ELFARIZI

BERBAGI, BERCERITA.

1 Januari 2011, Kiamatkah Besok?

Tahun ini (2010) orang begitu heboh dengan film 2012. Film yang mengisahkan kiamat dunia ini begitu menggemparkan dunia, termasuk Indonesia. Entah karena strategi pasar, film itu gencar dibicarakan, diulas, dibahas, dan dihebohkan media. Walhasil, film yang menurut saya tidak lebih menarik dari film sejenis yang sebelumnya sudah ada (seperti Knowing dan The Day After Tomorrow) itu sukses mendulang keuntungan.

Buntut dari kehebohannya adalah spekulasi orang tentang kiamat. Peramal di Indonesia mendadak tenar seperti halnya akhir tahun menjelang. Job mereka ramai karena infotainment banyak mengundang mereka untuk menanyakan, apakah benar 2012 akan terjadi kiamat. Yang paling saya ingat, pernyataan Mama Lauren yang yakin bahwa 2012 nanti akan terjadi suatu peristiwa dahsyat di negeri ini yang kurang lebih mirip—atau bahkan iya—kiamat. Bahkan dilihat dari sudut pandang ilmiah, menurut ahli astronomi, pada 2012 berpotensi terjadi badai matahari yang besar kemungkinan terjadi kerusakan di bumi ini.

Masyarakat dengan tingkat kepercayaan yang beragam tentu bertanya-tanya, benarkah kiamat. Sebagian mungkin santai dan tidak menanggapi. Sebagian lagi lumayan paranoid sambil memperbanyak amal sebelum 2012 datang. Ada pula yang khawatir namun tidak melakukan apa-apa, dengan kata lain santai saja sambil berpikir biarlah hidup mengalir seperti air. Namun, sebagian lagi malah sibuk mengira-ngira, jangan-jangan kiamat terjadi 1 Januari 2011. Nah loh!

Obrolan pertama yang saya dengar beberapa bulan lalu itu terjadi di sebuah kafetaria kampus. Entah bagaimana permulaannya, mereka tiba-tiba heboh menanggapi bisa jadi kiamat 1 Januari 2011. Itu mengingatkan saya—dan mungkin Anda—pada persitiwa di tahun 1999 lalu. Ketika saya SD dulu, orang heboh memprediksi kiamat terjadi 9 September 1999 pukul 09.00 lewat 9 menit 9 detik. Saya ingat betul, orang-orang kampung saya yang terletak di Gunung Gede sibuk “turun gunung” berjaga-jaga. Padahal, pada jam yang ditunggu-tunggu, saya dan teman-teman di SD santai saja mengerjakan soal ulangan harian.

Kembali ke 1 Januari 2011. Awalnya saya tidak menganggapnya serius, namun beberapa waktu kemudian topik itu cukup gemar dibicarakan di akun facebook saya bersama teman-teman. Teman saya pernah berkilah, itu kearifan lokal. Bermula saat orang percaya pada hal-hal berbau keramat, terutama masyarakat Jawa dengan kepercayaan yang masih Jawani. Wah, wah, saya pikir banyak orang Indonesia yang senang mengaitkan sesuatu dengan mitos.

Salah satu mitos yang paling sering jadi konsumsi masyarakat yaitu mitos angka. Angka memang selalu keramat. Angka bisa memprediksi nasib, jodoh, atau rezeki, seperti tanggal lahir. Angka juga bisa menunjukkan sesuatu itu baik atau tidak juga mudharat atau maslahat, seperti tanggal pernikahan. Bahkan angka bisa menentukan seseorang mati atau tidak, seperti kepercayaan kolot yang menganggap jangan difoto ganjil (sendiri, bertiga, berlima, dst). Wuih, serem!

Angka yang biasa membius orang menjadi percaya mitos adalah angka yang sama atau kebetulan sama karena satu dan lain hal. Salah satunya persamaan angka dalam tanggal. Besok (1 Januari 2011), kebetulan seorang teman saya menikah. Alasannya (salah satunya) agar hari pernikahannya selalu diingat orang lain berhubung terjadi di angka yang unik. Bahkan, dulu pun sebuah Pasar Seni ITB diselenggarakan pada 10 Oktober 2010 mulai pukul 10.00 WIB dan berlangsung selama sepuluh jam. Meski, saya tidak tahu alasannya bercampur mitos atau tidak.

Inilah yang selalu dibicarakan orang selama ini tentang kiamat. Mengingat kejadian 9 September 1999, banyak orang berasumsi kiamat terjadi pada angka yang sama. Pada 2012 nanti, mungkinkah kiamat terjadi 12 Desember 2012 pukul 12 siang. Begitu pula besok, apakah benar kiamat terjadi pada 1 Januari 2011. Mungkin pulakah terjadi pukul satu dini hari atau sebelas siang lebih sebelas menit sebelas detik. Atau mungkin pula kiamat terjadi hanya sebelas jam? Siapa yang bisa menghitungnya… Kita tunggu saja.

4 comments on “1 Januari 2011, Kiamatkah Besok?

  1. margono
    21 April 2011

    hubungi aku aku siap direnggut kehormatanku

  2. margono
    21 April 2011

    yang mau mesum hubungi aku facebook catur restu

  3. Ratna
    1 Januari 2011

    Just He knows it,,,khyongmah tonk waka atuh,,t can nikah,,heuheu

    • elfarizi
      1 Januari 2011

      Amin…

Silakan komentar apapun :)

Information

This entry was posted on 1 Januari 2011 by in sosial and tagged , , .

Arsip

