛

    • elfarizi
      4 Maret 2012

      haha … jangan cuma dilirik donk😀
      hassek dapat promosi gratis, sekalian diiklanin sama Korean Wallet, ya? hehe *niat*

  20. Ilham
    3 Maret 2012

    waaah pudingnya kayaknya enak tuh. lempar satu porsi dong kemari.😀

    • elfarizi
      3 Maret 2012

      waaah … diimelkan aja, ya, Bang Ilham? hehehe😀

  21. bluethunderheart
    3 Maret 2012

    wah berarti kita satu daerah y kawan
    blue asli tasikmalaya…..hahaha
    bagi bagi atuh oleh olehna…….
    salam hangat dari blue

    • elfarizi
      3 Maret 2012

      satu jawa barat ya, Kang Blue … tapi lumayan jauh, dari Cianjur ke Tasik mah, kedah naek Doa Ibu heula😀

  22. arie kusuma
    3 Maret 2012

    minta donk.
    jadi laper nie
    hehehehe

  23. basazand
    3 Maret 2012

    mantap gan nasgornya…
    jadi hayang yeuh hehehe……..

    • elfarizi
      3 Maret 2012

      hayu atuh ,,, mangga dituang hehehe😀

  24. Idah Ceris
    3 Maret 2012

    enyaaaak. . .enyaak. . .enyak. . .

    itu nasgor tampaknya asiin.😀

    • elfarizi
      3 Maret 2012

      Idiii … tau darimana kalo garamnya kebanyakan, Idah???????😛

  25. Chita
    3 Maret 2012

    Wah, biasanya kalo bujangan udah pinter masak abis ini tinggal cari calonnya aja hehehe😀

    Mudah-mudahan Ibumu segera sembuh ya!🙂

    • elfarizi
      3 Maret 2012

      wiiii … mudah-mudahan segera ketemu. Tolong Aminin, ya, Mbak Chita *maksa*😀

      • Chita
        3 Maret 2012

        aamiin…🙂

        Tapi abis ketemu calon dan meningkat ke jenjang selanjutnya, hobi masaknya musti jalan terus yah! Jangan-jangan malah nggak mo masak sama sekali nanti, karna udah ada yang masakkin hehehehehe…😉

  26. dedekusn
    3 Maret 2012

    Ini sih makanan enak… makanan tambahan

    • elfarizi
      3 Maret 2012

      hehe … apalagi kalau dicoba langsung lho🙂

  27. Falzart Plain
    3 Maret 2012

    darurat katanya, tapi kok kayak agak rempong bikinnya?

    • elfarizi
      3 Maret 2012

      Jiaaa … rempong ….
      hahaha …
      saya pikir, itu tuh sederhana … bahannya semua ada di rumah, dan prosesnya juga mudah (tinggal campurin semua bahan, terus aduk). Bikinnya juga gak lama hehehe🙂

      • Falzart Plain
        3 Maret 2012

        Lha, justru itu…
        Kalau konsumsi pribadi saya prefer makan sendiri-sendiri bahan makanannya, jadi makan roti sendiri, agar-agar sendiri, tapi pasti ada bumbu yang sisa… <<— menurut saya ini yang namanya darurat.

        • elfarizi
          3 Maret 2012

          hehehe … berarti persepsinya berbeda … emang saya bilang, istilahnya agak maksa yaaaa😀

        • Falzart Plain
          3 Maret 2012

          Menurut saya:
          MAKSA BANGET! <<— menyatakan dengan tegas.

          • elfarizi
            3 Maret 2012

            hahaha … Daeng balas dendam, rupanya😛😆👿😐:mrgreen:

        • Falzart Plain
          4 Maret 2012

          yah… judulnya diganti…

          • elfarizi
            4 Maret 2012

            hehe … banyak yang salah persepsi, Bro … padahal maksud saya darurat di sini … eh … eh .. hmm … apa, yaaa … saya juga gak ngerti hahahaha😆

        • Falzart Plain
          4 Maret 2012

          Saya bantu ya…
          Yang darurat kemaren kayaknya darurat pengen masak bukan darurat pengen makan… Hehehe…

          • elfarizi
            4 Maret 2012

            80% benar laaah … tapi … eh … hmm … kayaknya emang 100% itu maksudnya haha … darurat karena sikon menghendaki saya masak dalam keadaan “darurat” gitu loh, jadi menghendaki saya masak “apa adanya” hehe …

            Tapi, sebetulnya penggantian judul ini juga biar pembaca langsung tau apa isinya, gak usah dibikin penasaran dulu hehe (soalnya terkesan maksa hehe)😀

  28. Eko Wardoyo
    3 Maret 2012

    wuahhhh chef elfarizi beraksi
    trang tring trudng pang pring torong tek tek tek – nasi goreng nasi goreng nasi goreng <—- teriak teriak

    pisssss v(^o^")

    hebat bang fariz memang top cher dah, sampe bangkotan begini saya masih gak bisa masak nasi goreng pernah coba jadinya kayak nasi dikecapin malah lebih enak kalo pake kecap doang😦

    yah kecuali masak air dan indomie tak ada lagi aktivitas yang sanggup dengan baik saya lakukan di depan nyalanya api😦

    ishhhh kok bisa ya roti jadi puding /(^.^")?????? <— terkejut
    hebat lahhh top cherr dah dikau d(^o^") semoga ibu disana cepat sembuh ya "amin"

    d(^o^")

    • elfarizi
      3 Maret 2012

      hehehe … dikiranya guanya tukang nasgor kali, yaaa😐

      waaa, keren nih Bang Eko, bisa masak Indomie! Luar Biasaaaa!!!🙂

      • Eko Wardoyo
        3 Maret 2012

        JIahhahahaha v(^o^”) cafee nasi goreng bang hehehee🙂

        ishhhh keren dari mananya masak indomie = masak air

        masak air = masak indomie
        masak indome = masak air

        tapi alhamdulilah dibilang keren hehee d(^o^”)

  29. rowmanisme
    3 Maret 2012

    Wah resep pudingnya bisa dicoba tuh…

Silakan komentar apapun :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 3 Maret 2012 by in kuliner and tagged , , .

Arsip

%d blogger menyukai ini: