ELFARIZI

BERBAGI, BERCERITA.

Sukses Jadi Penulis dan Bos Penerbit

Sampai juga di akhir pekan yang melelahkan. Setidaknya, ada dua hari (Sabtu dan Minggu) yang bisa saya nikmati dengan suguhan tugas kuliah yang beberapa di antaranya serempak dikumpulkan pada Senin lusa. Dan … sesuai janji saya di tulisan sebelumnya, kali ini saya berniat mengulas sebuah buku. Akan tetapi, tampaknya review yang saya tulis gak bakal panjang lebar berhubung saya kadung janji akan menghadiahkan buku buat teman-teman blogger! Nah, loh, apa hubungannya? Kalau dipaksa disambungin, pasti ada donk sambungannya. Biar janji saya segera terlaksana, saya pengen segera mengulasnya lekas-lekas biar tosplooong🙂

Singkat cerita (loh, kok, udah singkat cerita lagi, ya?), buku yang mau saya ulas kali ini berjudul Sukses Jadi Penulis dan Bos Penerbitan terbitan Pustaka Rahmat (2010). Penulisnya duo Jauhar al-Zanki dan Rahmat Hidayatullah. Jauhar al-Zanki adalah penulis muda yang sudah menelurkan (ayam kali, ah, bertelur) beberapa karya, fiksi maupun nonfiksi, di antaranya Diajak Jadian? Terima Nggak, Ya? (Pustaka Rahmat), Agar Jatuh Cinta Tak Jadi Bencana (Pro-U Media), dan Andai Kau Tahu Betapa Aku Mencintaimu (Anomali). Sedangkan penulis lainnya, yaitu Rahmat Hidayatullah, penulis, wirausahawan muda, trainer, sekaligus pemilik penerbit Pustaka Rahmat. Buku-bukunya yang sudah terbit di antaranya Menjadi Pribadi yang Dicintai Allah (Pustaka Rahmat, 2009).

Nah, kedua duet penulis inilah yang membuat Sukses Jadi Penulis dan Bos Penerbitan jadi buku yang berbeda dari buku-buku sejenis lainnya. Jika buku motivasi kepenulisan lain hanya berakhir pada praktik menulis disertai usaha agar tulisan dapat diterbitkan di media massa atau penerbit, justru buku ini memberi solusi alternatif saat tulisan kita sangat sulit menembus penerbit. Solusi itu adalah: menerbitkannya sendiri!

Jadi, selain bakal ditemui banyak trik dan teknik menulis, yang tak kalah penting dalam buku ini adalah motivasi dan langkah-langkah jitu memulai bisnis penrbitan. Tentu, ini becermin pada pengalaman pribadi Rahmat Hidayatullah yang sudah mengelola penerbitnya lebih dari dua tahun dan berhasil jadi salah satu penerbit yang diperhitungkan di Kota Bandung. Percaya atau tidak, menurut Rahmat, usaha penerbitan dapat dimulai hanya dari sebuah kamar kecil ukuran 3×4 m, sebuah komputer, dan printer. Percaya atau tidak, memiliki usaha di bidang penerbitan tidaklah harus bisa editing, desai lay-out, dan keahlian teknis lainnya yang diperlukan dalam dunia penerbitan.

Jadi, buku ini bisa jadi panduan dan pegangan bagi Anda yang mau membuka bisnis penerbitan. Karena, di dalamnya diulas dapur penerbitan secara gamblang, mulai teknik awal, proses penerbitan, pembuatan ISBN, pengelolaannya, hingga hitung-hitungan modal dan lain sebagainya. So, buku ini pas buat yang mau jadi penulis dan juga sangat cocok buat yang mau tahu dan ingin coba berwirausaha di bidang penerbitan.

Eng … Ing … Eng …

Seperti janji saya di postingan sebelumnya, saya mau kasih hadiah buat dua teman blogger tercepat, nih! Tercepat dalam apa? Ya, dalam komentar lah. So, buruan kasih komentar. Tapi … ada ketentuan komentarnya, ya. Simak baik-baik🙂

1. Hadiah ini buat teman-teman blogger (berarti harus punya blog ya!) yang berdomisili di Indonesia (Sabang sampai Merauke). Buat sahabat-sahabatku yang di luar negeri tetap boleh komentar yaaa … kalau mau dapat bukunya, silakan sertakan alamat Indonesia untuk pengiriman buku🙂

2. Komentar yang diberikan berupa tautan (link), baik disertai komentar lain atau sekadar tautan saja. Tautan, apa ya? Tautan postingan di blog teman-teman, dengan ketentuan berikut:

  • Posting tulisan dengan tema “Andai Aku Jadi Bos Penerbit”, minimal 250 kata.
  • Sertakan cover buku Sukses Jadi Penulis dan Bos Penerbitan dalam postingan (silakan diunduh di blog saya🙂 )
  • Tolong kasih tahu bahwa postingan tersebut dalam rangka “Merebut Surprise” dari blog Elfarizi (sertakan tautannya ya🙂 )

Nah, simple, kan? Kalau sudah ditulis postingannya, silakan komentar di postingan ini disertai tautan postingan teman-teman🙂 Bagi teman-teman yang masih kena moderasi, tenang aja, komentar yang muncul pasti berdasarkan urutan waktu kok🙂

Sesuai janji, dua komentator tercepat dapat merebut surprise dari saya. Bagi yang belum beruntung, tenang …. masih banyak surprise dari saya, kok. Doakan saja saya biar sehat wal afiat selalu. Selamat berkomentar🙂

51 comments on “Sukses Jadi Penulis dan Bos Penerbit

  1. Terusir dari Rimba
    8 September 2014

    Wah,,,mantap sekali artikelnya. Jadi dapat pencerahan terimakasih.

  2. Waki
    7 September 2013

    mantapp
    ane jd kepingin jadi bos penrbit

  3. Ping-balik: Will Be a Sticky Post: Elfrize! | Elfarizi

  4. Ping-balik: PR Kedua – April ^^ | ekoeriyanah

  5. Ping-balik: Menghindarkan Kejutan « Catatan Elfarizi

  6. Ping-balik: Evaluasi Blog EkoEriyanah | ekoeriyanah

  7. Ping-balik: Kejutan Ganda | ekoeriyanah

  8. Ping-balik: Award untuk saya,,?? | BERGEGASLAH

  9. elfarizi
    8 Februari 2012

    hehe … ya, ditunggu saja surprise berikutnya😀

  10. giewahyudi
    8 Februari 2012

    Ah syaratnya belum terpenuhi soalnya lagi banyak kerjaan di kantor nih.. *tunggubos

  11. SITI FATIMAH AHMAD
    8 Februari 2012

    Assalaamu’alaikum wr.wb, Elfarizi…

    Satu usaha yang baik untuk menggalakkan teman blogger rajin menulis dan tentunya hadiah buku menjadi idaman semua.

    Semoga sukses selalu dan selamat buat yang berkontes sama.

    • elfarizi
      8 Februari 2012

      Alaikum salam🙂

      Ya, hanya berbagi kebahagiaan saja kak Siti😀
      Amiiin, sukses untuk semua🙂

  12. Gusti 'ajo' Ramli
    8 Februari 2012

    saya ikut suprise berikut aja… udah telat ternyata…

    btw, jadi penulis dan bos??? kenapa tidak….!

    • elfarizi
      8 Februari 2012

      yaaap … kenapa tidak?
      Oke, ditunggu surprise berikutnya aja yaaa😀

  13. Lambertus Hermawan
    8 Februari 2012

    Aduh mau deh bukunya itu… Saya punya cita-cita nerbitin buku sendiri suatu hari nanti…

  14. eljihadi
    7 Februari 2012

    wahh.. ketinggalan.
    salam kenal.
    tunggu doorprize selanjutnya deeh..

  15. Falzart Plain
    6 Februari 2012

    Asik nih… tunggu aku!

    • Falzart Plain
      7 Februari 2012

      lupa baca… ini cepat-cepatan ya? Ahh… kalah cepat!

      • elfarizi
        8 Februari 2012

        iya, bang … dicoba surprise yang lain ya😀

        • Falzart Plain
          8 Februari 2012

          curang😦😆
          Hehehe…

        • elfarizi
          8 Februari 2012

          loh kok curang hehehe😀
          Yang kebetulan beruntung Bang Rio sama Bang Eko, padahal saya juga gak kenal mereka lho. Bang Rio bahkan di Malaysia😀

  16. Ely Meyer
    5 Februari 2012

    aku jg kalah cepet

  17. Tina Latief
    5 Februari 2012

    ini dia kelanjutannya..
    boleh nih dicoba,

    • elfarizi
      8 Februari 2012

      oke, dicoba surprise yang lain yaaa😀

  18. elfarizi
    5 Februari 2012

    Ayo, Mas … silakan coba di surprise berikutnya🙂

  19. Budiman Firdaus
    5 Februari 2012

    coba ah, siapa tahu beruntung,:-)

  20. kamal
    5 Februari 2012

    hmmmm..sepertinya seru ya bukunya… “coba tak ubek di gramed ” ada kali ya” thanks brow^^ nice review

    • elfarizi
      5 Februari 2012

      iya, silakan ubek-ubek …
      makasih sudah berkunjung🙂

  21. zilko
    4 Februari 2012

    kalah cepat saya, hahaha😛 Bukunya sepertinya menarik ya. Tidak hanya sekedar memotivasi saja [untuk menjadi penerbit] tapi sekaligus memberi “bantuan” langsung berupa beberapa tips dan pengetahuan akan dunia itu😛

    • elfarizi
      5 Februari 2012

      yaaa, nih, Bang Zilko …itu yang bikin buku ini menarik🙂

  22. puchsukahujan
    4 Februari 2012

    menyimak….
    sambil mikir, kapan saya bisa nerbitin buku yah??😀

    • elfarizi
      5 Februari 2012

      hayooo jangan menyimak aja … catatan blognya dibuat buku aja kayak Raditia Dika😀

  23. yisha
    4 Februari 2012

    wah, aku kalah cepat… 😦

    • Rio
      4 Februari 2012

      Yisha,, hehe,,,

    • elfarizi
      5 Februari 2012

      iya nih … kalah cepat sama Bang Rio hehe😀

  24. Ilham
    4 Februari 2012

    wah akhirnya nongol juga surprise-nya…😀
    mau mikirin ide tulisannya dulu ah..😀

    • Ilham
      4 Februari 2012

      aduh sepertinya aku kalah cepat…😳 *baru sadar*

    • elfarizi
      5 Februari 2012

      Iya, nih Bang Ilham … silakan coba lagi di lain surprise yang lain🙂

  25. Rio
    4 Februari 2012

    semoga gk ketinggalan nih,, pengen bukunya mas bro, xixixixi,,,
    coba di liat mas,,
    http://caritauyok.wordpress.com/2012/02/04/andai-aku-jadi-bos-penerbit/

    • elfarizi
      5 Februari 2012

      Selamat ya, Bang Rio … silakan cek e-mailnya untuk konfirmasi🙂

  26. Ping-balik: Andai Aku Jadi Bos Penerbit. | BERGEGASLAH

  27. nique
    4 Februari 2012

    wew …. menantang sekali niy
    mau coba menulis ah
    nanti saya kembali lagi dengan URL nya yah🙂

    • elfarizi
      5 Februari 2012

      kok … gak pulang lagi? hehe😀

  28. Eko Wardoyo
    4 Februari 2012

    wah sukses jadi penulis dan pengusaha sukses ya

    kalau pengusaha itu cita cita saya apa lagi yang sukses
    kalau penulis saya bukan seorang penulis /(^.^”)

    wah boleh ah aku inkutan siapa tau bisa dapat surprisenya nich *eheheheh

    saya lampirin ya bang fariz
    http://ekoeriyanah.wordpress.com/2012/02/04/andai-aku-jadi-penulis-dan-bos-penerbitan/

    • elfarizi
      5 Februari 2012

      Makasih, Bang Eko … silakan dicek e-mailnya yaaa untuk konfirmasi🙂

  29. Ping-balik: Andai Aku Jadi Penulis Dan Bos Penerbitan | ekoeriyanah

  30. Idah Ceris
    4 Februari 2012

    untung akku lagi OL. . . jadi bisa langsung update artikel inii.😀

    tapii sayangnya akku sedang tidak bisa menulis banyak . . . hihihi

    Salam Senyuum. . . ^_*

    • elfarizi
      5 Februari 2012

      hehe … padahal 250 kata tuh gak banyak loh, Idah … cuma 3 paragraf juga bisa🙂

      makasih udah dikasih senyum🙂

Silakan komentar apapun :)

Arsip

