ELFARIZI

BERBAGI, BERCERITA.

Petis Telor ala Elfarizi

Pagi itu, cacing di perut sudah demo. Mama dan Papa lagi menghadiri acara syukuran. Kebetulan Mama jadi MC-nya sedangkan Papa yang baca doa tutup. Makanya, pagi-pagi my super chef Mama sudah meninggalkan saya tanpa hidangan sarapan! Ough My God…

Karena bosan membeli bubur, saya coba masak sendiri. Dibuka kulkas, yang tersedia cuma telor, kol, sawi, wortel, tahu, dan aneka bumbu dapur. Tiba-tiba sebuah ide muncul, otak eksperimen saya mendadak kambuh. Untuk sarapan kali ini, saya mau coba sebuah masakan unik hasil racikan saya sendiri. Dan, walhasil… Jadilah sebuah masakan yang saya beri nama “Petis Telor ala Chef Ridho”.

Tertarik dan mau coba? Kalau nggak, ya gak apa-apa hehehe. Tapi kalo temen-temen mau coba, silakan coba resep baru saya ini. Gak dimakan sama nasi pun, cocok buat panganan biasa kok. Bahan-bahannya mudah, tersedia dimana-mana, dan yang pasti padat gizi! Gizi yang terkandung yaitu protein dan vitamin. Pokoknya, cocok untuk masa pertumbuhan J Berikut resepnya untuk ukuran satu porsi.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Bahan Telor Dadar

–         1 butir telor ayam (mau diganti telor lain juga boleh, misalnya telor bebek, telor puyuh, telor cicak, telor buaya juga boleh kalo doyan…)

–         100 gram tepung terigu

–         1 sdt garam

–         1 sdt merica bubuk

–         1 sdt penyedap rasa ayam (boleh Roy** atau Mas***)

–         2 lembar bawang daun, diiris

–         2 siung bawang putih, diiris

–         1 siung bawang merah, diiris

–         1 buah cabai merah, diiris

–         Cabai rawit alias cengek (sesuai selera)

–         Air secukupnya untuk mengaduk

Bahan Bumbu Petis (Dihaluskan)

–         2 siung bawang merah

–         1 siung bawang putih

–         3 buah cabai merah keriting

Bahan Lain

–         3 lembar daun kol ukuran sedang, dipotong ukuran besar

–         3 lembar sawi ukuran sedang, dipotong ukuran besar

–         1 buah wortel ukuran sedang, dipotong dadu atau memanjang

–         Penyedap rasa ayam

–         Garam secukupnya

–         Penyedap rasa ayam secukupnya

–         Gula pasir atau merah secukupnya

–         1 butir tomat

–         Air sekitar setengah gelas (sesuai selera)

–         1 buah tahu ukuran sedang, dipotong tipis, dan digoreng terlebih dahulu

Cara Memasak

  1. Buat terlebih dahulu telor dadar, dengan mencampurkan semua adonan (irisan bawang daun, putih, merah, dan cabai boleh ditumis sesaat sebelum dicampur adonan). Setelah dimasak hingga matang, angkat, dan lipat telor dadar menjadi tiga sampai empat lipatan. Lalu potong memanjang dengan tebal sekitar 1 cm.
  2. Masukkan bumbu petis yang telah dihaluskan ke dalam wajan tanpa minyak goreng, diamkan sejenak lalu masukkan irisan tomat dan air secukupnya (kira-kira untuk ukuran satu mangkuk). Lalu beri garam, penyedap rasa ayam, dan gula secukupnya.
  3. Lalu masukkan potongan kol, sawi, dan wortel hingga beberapa menit.
  4. Siapkan irisan telor dadar dan tahu yang sudah digoreng dan dipotong tipis dalam piring atau mangkuk saji.
  5. Lalu masukkan bumbu petis yang telah matang dan dicampur beragam sayuran ke dalam piring atau mangkuk saji tersebut.

Gimana, mudah kan? Ya, memang untuk membuatnya lumayan menggunakan waktu hingga 30 menit, sedangkan makannya sih paling-paling cuma 10 menit. Bagi yang akan mencoba dan merasakan hasilnya, boleh berbagi saran ya. Ayo lestarikan makanan khas Indonesia, jangan sampai dirampok lagi sama negara tetangga. Selamat mencoba!

5 comments on “Petis Telor ala Elfarizi

  1. Ratna
    11 Oktober 2010

    Waw,gagh nyangka rza bsa msak jg,xixiixii. Walaupun aneh dgrnya “petis telor”(biasanya petis mah sabangsaning buah2an,,he)tp kyknya enak..hmmm,,,nyoba ah.Thanx resepna!

    • elfarizi
      12 Oktober 2010

      Tama kesel we Na hehe🙂 Silakan dicoba…

  2. Neng Evi
    1 Oktober 2010

    tepung kanji benten sareng tepung terigu sayang.
    penyedap rasa mah lebih enak royco atau bumbu atom bulan..he.he..kengeng teu menyebutkan merk?

    • elfarizi
      1 Oktober 2010

      oyayaya betul betul betul… maklum lah, koki amatir hehehe, tepung kanji mah apanan aci hehehe. Sebut merk, bisi dikira blog iklan wkwkwk. Thanx masukannya, mo langsung diedit🙂

  3. Cecep Hasanuddin
    26 September 2010

    Wah…………..mantap tuh menunya….mau coba ah….bagus juga Blognya…mantap!

Silakan komentar apapun :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 24 September 2010 by in kuliner and tagged , , , , .

Arsip

%d blogger menyukai ini: